Forum Forums Kartu Kredit Hindari 4 hal ini kalau pakai kartu kredit

Forum Forums Kartu Kredit Hindari 4 hal...

Hindari 4 hal ini kalau pakai kartu kredit


Topik ini mengandung 15 balasan, memiliki 9 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  DuitPintar 1 minggu, 3 hari yang lalu.

  • #3244
    Ini artikel menarik yang saya temuin di kompas. Semoga bisa dibaca dan bermanfaat buat temen-temen Duit Pintar yang pakai kartu kredit. CC itu memang bisa membantu banget, tapi jangan asal pakai aja, ya.
    Berikut ini empat jenis kesalahan para pengguna kartu kredit yang sering terjadi. Kamu perlu menghindari empat kesalahan ini agar kartu kreditmu dapat digunakan dengan nyaman.
    1. Kartu mencari utang
    Menganggap kartu kredit sebagai kartu untuk berutang atau mencari utang adalah kesalahan pertama yang sering terjadi. Akibat pandangan seperti ini, para pemilik kartu kredit tidak memiliki disiplin untuk membayar tagihan.
    Padahal bunga atas dana yang digunakan melalui kartu kredit sangat besar, maksimal 2,95 persen per bulan.
    Yang benar, kartu kredit harus diperlakukan hanya sebagai alat transaksi untuk memudahkan mengatur keuangan kamu. Dengan kartu kredit, kamu tidak perlu membayar kebutuhan secara tunai.
    Selain itu, kartu kredit bisa menunda pembayaran sehingga kamu memiliki kesempatan menggunakan uang cash untuk kebutuhan rutin.
    Sebagai alat transaksi, pemilik kartu kredit juga bisa memanfaatkan beragam promosi dari bank penerbit kartu kredit berupa diskon, cashback, poin reward, hingga airmiles.
    2. Membayar cicilan minimal
    Kesalahan berikutnya ialah membayar tagihan kartu kredit dengan pembayaran minimal. Dari nilai belanja yang telah kamu lakukan, kamu hanya membayar nilai minimal seperti tertera di setiap tagihan.
    Akibatnya tagihan kamu terus bertambah besar karena bank mengenakan bunga atas akumulasi sisa utang dan bunga pinjaman sebelumnya.
    Yang benar, kamu membayar seluruh tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Itu sebabnya kamu perlu memastikan masih memiliki dana di rekening tabungan sebelum menggunakan kartu kredit.
    Dana itulah yang akan digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit. Untuk itu sebelum kamu menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, kamu perlu tahu nilai tabunganmu agar transaksi kartu kreditmu tidak melebihi dana di tabunganmu.
    3. Membayar melewati tanggal jatuh tempo
    Kebanyakan pemilik kartu kredit lupa mencatat tanggal jatuh tempo tagihan. Atau memandang remeh jatuh tempo tagihan kartu kredit.
    Akibatnya dia sering terlambat membayar tagihan kartu kredit sehingga kamu terkena denda dan bunga atas tagihan.
    Di sinilah kamu bisa kewalahan mengatur keuangan. Karena itu, jangan malas mencatat tanggal jatuh tempo tanggal tagihan kartu kredit di buku catatan pribadi atau di smartphone.
    4. Melebihi kemampuan membayar
    Kesalahan lainnya ialah kamu bertransaksi dengan kartu kredit dengan nilai yang melebihi dana di rekening tabunganmu. Akibatnya, transaksi tersebut melebihi kemampuanmu untuk membayar.
    Sebaiknya kamu selalu menyesuaikan nilai transaksi kartu kredit dengan nilai dana yang ada di dalam tabunganmu. Sebab kamu harus membayar tagihan kartu kredit itu sepenuhnya sebelum jatuh tempo.
    Atau kamu membayarnya sesuai cicilan bulanan, jika kamu menggunakan skema bunga 0 persen dengan cicilan yang telah ditentukan sebelumnya.
    Sebaiknya kamu menghindari meminjam lebih dari 20 persen pendapatan bersih tahunan, tidak termasuk KPR. Dan pembayaran hutang-hutang kartu kredit tidak boleh melebihi 10 persen pendapatan bersih bulanan.
  • #3250

    yang no. 3 aku banget. Ga cuma kartu kredit, jatuh tempo ini-itu suka lupa, jadi aku pasang reminder deh buat semuanya

  • #3265

    Ga jauh beda sama aku, suka menunda-nunda akibatnya dapat resiko no 3

  • #3269

    sip. pake kartu kredit emang tetep harus liat kemampuan. mentang2 pake kartu kredit terus transaksi sana-sini ga mikir nantinya gimana. bayarnya kan nanti pake duit juga, bukan pakai daun

  • #3384

    ngomong2 soal “kartu utang”, zaman sekarang ngutang itu memang malah jadi lebih gampang, buat alternatif credit card aja sekarang udah ada app2 smartphone yang bikin kita bisa nikmatin fasilitas nyicil barang seperti pake credit card tanpa punya credit card. Kemarin saya baru nemu yang namanya KREDIVO. Cara apply-nya juga gampang banget…. Ngeri2 sedaplah yang seperti ini. Kalau udah dapet fasilitas kartu kredit atau app yang sejenis Kredivo ini, jangan lupa, harus dipakai dengan bertanggung jawab! Pakai kalau memang perlu, jangan numpuk hutang sana-sini 😉

     

  • #3481

    biar ga ribet ane sih hindari aja pemakaian kartu kredit sama sekali wkwkwk 🙂

    @Veronique iya sis. ane juga dikasih tau temen ane selain kredivo ada juga yg namanya akulaku. Bener2 mirip credit card deh cara kerjanya, tapi persyaratan aplikasinya gampang & cepet banget. Pokoknya zaman sekarang sih udah dipermudah banget lah buat ngutang >.<. Harus pinter2 ngendaliin diri.

    • #3629

      Saya juga udah pernah banyak denger tuh tentang kredivo & akulaku, banyak adsnya juga sih di internet 🙂 tapi belum tertarik untuk coba. Dan kalau emang udah punya kartu kredit rasanya ga perlu juga deh pakai fasilitas seperti itu. Nanti malah ga bisa tahan diri cuma tambah hutang sana sini.

      Tapi bos @kelor77 sendiri gimana? Udah coba kredivo atau akulaku?

       

    • #3632

      ane sih belom coba, gan cuma dengerin cerita temen ane aja yang udah coba pake. Seneng banget dia pake kredivo, bisa nyicil2 barang tanpa perlu punya credit card. ya moga2 aja dia bisa nahan diri dah

  • #3630

    izin nyimak masta masih newbie

    Slam kenal semua nya

    • #3631

      Salam kenal juga gan!

      Iya, gan sama2 belajar aja di sini. Ane juga udah lumayan lama di DP tapi masih banyak2 nyimak aja yang di share sama masta2 masalah keuangan di sini, lumayan nambah ilmu 😀

  • #3634

    <b>Oiya mu nanyak dong gan</b>

    Saya pernah punya cc dengan limit sekitar 13rebu lah tapi dahdi tutp

    Kalo mu buka lagi di bank lain bolh gk gajukan dengan limit yg sudah pernh 13rb tersebut

    Ato harus ngulang dari awal (rebuilding trust) lagi?

    • #3643

      Hi Ghindot Soety

      Kalau CC tersebut itu sudah tidak aktif, tidak dapat dilampirkan saat pengajuan CC,  karena umumnya bank meminta kartu kredit yang aktif selama minimal 1 tahun. Maka sebaiknya Ghindot cari kartu kredit yang tidak mengharuskan aplikan untuk punya CC sebelumnya.

      Semoga bermanfaat 🙂


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #3645

    <b>Thanks min</b>

    Oiya kalo mau ngajukan cc lg recomended dari mimin bank apa ya enaknya

    Ya klo bolh yg gk pake annual fee ada gk sih min?

    • #3647

      Kalo setau saya gak banyak yang mau kalo yang belum punya CC. Paling bank Mega. CMIIW

  • #4461

    izin komentar yaa, sebenernya kartu kredit itu bisa jadi modal utang untuk dijadikan modal usaha sepertinya bagi mereka yang memiliki kartu kredit hihih

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

#

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1888 pengguna terdaftar dan 2 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik