Topik ini mengandung 2 balasan, memiliki 2 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  maxxdonn 3 tahun, 1 bulan yang lalu.

  • #2622

    Berawal dari ga sengaja nguping obrolan dua anak muda (asumsi ane anak kuliahan) di kedai kopi, kira-kira begini kurang lebih pembicaraannya :

    A : bro, gw belom tau nih mau ngapain nanti kalo udah lulus

    B : maksudnya?

    A : iya, ga ada bayangan aja gitu mau ngapain, apa gw lanjutin studi gw, kerja, atau buka usaha. Blank banget gw mau ngapain nanti

    B : bener juga ya, gw baru kepikiran juga nih, ah rese lo jadi mikir kan gw

    A : nah kan, ah ga ada gunanya gw nanya ginian

    dan pembicaraan langsung ganti topik mau kemana wiken ini…

    Ane langsung melengos, apa gini kebanyakan anak muda jaman sekarang, mereka ga tau apa yang bakalan mereka lakukan kedepannya dan menganut prinsip ‘go with the flow’, yah emang sih terlalu generalisir, cuma kalo kenyataannya kaya gini, dimana anak muda banyak yang ga punya TUJUAN HIDUP nya, bisa ancur dunia persilatan coy.

    Sedikit flashback ke masa muda ane dulu (ceileh), ane dulu punya buku sakti tulisan tangan ane sendiri dengan judul ‘MAU JADI APA/NGAPAIN/TUJUAN ENTE NANTI?’ buku itu semacam diary ane, semua keinginan, dan tujuan ane selanjutnya ane tulis disana. Karena ane punya prinsip kalo hidup itu HARUS punya TUJUAN, ga bisa kalo ente cuma ngikut arus, iya kalo arusnya ke sungai tenang, lah kalo arusnya ke jurang tak berkesudahan, mau ngomong apa ente?

    Penting banget apa buat punya Tujuan Hidup? Menurut ane PENTING pake BANGET coy, soalnya dengan tujuan hidup, ente bisa lebih fokus sama apa yang sedang dan akan ente kerjain, ga bakalan ngalor ngidul, ga punya tujuan kaya 2 anak muda diatas.

    Paling gak ada 8 manfaat punya TUJUAN HIDUP bagi ane pribadi, diantaranya

    1. Jadi panduan ane saat dituntut untuk buat keputusan dan tindakan ane kedepan
      Menurut ane, ini adalah tujuan utama pentingnya punya TUJUAN HIDUP, karena tujuan hidup sama dengan rencana. Nantinya bakalan jadi panduan ane buat bertindak dan ga melenceng dari tujuan ane sebelumnya. Seperti yang ane bilang diatas, kalo ente ga punya tujuan hidup, yah siap-siap aja hanyut tenggelem ga berbekas
    2. Membuat ane lebih Fokus
      Masih nyambung sama poin 1, dengan punya tujuan hidup yang juga merupakan rencana, ane jadi lebih fokus saat ngerjain apa-apa. Ya emang yang namanya resiko ga bisa selamanya dihindari, cuma kalo ente fokus sama yang ente kerjain, efek dari resiko itu ga jadi masif, cuma minimalis. Yaaa, ibarat bumbu penyedap lah :p
      Fokus ini juga jadi penting kalo ada saatnya ane lupa atau kebablasan saat ngerjain sesuatu, jadi ane gampang buat balik ke on track lagi
    3. Meningkatkan Percaya Diri
      Coy, percaya ama ane, dengan ente punya tujuan hidup. Bakal bikin ente lebih percaya diri buat ngelakuin apa-apa. Lah kok bisa? yaeyalaaah, soalnya ente udah punya pakem sendiri. Apalagi kalo ente udah nulis semua tujuan hidup ente nanti, secara ga langsung ente udah ngasih kepercayaan diri ke diri ente sendiri
    4. Punya target dalam hidup
      Setiap rencana yang ane buat pasti punya target yang harus dicapai, entah per jam, per bulan, atau per tahun dan itu akan membawa hidup ane ke tingkat yang lebih tinggi saat berhasil ane capai. Sedih coy kalo ga punya target dalam hidup. Karena ente ga punya hal yang harus ente perjuangkan
    5. Siap untuk hal-hal yang buruk
      Dengan ente punya tujuan hidup yang terencana dengan baik, berarti ente udah menyiapkan segala tindakan buat mencegah hal-hal buruk di masa datang atau saat apa yang ente lakukan ga sesuai dengan apa yang diharapkan. Yakin deh coy, ente bakal bisa beradaptasi dengan perubahan yang tiba-tiba itu kalo ente punya tujuan hidup
    6. Bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya
      Ga bakalan ada lagi tar-sok-tar-sok kalo ente udah punya rencana hidup, karena saat semuanya terencana dengan baik, waktu bakalan menjadi hal yang amat sangat berharga buat ente.
    7. Bikin hidup lebih bernilai
      gak perlu ane jabarin 😀
    8. Bikin hidup lebih bahagia
      lagi, ga perlu ane jabarin 😀 😀

    Kurang lebih, itu lah keuntungan punya TUJUAN HIDUP coy, jadi kalo ente baca ini sekarang, dan ente masih muda. Segera bikin TUJUAN HIDUP buat hidup yang lebih bahagia dan lebih bernilai!!

    SO, APA TUJUAN HIDUP ENTE!! Boleh dong dibagi-bagi sama ane, kalo ente punya pertanyaan, jangan sungkan nanya disini ye.

  • #2623

    wuih, sekalinya turun gunung langsung buat topik yang bikin dahi berkerut nih pak maxx, gw jadi mikir nih. Baru sadar kalo selama ini cuma pasrah sama nasib…

    ada saran ga pak buat yang udah karyawan kaya ane, bikin tujuan hidup gmn? >.<

  • #2635

    @pito
    hahahaha, iya nih ane kesambet setan gunung motivator kayaknya…. hahaha… tujuan hidup itu beda-beda loh tiap orang mas Pito. Coba aja ente bayangin tahun besok mau punya apa, 2 tahun lagi mau di jabatan apa, 3 tahun lagi mau punya anak berapa, dst

    Dari sana ente jabarin lagi tiap poinnya, apa yang harus ente lakukan buat mencapai tujuan itu, semangat terus coy!!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 32 pengguna terdaftar dan 750 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik