Topik ini mengandung 1 balasan, memiliki 2 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  DuitPintar 1 tahun, 10 bulan yang lalu.

  • #2671

    Saya tertarik Rumah Second yang mau di jual tapi saya tidak memiliki persiapan untuk DP-nya dan klo saya harus mengumpulkan DP dulu kayaknya Rumah yang saya suka itu keburu terjual ke orang lain karena pemilik memerlukan uang segera, Pak Admin saya minta solusi nih bagaimana mengatasi masalah seperti itu, adakah Bank yang menyediakan KPR rumah Second tanpa DP? biasanya Bank mana aja dan apa aja persyaratannya, terimakasih untuk informasinya

  • #2679

    Hi Tsurayya,

    Thanks ya sudah mampir ke Forum DuitPintar.

    Sayangnmya Bank Indonesia menetapkan uang muka/DP untuk KPR rumah – second maupun baru – tidak dapat kurang dari 20% harga rumah untuk rumah pertama, dengan ukuran 21-70 m2. Rinciannya bisa dibaca di artikel ini.

    Maka kalau mau membeli rumah second dengan KPR pilihannya:

    1. Menabung / investasi hingga uang muka terkumpul, dengan memperhitungkan potensi kenaikan harga di area tsb tiap tahunnya (mungkin ini juga agak susah ya, karena takutnya rumah tsb sudah laku duluan)
    2. Mencari pinjaman bank/leasing dengan bunga rendah. Cara ini kurang disarankan dan musti dilakukan dengan sangat berhati-hati. Baiknya total angsuran yang dibayar per bulannya tetap tidak melebihi 30% pendapatan (baik untuk angsuran pinjaman untuk DP + angsuran KPR itu sendiri)
    3. Meminjam ke keluarga / kerabat dekat, tanpa dikenakan bunga. Tapi kembali harus dipertimbangkan kesanggupanmu dalam membayar angsuran tiap bulannya.

    Semoga jawaban ini bermanfaat.

    Salam,
    Tim Forum DuitPintar


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1 pengguna terdaftar dan 193 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik