Forum Forums Wirausaha #KontesForumDP Kalau Saya Dapat Uang Rp 6 Juta, Saya akan Mempergunakan Uang Tersebut Untuk Berbisnis.

Forum Forums Wirausaha #KontesForumDP Kalau Saya...

#KontesForumDP Kalau Saya Dapat Uang Rp 6 Juta, Saya akan Mempergunakan Uang Tersebut Untuk Berbisnis.

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Erna Eka 1 minggu, 4 hari yang lalu.

  • #4441

             Saya memiliki ketertarikan untuk merintis bisnis atau usaha dalam bidang bercocok tanam dengan mengusung konsep hidroponik. Fokus utama saya terhadap usaha budidaya tanaman hidroponik tersebut menyasar pada bidang sayur mayur antara lain: cabai, selada air, tomat, kol, sawi, kangkung, dan bayam. Budidaya tanaman hidroponik merupakan sebuah sistem bertanam dengan memanfaatkan air sebagai media tanam ditambah dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sebagai pemula, saya ingin merintis bisnis budidaya tanaman hidroponik secara bertahap dengan menggunakan skala rumahan terlebih dahulu. Selanjutnya, setelah bisnis hidroponik skala rumahan tersebut berhasil, maka saya ingin mengembangkannya menjadi skala industri.

             Beberapa alasan saya untuk membuka usaha atau bisnis bercocok tanam dengan menggunakan sistem hidroponik, yaitu: Pertama, budidaya tanaman hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas seperti sawah maupun kebun, sehingga saya dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk memulai bercocok tanam hidroponik. Kedua, bercocok tanam dengan sistem hidroponik dapat menggunakan media tanam yang murah sebagai tempat menanam bibit melalui pemanfaatan barang-barang disekitar yang tidak terpakai seperti ember bekas, toples, botol air mineral dan berbagai perkakas lain yang dapat menampung tanaman dan air. Ketiga, jadwal tanam hidroponik tidak terikat dengan musim tertentu. Keempat, masa panen tanaman hidroponik lebih cepat dibandingkan dengan sistem tanam konvensional. Kelima, hasil budidaya tanaman hidroponik lebih unggul kualitasnya, sebab kadar nutrisi tanaman yang terjaga.

               Dari keseluruhan latar belakang diatas, sejatinya usaha hidroponik yang ingin saya tekuni diharapkan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Disamping itu, usaha tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan akan konsumsi sayur mayur yang unggul bagi keluarga.  Produk sayuran yang dihasilkan diharapkan merupakan produk yang memiliki kualitas unggul . Berkenaan dengan sistem pemasaran, pangsa saya ingin memperluas pangsa pasar sayuran  hasil dari budidaya hidroponik tidak hanya terbatas pada pasar tradisional namun juga mampu menembus pasar retail modern seperti swalayan dan supermarket.

    Berikut ini saya lampirkan contoh sistem tanam hidroponik

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

#

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1888 pengguna terdaftar dan 1 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik