Forum Forums Lifestyle/General 11 Trik Menabung Hingga Rp 1.9 Juta Bulan

Forum Forums Lifestyle/General 11 Trik Menabung...

11 Trik Menabung Hingga Rp 1.9 Juta Bulan

Topik ini mengandung 22 balasan, memiliki 16 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  DuitPintar 3 minggu, 5 hari yang lalu.

  • #3153

    Hey guys…
    Gw mau share tulisan di blog baru gw. Baru banget bikin nih. Ditunggu komennya, tapi jangan jahat-jahat yaaa..

    Selama 6 bulan ini gw udah habis-habisan berusaha menabung dari enggak ada tabungan sama sekali, hingga bisa nabung Rp 1.9 dalam satu bulan. (Gak setiap bulan sih, berhubung kadang perlu benerin laptop, ada ultah temen dll.. tapi minimal Rp 1 juta loh #banggaabis).

    Saking bangganya gw sampe pengen bikin blog segala buat memamerkan trik-trik yang udah sukses gw terapkan. Ini dia daftarnya. Rasanya sih gak ada yang kelupaan ya. Semoga bermanfaat:

     

    1. Awasi pemakaian internet di handphone. Pakai dual SIM kalau perlu.

    Gw hemat Rp 50 ribu per bulan

    Gw pake 2 sim card. Yang satu memang nomor gw dari lama (Telkomsel) satunya lagi gw pakai karena paket datanya lebih murah, cuma 50rb sebulan. Selain itu Gw juga usahakan untuk pakai WiFi terus dan mematikan mobile data di saat gak terlalu butuh. Gw juga cek setting download dll, supaya hanya aktif ketika pakai WiFi.

     

    2. Awasi pemakaian listrik

    Gw hemat Rp 100 ribu per bulan

    Ini sih tau diri saja ya. Kalau lagi santai di kontrakan…AC ga selalu gw nyalain. Jadi gw beli fan yang anginnya kuat. TV dinyalakan seperlunya. Elektronik yang tidak dipakai dicabut kabelnya.

     

    3. Bawa botol minum sendiri

    Gw hemat Rp 200 ribu per bulan

    Dulu gw dikit2 beli coca cola kalau lagi break kerja. Biar pun cuma 5 ribu, ya kalo sehari 2 botol x 20 hari aja lumayan kan 200 ribu kebuang sia-sia. Makanya gw bawa botol minum terus isi aja terus pake aqua. Kalo mau yang manis2 dikit, beli sachetan minuman. Bawa dari rumah.

     

    4. Masak sendiri & tanya mbah gugel untuk resepnya

    Gw hemat setidaknya Rp 600 ribu sebulan kalau full gak jajan sebulanan.

    Gw sebetulnya mulai masak sendiri gara2 pengen ngecilin perut yang membola hehehe. Terus jadi kebiasaan karena berasa banget murahnya. Makan di kantor semurah-murahnya tuh Rp 20-35 ribu. Belum juga sama cemal-cemilnya kalo sore-sore buat teman ngopi…abis deh paling enggak Rp 60-75 ribu. Makanya gw google resep yang simpel2 aja…dan yang bisa disimpan berhari-hari di kulkas.Jadi sebelom ngantor tinggal dipanasin. Terus siap biskuit sama buah deh buat di meja kantor. Budget di kisaran Rp 350-450 ribu seminggu, udah buat makan seminggu penuh 3x plus cemilan.

     

    5. Kurangi rokok, lebih bagus lagi kalau berhenti

    Gw hemat hingga Rp 300 ribu sebulan

    Simpel. Saya tadinya ngerokok 1 bungkus sehari (Rp 20 ribu) Kurangin jadi 1/2 bungkus sehari atau 10 batang (Rp 10ribu). Aturan saya adalah 2 rokok di pagi hari sambil ngopi. 2 rokok di jam makan siang. 2 rokok di sore hari. 2 lagi pas pulang kerja. Di luar itu saya gak ngerokok. Titik.

     

    6. Siapin kopi sendiri…jauhi coffee shop

    Gw hemat Rp 60-500 ribu per bulan (yupp, dulu gw boros Starbucks banget hahaha)

    Kalau lagi niat nabung, udah deh stick to tubruk. Jauhi yang namanya starbucks atau coffee shop lainnya. Mahal banget bro. Saya inget tuh rekor saya yang bikin insyaf adalah ketika saya 3x seminggu ke Starbucks deket kantor. Abis deh tuh hampir 500 ribu. Huhuhu. Kopi di kantor gratis. Jadi sekarang saya ngopi gratis aja..

     

    7. Nabung receh koinan

    Gw hemat Rp 30-50 ribu per bulan

    Penting banget punya tempat khusus buat nyimpan receh, supaya gak berceceran di mana-mana. Gw punya celengan kecil dari kaleng bekas selai. Gw taruh di kantor. Lumayan bisa ada recehan koin 2 ribu sehari. Kadang-kadang ada temen juga yang nyumbang gara-gara minta receh. Gw jadi dijulukin receh man di kantor!! Hahaha. Tapi bodo..amat.. Yang penting hasilnya masbro!!

     

    8. Buka tabungan yang tanpa ATM atau gak perlu bawa ATMnya

    Gw hemat Rp 500 ribu per bulan

    Simpel banget. Begitu tanggal gajian saya langsung transfer 500 ribu ke rekening TabunganKu saya. ATMnya gak pernah saya bawa, tapi saya simpen di laci kos-kosan di tempat yang saya ga pernah liat…biar ga kepikiran. Aturan saya adalah, saya bisa tarik dana di akhir bulan banget. Maksimal 50% dari jumlah yang saya tabung, dan hanya kalau kepepet. Hasilnya? Udah lima bulan dana gak saya utak-atik. Sebagian udah saya jadikan reksa dana.

     

    9. Ke mana-mana, bawa uang cash secukupnya

    Penghematan: Tak Terhingga, tergantung seberapa jajan karena laper mata.

    Pengeluaran penting biasanya gw alihkan ke kartu kredit. Sementara kayak pengeluaran sehari-hari kayak rokok dan bensin tentunya cash. Biasanya gw tarik uang setiap weekend dari mesin ATM, sejumlah yang gw perlukan untuk minggu itu. Sesudahnya gw gak pegang2 lagi itu kartu ATM. Cukup dengan uang cash yang di dompet aja.

     

    10. Jadikan rumah tempat yang nyaman buat hangout

    Penghematan: Rp 300-500 ribu, tergantung seberapa sering nongkrong di luar rumah

    Awal2 pengen hemat, gw selalu nolak ajakan hangout. Lama-lama..nah loh, kok jadi ansos ya gw? Akhirnya gw mulai undang teman2 ke kontrakan saya yang sederhana. Biar ga malu gw rapiin sedikit. Siapin lebih banyak bantal. Lebih rajin ngelaundry hehehe. Beli pewangi ruangan. Beli speaker mini… gelas-gelas minuman dll. Nongkrong di rumah jadi lebih asik. Tinggal pasang playlist di youtube..beli jus. Kadang main gitar bareng, main kartu. Nongkrong asik itu gak harus mahal. Kalau lagi males nongkrong di rumah…ya boleh lah nongkrong di luar..tapi dibikin budgetnya aja.

     

    11. Belajar menolak kalau dimintai pinjaman

    Penghematan: Tak Terhingga. Gw pernah minjemin sodara gw sampe Rp 3 juta. Cuma balik Rp 500 ribu. Sisanya? Pasrahin aja deh..

    Gak berarti gw selalu menolak kalau dimintai pinjaman. Gw cuma lebih pilih-pilih aja sekarang. Apakah dia akan bayar tepat waktu? Terus tergantung juga jumlah pinjamannya berapa. Kalau cuma seharga tiket parkir sih ya, kasih aja. Kalau enggak saya terpaksa tolak halus, “Sorry bro duit gw ngepas banget.” Teman yang baik pasti paham. Kalau dia sewot sih bukan teman namanya.

     

    Hasilnya:
    Tadaaaa.. Gw berhasil menabung secara konstan Rp 1 juta sebulan dan kadang sampe Rp 1.9 juta juga. Dalam 6 bulan terkumpul Rp 9.2 juta. Bukan sulap, bukan sihir. Cuma butuh disiplin. Gw tau Rp 9.2 juta itu masih jauh banget dari target gw untuk nabung buat DP rumah. Masih banyak banget yang perlu gw pelajari…belum lagi buat investasi…belum buat ina-itu. Tapi yang penting dimulai dulu. Iya gak?

     

    Semoga bermanfaat guyyss!! Ditunggu masukannya!! Jangan lupa mampir ke blog baru gw ceritaanakjakarta.wordpress.com sorry masih berantakan x_x

  • #3157

    Mantappppp

  • #3158

    4. Masak sendiri & tanya mbah gugel untuk resepnya

    ane masih berat di pengeluaran makan. udah perut karet, ane juga kagak bisa deh masak sendiri, mau masak telor aja ancur gan. jadi masih sering makan di luar atau delivery :(. tapi ane mesennya yg murah2 kok

  • #3175

    Kalau gw pernah baca tentang “trik menabung 20.000”.

    http://www.tribunnews.com/lifestyle/2015/10/20/gak-bisa-nabung-tiru-wanita-ini-buktikan-kekuatan-rp-20-ribu

    Jadi dia nabung 20-ribuan, tiap ada 20ribuan langsung ditabung. Kenapa 20 ribu? Karena menurut dia, 20rb itu kan jarang didapet, jadi nabungnya ga merasa berat.  Katanya sih udah banyak yang sukses nabung banyak dengan trik ini. Gw sendiri baru mulai nyoba.

  • #3198

    boleh juga nih tipsnya :). ane juga udh mampir ke blognya gan, masih sepi ya. sering2 diupdate dong

    • #3211

      thanks udah mampir 🙂 . nanti pasti blognya gw update kok, cuma belum sempet2 aja.

  • #3216

    Mantap Bos Tips nya. tapi tips yang no 7, itu gak terpake di kehidupan ku. setiap kali ada uang receh, uang receh nya gue belikan permen, terus aku kasih sama keponakan aku. HAHAHAHA

    • #3223

      hahaha…ya bagus juga lah ya, jadi om yg baik.

  • #3278

    The poor mentality (mentalitas miskin itu namanya)

    • #3284

      maksudnya gimana nih bos? masa sih yg gw share ini nunjukin mentalistis miskin? 🙁

  • #3319

    Kerenn bgt menginspirasi buat bljar hidup SEDERHANA…ILIKE IT

  • #3321

    Ada pepatah bilang orang berduit berlaku spt orang miskin dan tetap kaya sedang orang tak berduit berlaku spt orang kaya dan membuatnya tetap miskin.

    Banyak sih kenyataannya..yg gajinya pas2an kadang suka nongki di cafe/lounge pas lunch, di mall kadang karyawan toko mlh makan dlm mall instead of bawa mkn dari rumah pdhl brp tho gajinya…

    • #3328

      bener banget, sis.

      Tetangga ane maleh ada tuh yang rumahnya ya ampun deh udah kayak ga layak tinggal gitu tapi pake mobil mewah, bajunya bermerek, kayaknya lebih mikirin gengsi. Kalo rumah kan ga dibawa2, tapi klo mobil, baju bisa dipamerin ke mana2 biar diliat orang2. Ga tau prioritas banget deh. Buat ane sih aneh aja maksa bergaya mahal2 cuma demi gengsi padahal ga sesuai kemampuan.

    • #3368

      setuju sekali..yang seperti itu lah yang saya coba untuk hindari. orang yang betul2 kaya dan bermental kaya gak menghabiskan duit buat hal-hal konsumtif, tapi diinvestasikan lagi.

      saya belum sampe di situ sih, belum sanggup investasi serius tapi saya bakalan terus hidup sederhana dan kerja keras sampai bisa mencapai titik kesuksesan itu

  • #3355

    Keren yaa, boleh dicoba nih 🙂

    • #3367

      wah, thanks mbak. seneng deh kalo tipsnya bermanfaat

  • #3382

    Manteb nih tipsnya brada, orang yg nggak disiplin keuangan kayak ane mesti coba nih

    • #3389

      Hidup hemat dan nabung itu ga susah, bos yang penting niat ;). Kalo gw bisa, semua temen2 di sini pasti bisa, gw yakin deh.

  • #3421

    Ok juga tips nya perlu dipertimbngkan mateng2 😅 kalau saya benar2 miss boros masak dari dulu kerja pasti gaji sebulan ngak pernah sisa sedikitpun habis2 terus ada saja pemakaiannya saya tidak boros dimakan atau jalan tapi lebih boros ke belanja kalau sudah ke Mall liat baju,sepatu dll pasti langsung tarik aja ngak pentingin duitnya habis atau ngak,saya sendiri pun sampai bngung harus cara seperti apa dulu biar bisa berkurang borosnya masak gaji habis2 terus ngak ada sisa apa saya harus di Ruqiah dulu biar setannya pada keluar yah 😂😂 saudara,teman sudah pada nyerah nasihatin saya ngak pernah mempan 😣

    • #3551

      wah, ekstrem banget mbak masak sampe perlu usir2 setan hehe 😀

      Yang penting ada tekad & niat, pasti bisa deh hidup hemat & bisa nabung. Pasang target juga supaya lebih memotivasi.

  • #3835

    kalau ada niatan pasti bisa menabung dengan kesebelas trik itu

  • #4620

    Kalau mau nabung tapi uangnya ludes untuk kebutuhan, kira-kira solusinya bagaimana?, thanks

    • #4837

      Hai Agus!! Kamu sudah bikin budget bulanan belum? Kalau belum, bikin dulu ya?
      Kalau memang niat menabung/investasi mustinya tabungan/investasi itu sudah langsung kamu sisihkan dari awal bulan. Sisa uangnya kamu buatkan budget – jadi kamu punya gambaran akan ada pengeluaran apa saja. Lebih bagus lagi kalau tiap pengeluaran kamu catat. Bisa manual, bisa juga pakai aplikasi smartphone 🙂 Semangat ya menabungnya!


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 178 pengguna terdaftar dan 376 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik