Topik ini mengandung 46 balasan, memiliki 15 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  rentapart 5 bulan yang lalu.

  • #2264

    Buat semuanya. Berhubung belum ada thread khusus emas, saya sebagai pengemmar investasi emas (baik batangan maupun perhiasan) mau buka diskusi aja.

    Sebelumnya, FYI informasi berikut merupakan hasil saya baca2 artikel2 internet (termasuk di blog duitpintar) serta pengalaman pribadi juga. INGAAAT!! Saya bukan ahli perdagangan emas, tapi saya punya cukup pengalaman. Semoga bermanfaat!

    Investasi Emas Perhiasan

    Hal-hal yang saya suka dari emas perhiasan:
    1. Bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Pilih 18K, 22K, sampe 24K. Jadi modalnya bisa dimulai dari angka yang kecil
    2. Bisa dipake juga. Jadi gak cuma dibrankas aja.
    3. Mudah dibeli dan mudah dijual. Gak ribet cari sana sini. Saya kebetulan udah punya langganan, jadi style dan harganya udah cocok. Tapi yang belum pengalaman, rajin2 tanya ke toko2 tetangga ya biar ga kena harga kemahalan.

    Yang musti di waspadai:
    1. Mark up harga. Tidak spt yang batangan, bikin perhiasan kan juga memakan biaya seperti utk produksi, desain, pajak dll.
    Biaya ini sendiri bisa memakan 1-7% kalau produksi pabrik, dan 15-20% kalo produksi perorangan. Sehingga harga beli vs harga jual membuat sulit buat pembeli untuk meraup untung dari investasi perhiasan emas.
    Kalo toko2 emas besar biaya dllnya ini bisa sampe 30% loh!

    2. Rentan kecolongan. Yah namanya juga perhiasan emas yang menghiasi tubuh. Pasti lah menggiurkan buat maling šŸ™‚
    (Umumnya) Gak ada sertifikat keaslian emas. Paling ditulis di kwitansi saja. Jadi gak ada yang bisa menjamin harganya pula.

    Emas Batangan

    Yang saya suka:
    1. Jelas keamanannya. Beli di Antam misalnya udah pasti asli dan jelas. Ada sertifikatnya juga.
    2. Gak kena pajak pertambahan.
    3. Daya jual kembali menguntungkan. Harganya cenderung naik (gak seslalu sih). Tapi kalau dibandingkan emas perhiasan jelas keuntungannya lebih pasti.

    Yang gak saya suka:
    1. Nyaris ga ada sih. Cuma saya waswas aja kalau beli di saat yang salah dan mendadak harga emas anjlok. Kemudian gak sabaran untuk jual lagi, dan jadinya rugi bandar šŸ™
    Gak bisa dipakai seperti perhiasan šŸ™‚ Cuma jadi pajangan di brankas.

    Kesimpulan:
    Ketimbang perhiasan saya tetap pilihĀ emas batangan, karena nilai investasinya. Saya beli perhiasan emas cuma beberapa yang modelnya saya betul-betul suka saja. Ketimbang beli perhiasan lain yang nilai jualnya lebih jatuh/nyaris ga ada.

    Kenapa investasi emas disukai?Ā 
    1. Cenderung kebal inflasi. Harganya cenderung naik terus.
    2. Fisiknya tahan lama dan tahan banting.
    3. Risiko relatif kecil dan modal gak perlu besar
    4. Likuid, aka mudah dijual lagi. Digadai juga bisa. Gak seperti properti, misalnya, yang tunggu jualnya musti berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

    Beberapa tempat jual beli:
    1. Pegadaian. Bisa tunai bisa kredit, tergantung cabangnya. Online juga bisa di pegadaian(dot)co(id). Plus harga jual kembalinya relatif lebih bagus dibandingkan Antam.
    2. Unit bisnis antam. Yang ini di Pulogadung, tempat olahnya. Murah karena langsung dari produsen. Cuma antreeeeā€¦ Bisa delivery order segala untuk kota2 besar. Tapi gak tahu deh minimalnya berapa. Harga buybacknya +/- 95% pasar.
    3. Gedung pusat antam. Ada butik emasnya. Harganya lebih tinggi daripada yang di Pulo Gadung, tapi ngantrenya lebih enak. Harga buyback sih sama kayak yang Pulo Gadung.
    Cabang Antam di mana2. Coba lah google šŸ™‚
    4. Butik Emas Mobile. Maksudnya bukan lewat hape, melainkan semacam stand di mall. Jadwalnya ada di website resmi Antam. logammulia(dot)com/mbelm-id
    Toko emas yang ada di mana2. Biasanya sih lebih mahal ketimbang Antam dan lebih banyak jual perhiasan. Cari review dulu deh buat yang satu ini, atau bawa teman yang paham. Sebab penipuan itu marak!
    5. Bank syariah. Buat yang mau kredit bisa juga lrewat Bank Syariah. Biasanya caranya cukup gampang. Saya belum penrah coba sih. Buybacknya juga cukup bagus, kurang lebih seperti antam.

    Mau kredit? Waspada:
    1. Biaya tambahan seperti bunga dan administrasi. Jelas ini mengurangi potensi keuntungan.
    2. Risiko fluktuasi harga. Bayangin waktu beli harganya tinggi, tapi terus pelan2 anjlok hingga ketika cicilan lunas. Sesek juga ya?
    3. Emas ditahan hingga lunas. Gak seperti kredit kendaraan yang kendaraanya bisa kita pake dulu.
    4. Kalo gagal bayar…sama ceritanya dengan kalau gagal melunasi kredit lain. Emas disita, lalu dilelang untuk menutupi cicilan yang tidak terbayar. Rugi deh kita..

    Untuk sementara sampai di sini dulu. Akan saya update sesempat mungkin dan kalau ada informasi baru. Bagi yang punya informasi bisa PM saya (jangan jualan ya) nanti saya minta update ke admin šŸ™‚

    Selamat berinvestasi emas!

  • #2266

    Saya reserve post #2 ya min, untuk update harga emas šŸ™‚

    Ini harga Antam Pulohadung

    Last Update : 01-07-2016 8:18:00
    Buy Back Price :Rp549000/gram

    Harga Jual
    1 gr – 599rb/gr
    2 gr – 579rb/gr
    2.5 gr – 575 gr
    Dst. Selengkapnya di: LogamMulia(dot)Com

    Kalau punya harga yang lebih bagus/tempat lain silakan dishare. Saya bukan agen antam kok šŸ™‚

  • #2271

    Thanks untuk sharenyaĀ @Veronique.

    DuitPintar ikut melengkapi ya. Selain dengan tunai keras ataupun kredit, kita juga bisa mempertimbangkan membuka tabungan emas loh. Coba deh intip ulasannya:

    <span style=”font-weight: 400;”>Investasi Emas Makin Gampang Nih dengan Tabungan Emas: Mulai dari Rp 5 Ribu</span>

    Yuk Cari Tahu Apa Itu Tabungan Emas

    Semoga bermanfaat, dan salam investasi!


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #2273

    Thanks Veronique infonya! Lengkap juga…

    Btw, mimin DuitPintar online loh Sabtu begini.. Heheheehe. Lagi bosen min?

    Oya gue baru ditawarin LM 558rb/gram buat keping 10graman. Kemahalan gak ya? Kalo mau harga lebih bagus di mana ya?

  • #2277

    @MasterUmb33 hum kalo cek di situs antam sih enggak kemahalan ya harga segitu. Lumayan murah malah. Justru saya yang pengin tau situ beli di mana…Ā 

  • #2280

    Antam tutup kan selama lebaran ntar? Btw minggu lalu saya jual 560rb/gr kok. Tapi bukan sama antam ya.

  • #2282

    Kalo emas perhiasaan perhitungannya gmn sih?

  • #2284

    @Syarifaa Spt yang udah ditulis di atas, ya tergantung dari toko emas dan produknya. Tiap produk ada biaya produksinya sendiri plus kemurniannya beda2. Saya pribadi sih gak ahli2 banget milih, jadi kalo niatnya investasi lebih aman yang batangan. Perhiasan buat koleksi ajaā€¦.itung2 koleksi bernilai, ketimbang koleksi kalung2 murah yang gak ada harga jualnya.

  • #2286

    Ada yang punya chart keuntungan investasi emas gak dari tahun ke tahun? Pengen compare sama investasi jenis lainnya.

  • #2288

    Baru gugel. Dapetnya 3 bulan terakhir doang, dari tanggal 5 april-4 juli 2016:

    Suhu-suhu yang punya image bagusan, monggoā€¦

  • #2289

    Yaaah gambar ane kena sensor -__-

    silakan keĀ i.imgur(dot)com/FYw5Id6.png?1

    (dot) = . (titik biasa)

    Ribet dah

    Message dari Admin Forum DuitPintar: @MasterUmb33, gambar yang kamu post sudah kami munculkan ya šŸ™‚ Terima kasih untuk sharenya.

  • #2297

    Udah naik jauh banget loh:

    Per 12 Juli

    Harga Jual: Rp 618.000Ā 

    Buyback: Rp 565.000Ā 

    Baru aja mau beli..

  • #2322

    NEW YORK, KOMPAS.com – Harga emas melonjak naik setelah sebelumnya melemah pada perdagangan hari Jumat (15/7/2016) waktu setempat di New York, Amerika Serikat.

    Penguatan harga emas tidak lain setelah pernyataan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim yang menyatakan kelompok militer melakukan kudeta untuk menggulingkan pemerintah.

    Harga emas dilaporkan naik 0,23 persen menjadi 1.337,73 dollar AS per ons. Sebelumnya, harga emas diperdagangkan pada harga 1.322 dollar AS per ons sesaat sebelum kudeta pecah.

    “Harga emas melonjak 10 dollar AS lebin tinggi ketika jelas ada upaya kudeta di Turki,” kata Tai Wong, direktur perdagangan logam mulia di BMO Capital Markets di New York.

    Menurut Wong, kondisi harga emas tidak terlalu baik meski ada gejolak geopolitik dalam beberapa tahun terakhir.

    Meski demikian, sentimen bisa berubah apabila ada ketidakstabilan di pemerintahan lainnya di kawasan.

    Sekelompok elemen militer Turki mengumumkan telah menguasai negeri itu malam dan langsung memicu bentrokan berdarah di Istanbul dan Ankara.

    Fotografer AFP melaporkan telah menyaksikan tentara menembaki warga yang berkumpul di dekat salah satu jembatan Selat Bosphorus di Istanbul.

    Sementara itu, kantor berita Anadolu mengabarkan, gedung parlemen Turki di Ankara diserang dengan menggunakan bom.

    Saat ini, belum jelas siapa yang menguasai negara anggota NATO yang strategis berpenduduk 80 juta orang itu, pada saat sejumlah tank bergerak di jalanan dan ledakan terdengar di dua kota terbesar Turki itu.

    Sumber: Kompas(dot)Com

  • #2323

    Di situs antam: :

    Per 18Ā Juli

    Harga Jual: Rp 604.000Ā 

    Buyback: Rp 554.000Ā 

  • #2344

    Selasa, 19 Juli.

    Buy Back: IDR:560.447/gr

    Ā JualĀ Antam:IDRĀ 601.000/gr

  • #2355

    Bagus nih artikelnya bagi yang mau nabung emas untuk pendidikan anak:

    Liputan6, Jakarta – Pekan depan tahun ajaran baru sekolah dimulai kembali. Pendidikan merupakan kebutuhan yang mutlak diberikan kepada anak-anak saat ini. Untuk merencanakan pendidikan yang matang, tak sedikit pengeluaran yang mesti dipersiapkan sejak awal.

    Terkait perencanaan biayaā€Ž pendidikan ini, Manajer Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani ā€Žmengungkapkan ada berbagai produk yang ditawarkan mulai dari perbankan, asuransi hingga perusahaan pembiayaan lainnya.

    Menurut Basuki, sebenarnya ada cara lain untuk merencanakan pembiayaan pendidikan ini seperti dengan memiliki tabungan dalam bentuk emas.

    “Sejak zaman dahulu, orang-orang tua kita memilih emas sebagai sarana investasi atau tabungan. Mengapa emas dipilih sebagai sarana investasi?ā€Ž,” kata Basuki dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Jumat (15/7/2016).

    Dia menjelaskan, ada beberapa alasan. Pertama, emas memiliki nilai yang relatif stabil bahkan cenderung naik. Tahun 1990-an harga emas murni per gram masih di bawah Rp 50 ribuan. Kemudian naik drastis memasuki krisis 1998 sampai Rp 200 ribu, dan saat ini di tahun 2016 mendekati Rp 600 ribu per gram.

    Dengan melihat hal itu, terbukti jika emas menjadi pilihan investasi yang aman, terbebas dari inflasi. “Juga memiliki fungsi lindung nilai ketika terjadi ketidakstabilan ekonomi yang mengakibatkan fluktuasi nilai mata uang,” tegas Basuki.

    Kedua, investasi emas itu nyata. Fisik barang dikuasai pemilik atau investor, sehingga risiko investasi disalahgunakan pihak lain dapat minimal terjadi. Bahkan, emas perhiasan dapat dipakai untuk mendukung penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Bagi kalangan tertentu emas menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

    Ketiga, emas mempunyai likuiditas tinggi, mudah dibawa, dan diperjualbelikan di mana saja serta kapan saja. Volume barang yang terbuat dari emas relatif kecil tetapi memiliki nilai uang yang cukup tinggi.

    “Coba bandingkan emas senilai Rp 500 juta dengan mobil yang seharga emas cukup disimpan dalam laci, sedangkan mobil perlu garasi,” dia menuturkan.

    Lantas, bagaimana cara merencanakan biaya pendidikan dengan emas?.

    Basuki berbagi tips, misalnya anak kita tiga tahun ke depan masuk ke SMA favorit dengan biaya Rp 18 juta. Dengan asumsi harga emas stabil Rp 600 ribu per gram, maka kita perlu 30 gram emas untuk membiayai pendidikan sang anak saat SMA.

    Dengan hitungan tersebut, tiap tahun harus mempersiapkan tabungan 10 gram emas. Dengan demikian di tahun ketiga maka akan terkumpul 30 gram emas sesuai kebutuhan.

    BACA JUGA
    Ini Alasan Investasi Emas Masih Sangat Menggiurkan
    Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian
    Sepuluh Alasan untuk Berbisnis Properti
    “Untuk mendapatkan emas tersebut dapat memanfaatkan produk MULIA (Murabahah Logam Mulia Investasi Abadi) di Pegadaian,” paparnya.

    Dia menambahkan, pembelian emas dapat dilakukan secara tunai maupun angsuran mulai jangka waktu 3 sampai dengan 36 bulan dengan muka minimal 20 persen. Pembelian angsuran dapat dilakukan secara perorangan, kolektif atau arisan.

    Begitu proses pembelian selesai, Pegadaian langsung memesan emas yang dibeli ke produsen. Untuk pembelian secara tunai emas dapat diterima secara langsung atau selambat-lambatnya 30 hari tergantung stok barang dan lokasi pembelian. Apabila dibeli secara angsuran, emas akan diserahkan setelah lunas pembayaran.

    Selain pembelian dengan sistem angsuran tetap, Pegadaian juga melayani tabungan emas. Setoran tabungan dapat dilakukan dengan uang minimal Rp 5 ribu-an atau setara dengan emas seberat 0,01 gram. Uang yang ditabung langsung dikonversikan ke satuan berat emas.

    Tabungan dapat diambil dalam bentuk emas batangan dalam pecahan 5, 10, 25, 50, 100, dan 250 gram atau dalam bentuk uang tunai sesuai harga buy back saat pencairan. “Ingat, masa depan adalah buah dari benih yang kita tanam hari ini,”ā€Ž tutup Basuki. (Sumber: Liputan6(dot)Com)

  • #2369

    @DuitPintar, saya pernah lihat ada artikel tentang di mana saja kita bisa beli emas – mau saya share ke teman. Bisa tolog kasih linknya ga? Dicari kok gak ketemu.. Thanks!

  • #2375

    Hi @joyfulnitz

    Mungkin ini artikel yang kamu maksud?

    7 Tempat Jual Beli Emas

     


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #2436

    Ada artikel menarik tentang investasi emas

    KOMPAS.com ā€“ Di tengah pemulihan ekonomi global yang berjalan lebih lambat daripada perkiraan, investasi juga harus makin jeli. Terlebih lagi bila investasi direncanakan untuk jangka panjang.

    Pertama, tentukan dulu tujuan dari investasi yang hendak dilakukan. Pastikan, investasi bertujuan meraup sebanyak mungkin keuntungan ataukah untuk mempertahankan nilai aset pada masa mendatang.

    Pilihan antara saham atau logam mulia merupakan contoh paling gamblang tentang pilihan dari investasi jangka panjang ini.

    Investasi emas, misalnya, tak akan terbebas dari fluktuasi harga. Namun, nilai emas pada dasarnya tidak susut.

    <span style=”text-decoration: underline;”>emas adalah pilihan investasi untuk mempertahankan nilai aset, terutama menghadapi risiko inflasi. Barang yang bisa didapatkan dari nilai 1 gram emas pada saat ini tak akan jauh berbeda dengan yang bakal didapat di masa mendatang.</span>

    Lain lagi bila investasi bertujuan mendapatkan keuntungan dari dana yang ditanamkan. Saham dan instrumen investasi di pasar modal merupakan pilihan yang bisa diambil.

    Terlebih lagi, dinamika perekonomian global sedang menjadi “angin” bagi “layar” investasi saham. Hal ini terkait dengan rencana lanjutan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) menaikkan suku bunga acuan.
    Rencana The Fed itu merupakan magnet kuat bagi saham sektor keuangan mendulang peluang keuntungan. Namun, bukan berarti saham sektor lain tak menantang. Bahkan, industri tambang yang sedang surut, terutama karena anjloknya harga komoditas, masih bisa jadi pilihan.

    Kunci penentuan pilihan saham sektor ini ada pada komoditas apa yang digarap penerbit saham. Lihat pula peluang dan rencana pengembangan perusahaan ke depan.

    Soal inovasi

    Saham PT Antam (Persero) Tbk, misalnya, masih memberikan prospek cerah. Setidaknya bila merujuk pada langkah strategis dan kinerja perusahaan ini.

    Di antara produk Antamā€”sebutan familiar untuk perusahaan iniā€”adalah emas batangan dan nikel. emas batangan tetap menjadi daya tarik bagi investor yang berniat mengamankan nilai aset dan memenuhi kebutuhan industri untuk produk konsumer.

    Adapun nikel merupakan salah satu logam yang dibutuhkan banyak industri lainā€”seperti otomotif, perumahan, dan transportasiā€”untuk menghasilkan produk akhir. Salah satu produk akhir yang butuh pasokan tetap nikel adalah stainless steel.

    Terlebih lagi, Indonesia juga sedang bersiap menyongsong era produksi logam dasar di dalam negeri. Di situ dibutuhkan kehadiran smelter, untuk mengolah bahan baku menjadi bahan dasar.
    Diversifikasi usaha menjadi langkah Antam merespons dinamika perekonomian hari ini. Selain memastikan pasokan bahan baku, ragam usaha lain juga dikembangkan, termasuk unit yang menangani pemurnian bahan tambang (smelter).

    “Kami terus mengejar penyelesaian smelter. Kami sebelumnya memiliki lima proyek, satu sudah berjalan, satu lagi segera rampung, lalu yang tiga lagi dikejar untuk selesai dalam 2-3 tahun lagi,” ujar Direktur Utama PT Antam (Persero) Tbk, Tedy Badrujaman, Rabu (3/8/2016).

    Salah satu smelter itu akan mengolah hasil penambangan PT Freeport Indonesia. Dari sana, akan didapatkan kandungan emas yang dapat dimanfaatkan Antam untuk usahanya.

    Tak hanya rencana “mengolah” anoda slime dari PT Freeport Indonesia, Antam juga berencana membangun smelter alumina, seperti dilakukan dalam kerja sama dengan PT Inalum.

    Dari produk yang sudah dikenal publik, Antam juga terus menggenjot inovasi, termasuk untuk emas batangan Logam Mulia (LM) yang sudah dikenal luas.

    “Dari kemasan kami buat baru, untuk meminimalkan risiko. Lalu, kami buat juga edisi LM bermotif batik,ā€ kata Tedy.

    Ke depan, perusahaan ini bahkan mengincar pasar perhiasan tertentu berbahan dasar emas. Sekarang, mereka telah membangun 13 butik untuk melayani penjualan LM dan rencana produk perhiasan ini.

    Direktur Marketing PT Antam (Persero) Tbk, Hari Widjajanto, mengatakan produk LM bermotif batik ini bisa menjadi item koleksi pada masa mendatang.
    “Kami juga menyediakan LM edisi khusus, seperti misalnya Idul Fitri atau Natal, selain LM motif batik,” imbuh Hari, pada kesempatan yang sama.

    Terkait soal risiko, lanjut Hari, perusahaannya sekarang membuka pula layanan brankas emas.

    “emas dititipkan di brankas ini. Selain aman, pemilik bisa memantau asetnya cukup lewat aplikasi, tak perlu setiap saat ke sini,” ujarnya.

    Lompatan kinerja

    Dengan sejumlah inovasi di tengah dinamika pasar yang juga masih butuh safe heaven, kinerja Antam pada 2015 lalu mencatatkan lompatan.

    Nilai penjualan pada 2015, misalnya, tumbuh 12 persen dibandingkan pada 2014, menjadi Rp 10,53 triliun. Volume penjualan emas pada 2015 melompat 42 persen dibandingkan pada 2014, menjadi 14.179 kilogram.

    Pada tahun itu komposisi penjualan PT Antam Tbk juga berubah. Dari semula emas memberikan porsi di kisaran 30 persen, berubah melonjak menjadi 71 persen.

    “Tahun 2015 memang lompatan (kinerja) bagi kami,” kata Direktur Keuangan PT Antam (Perseroan) Tbk, Dimas Wikan Pramudhito, Rabu.

    Perusahaan ini juga tak semata mengandalkan pasar dalam negeri untuk mendongkrak kinerja keuangan. Pada 2015, misalnya, mereka mengekspor emas ke India.

    “Kami juga terus menjajaki peluang pasar di luar negeri, yang bisa memberikan margin profit siginifikan bagi usaha kami,” kata Tedy.

    Lagi-lagi, investasi saham juga sebaiknya tidak melihat acuan pada satu waktu. Nilai saham yang saat ini terlihat turun, belum tentu tidak menjanjikan untuk jangka panjang.
    Fluktuasi saham bisa saja dipicu kehadiran industri tertentu yang tengah ā€œnaik panggungā€ atau mendapatkan momentum tepat. Di sini, rencana strategis perusahaan yang bisa menjadi pemilahnya.

    Jadi, sudah menentukan mau pilih investasi apa?

    (sumber: kompas(dot)com)

  • #2437

    @veroniqueĀ wah ada emas batangan motif batik toh, q baru tahu.Ā makasih sharingan artikelnya, ya. lumayan berguna buat qu yg Ā lagi mikir2 soal investasi emas

  • #2439

    ane masih buta nih yang beginian. antam2 apaan? namanya kayak ngajak berantem, hantam-hantaman wkwkwk.

    ijin nyimak dulu deh ya. Ane tertarik juga nih dan emang lagi Ā mau liat2 investasi yang cocok buat ane

  • #2442

    untuk investasi emang Logam Mulia (emas batangan) lebih disarankan ya sebenarnya dari emas perhiasan, karena untuk emas perhiasan ada perhitungan biaya pembuatan saat pembelian, tapi waktu dijual lagi, yang dihitung toko emas cuma kadar dan berat emasnya itu aja, malah ada toko emas yang pakai patokan harga saat emas tersebut dibeli dulu, bukan harga pasaran emas saat dijual ke toko. Kalau dalam bentuk LMĀ ga ada resiko seperti itu.

  • #2449

    Saya mau share saran aja buat yang mau mulai investasi emas, pokoknya prinsipnya: jangan anggap ini sebagai pekerjaan full time. Jadi, jangan pakai seluruh uang yang ada cuma untuk beli emas, karena gimanapun tetap aja kan ada kemungkinan harga emas bisa jatuh.

  • #2464

    ada tips yang perlu diperhatiin untukĀ yang mau beli emas di pegadaian:

    1. Pastikan apakah ingin membeli logam mulia baru (first hand) atau logam mulia yang merupakan barang lelang (second hand, telah dibeli konsumen lain lalu digadaikan dan tidak ditebus sehingga barang tersebut di lelang).
    2. Bila baru pertama kali membeli logam mulia dan hendak membeli yang baru, tanyakan pada petugas apakah barang yang diberikan benar-benar baru atau barang lelang. Ciri barang baru adalah plastik pembungkusnya masih bagus dan terlihat baru dan tanggal sertifikat logam mulia tidak jauh jaraknya dengan tanggal pembelian yang tertera dalam kwitansi.
    3. Saat membeli logam mulia baru, pastikan mendapatkan kwitansi pembelian, bukan nota penjualan lelang.

    sumber: kompasiana

  • #2469

    @veronique apa nilainya beda antara emas yang barang lelang sama yang baru?

  • #2472

    @marijannĀ Kalau untuk nilai, sebenernya harga logam mulia mengikuti harga pasar, jadi ga pengaruh apa LM-nya baru dibeli atau barang lelang. Tapi secara kepuasan pasti beda dong ya, barang baru atau lama, apalagi kalau emang niatnya beli baru tapi malah dikasihnya yang barang lelang.

  • #2484

    update harga gold bar Per 19 Agustus (logammulia(dot)com)

    Harga Jual: Rp 612.000

    Buyback: Rp 560.000

  • #2485

    menurut teman-teman lebih baik mana hayo, investasi mata uang asing atau emas?

  • #2501

    @nimbrung menurut gue emas kalau untuk investasi jangka panjang. tapi untuk investasi jangka pendek, mendingĀ investasi dolar.

  • #2505

    Buat yang lagi mikir2 mau jual atau beli emas, menurut berita, ada kemungkinan harga emas Antam terus naik. Kalau mau jual sebaiknya tunggu sampai harga Rp 630.000/gr sedangkan kalau mau beli tunggu sampai harga 580.000 – Rp 600.000/gr

  • #2508

    @veronique Gw juga lagi mantau terus nih harga emas antam. Tapi hari ini malah turun ya… šŸ™

     

    harga gold bar antam per 22 Agustus 2016 (logammulia(dot)com)

    Harga Jual: Rp 609.000/gr

    Buyback: Rp 557.000/gr

  • #2523

    @nimbrung menurut gue mending investasi emas, resikonya lebih kecil.

  • #2524

    @joyfulnitz hari ini naik lagi šŸ™‚

     

    harga gold bar antam per 23 Agustus 2016 (logammulia(dot)com)

    Harga Jual: Rp 618.000/gr

    Buyback: Rp 557.000/gr

  • #2542

    Update harga gold bar antam per 24 Agustus 2016 (logammulia(dot)com)

    Harga Jual: Rp 617.000/gr

    Buyback: Rp 556.000/gr

  • #2546

    Klo emas batangan itu berapa per gram?

    Terus batangan itu udh LM ya mbak veronique?

  • #2547

    Iya,Ā @Why Rha Adja Dech setahu saya yang termasuk dalam definisiĀ Logam Mulia (LM) itu emas murni 24 karat dengan kadar kemurnian 99,99% (itu udah kadar kemurnian tertinggi). Emas batangan sendiri punyaĀ kadar emas murni 99,99%. Jadi emas batangan = logam mulia šŸ™‚

    Hari ini harga emas batangan Antam (emas batangan produksi Antam itu udah tersertifikasi. Paling terpercaya) RpĀ 616.000/gr

     

  • #2550

    @nimbrung investasi emas & investasi mata uang asing masing-masing ada kelebihan & kekurangannya.Ā cuma secara resiko emang rasanya lebih tinggi investasu mata uang asing soalnyaĀ fluktuatif nilai tukarnya dan sangat rentan terhadap kebijakan pemerintah.

  • #2573

    Update harga gold bar antam per 2 SeptemberĀ 2016 (logammulia(dot)com)

    Harga Jual: Rp 613.000/gr

    Buyback: Rp 553.000/gr

  • #2585

    Setelah sempet melemah,Ā hari iniĀ harga emas mulai naik lagi. Kenaikannya lumayan signifikan.

    Harga gold bar antam per 7Ā SeptemberĀ 2016

    Harga Jual: Rp 620.000/gr

    Buyback: Rp 559.000/gr

    (logammulia(dot)com)

  • #2922

    Ini ada info terbaru harga emas Antam dari kompas.

    Awal Oktober, Harga Jual Emas Antam Stagnan di Rp 601.000 Per Gram

    JAKARTA, KOMPAS.com – Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) pada perdagangan awal pekan di Oktober ini terpantau stagnan.

    Pada Senin (3/10/2016), harga jual emas batangan Antam ukuran satu gram dibanderol di harga Rp 601.000 per gram. Jumlah itu tidak mengalami pergerakan dari harga perdagangan akhir pekan September kemarin, yakni Rp 601.000 per gram.

    Sementara itu, harga buyback (beli kembali) terpantau turun Rp 1.000 per gram. Pada hari ini, harga beli kembali berada di angka Rp 548.000 per gram atau turun dibandingkan perdagangan akhir pekan September kemarin sebesar Rp 549.000 per gram.

    Berikut adalah harga jual emas batangan Antam sebagaimana dikutip dari situs Logammulia.com:

    – emas 2 gram Rp 1.162.000, dengan harga per gram Rp 581.000.
    – emas 3 gram Rp 1.725.000, dengan harga per gram Rp 575.000.
    – emas 4 gram Rp 2.288.000, dengan harga per gram Rp 572.000.
    – emas 5 gram Rp 2.860.000, dengan harga per gram Rp 572.000.
    – emas 10 gram Rp 5.670.000, dengan harga per gram Rp 567.000.
    – emas 25 gram Rp 14.100.000, dengan harga per gram Rp 564.000.
    – emas 50 gram Rp 28.150.000, dengan harga per gram Rp 563.000.
    – emas 100 gram Rp 56.250.000, dengan harga per gram Rp 562.500.
    – emas 250 gram Rp 140.500.000, dengan harga per gram Rp 562.000.
    – emas 500 gram Rp 280.800.000, dengan harga per gram Rp 561.600.

     

  • #3110

    Ada tips2 untuk investasi emas yang saya kutip dari femina. Untuk lengkapnya langsung klik linknya aja ya.

    Patokan awal paling mudah untuk menentukan waktu membeli adalah rajin mengikuti perkembangan nilai rupiah terhadap mata uang dolar AS. Ketika nilai rupiah stabil, artinya kondisi ekonomi berada pada tingkat normal. Itulah saatnya membeli emas. Karena, pada kondisi tersebut, emas berada pada harga murah.

    Karena investasi emas bertujuan sebagai investasi jangka panjang, yaitu di atas 3 tahun, maka saat menjual emas kembali yang baik adalah minimal 2-3 tahun (jangka menengah). ā€œDalam kurun waktu 3 tahunan, kita bisa menikmati lonjakan harganya,ā€ saran Perencana keuangan Mike Rini Sutikno. Naik-turunnya angka inflasi ini bisa Anda cek pada website Bank Indonesia (www.bi.go.id).

     

    Namun, ada beberapa hal yang harus Anda waspadai agar niat untuk mendapat untung ini tidak berakhir menjadi buntung. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, pastikan bahwa kegiatan investasi ini tidak berdampak buruk terhadap keuangan keluarga.

    Salah satu caranya, saat berinvestasi emas, Anda telah mempunyai dana cadangan tunai sebesar 6 hingga 12 kali pengeluaran bulanan keluarga. Langkah antisipasi ini penting agar Anda tidak tergoda untuk menjual emas sesaat setelah membeli, karena kebutuhan uang mendadak. Sebab, di saat itu harga emas masih di titik rendah.

    Anda juga bisa mengalokasikan 30% keuntungan dari investasi emas untuk tabungan, deposito, dan obligasi pemerintah. Sisanya, bisa Anda bagi-bagi untuk melakukan investasi ulang dalam bentuk emas, atau mencoba jenis investasi lain.

    http://www.femina.co.id/money/waktu-ideal-untuk-investasi-emas

  • #3206

    bahan bacaan bagus nihĀ untuk yg baru mau investasi emas

    Ingin Investasi Emas, Hindari 6 Kesalahan Ini

    TEMPO.CO, Jakarta – Selain tanah atau rumah, beberapa orang menjadikan emas sebagai bentuk ‘tabungan’ untuk masa depan. Mereka menyimpan uang yang mereka miliki dalam bentuk emas alias berinvestasi emas. Investasi emas dinilai mudah dan menguntungkan, karena harganya yang terus berubah. Jika harga emas sedang bagus, otomatis para investor emas akan untung.

    Terdengar menggiurkan? Jika Anda ingin mencoba investasi dalam bentuk emas, sebaiknya hindari lakukan 6 hal berikut ini:

    1. Membeli Emas Tanpa Fisiknya

    Teknologi yang semakin canggih membuat investasi cukup mungkin dilakukan secara daring. Tapi untuk investasi emas, sebaiknya jangan pernah coba-coba melakukannya karena sangat berisiko. Jangan pernah mau berinvestasi emas tanpa menerima fisik emas tersebut, meski diberikan tawaran keuntungan yang menggiurkan.

    Tetapi kalau sudah terlanjur membeli emas tanpa fisik, pastikan pihak yang menyimpan emas dapat dipercaya dan emas itu disimpan di tempat aman yang bisa diambil kapanpun.

    2. Membeli Emas dalam Bentuk Perhiasan

    Jika tujuan Anda untuk investasi, jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Alasannya, akan ada komponen biaya pembuatan saat pembelian dan saat dijual. Biasanya toko emas tidak hanya menghitung kadar dan beratnya, tetapi juga biaya pembuatan perhiasan. Makin rumit bentuk emas itu, maka makin mahal ongkos yang dikeluarkan.

    Daripada berisiko, ada baiknya membeli logam mulia (LM) murni standar 99,99 persen, produksi dan bersertifikat PT Aneka Tambang (Antam). Anda bisa membeli emas Antam di Antam langsung, pegadaian, atau toko emas, tapi pastikan toko emas itu memiliki sertifikat asli dari Antam.

    Selain Antam, Anda juga bisa membeli emas pegadaian, karena BUMN ini juga mengeluarkan emas dengan cap Pegadaian.
    3. Sembarangan Menyimpan Emas

    Perlakukan emas sebagai investasi yang perlu dijaga, sehingga Anda tidak menyimpannya sembarangan. Pilihlah tempat penyimpanan emas yang aman. Bila jumlah emas yang Anda miliki sudah banyak, mulailah menitipkan emas ke bank atau pegadaian supaya lebih aman. Meski disimpan, Anda tetap bisa mengambil emas tersebut kapan pun Anda butuhkan.

    4. Membeli atau Menjual Emas di Waktu yang Tidak Tepat

    Ketika membeli emas, Anda harus memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk membelinya karena harga emas ini fluktuatif. Sebaiknya, Anda membeli ketika harga emas sedang murah, dan menjualnya begitu harganya sedang tinggi. Karena itu, Anda harus bersabar untuk menunggu harga jual emas yang Anda inginkan jika mau menjual atau membelinya kembali. Jangan terburu-buru.
    5. Membeli Emas Secara Hutang

    Jangan beli emas dengan berutang untuk investasi. Belilah logam mulia ini secara tunai. Bila dilakukan secara hutang, Anda terikat untuk menjual atau membelinya. Lagipula emas itu jenis investasi jangka panjang, sehingga akan sulit bagi Anda membayar utang pembelian emas yang butuh waktu cepat.

    Saat ini banyak arisan yang dilakukan dalam bentuk emas. Cara ini mungkin baik untuk menabung, tetapi kurang cocok untuk dijadikan emas yang diperoleh sebagai investasi.

    6. Membeli Emas Dalam Ukuran Besar

    Sebenarnya membeli emas dalam ukuran besar lebih menguntungkan dibanding ukuran kecil karena harga ā€œgramnyaā€ akan lebih murah. Tapi untuk membeli dalam ukuran besar, Anda memang harus memiliki dana yang cukup besar. Namun, Anda juga harus tahu bahwa emas dalam bentuk batangan atau ukuran besar akan lebih sulit dijual dibanding emas berukuran kecil.

    Karena itu, jika Anda ingin menggunakan emas untuk bisa dicairkan setiap waktu, Anda perlu investasi emas berukuran kecil. Jadi, sesuaikan saja investasi emas dengan kebutuhan. Atau bisa saja Anda kombinasikan antara ukuran kecil dan besar. *

    sumber:Ā https://cantik.tempo.co/read/news/2016/11/04/330817782/ingin-investasi-emas-hindari-6-kesalahan-ini

     

     

    • #3224

      untuk yg no. 1, kalau kayak Brankas Antam gitu gpp dong ya?

    • #3238

      kalau itu amanlah, kan langsung dari ANTAMnya.

      Sekalian update harga emas hari ini:

      Harga gold bar Antam 10Ā November 2016

      Harga Jual: Rp 615.000/gr

      Buyback: Rp 537.000/gr

      logammulia.com

  • #3395

    Nah, ini saya baru tahu, ternyata bisa investasi emas dengan modal 5000 aja, di pegadaian. Monggo dibaca artikelnya kalau tertarik:

    http://finance.detik.com/wawancara-khusus/d-3344467/mau-investasi-emas-dengan-modal-rp-5000-yuk-ke-pegadaian

     

  • #5087

    menurut saya investasi emas online juga termasukĀ bentuk investasi yang aman. selain modalnya yang murah tidak butuh tempat penyimpanan apapun.

    donita antashari

  • #5102

    Salah satu keuntungan gold investment adalah mudah digadaikan dan diperjual-belikan cuman tidak semua orang interested untuk investasi emas karena sometimes toko emas nggak transparant dalam standar jual beli yang seharusnya dan malah membuat pembeli/penjual emas bingung. Selain investasi emas, actually masih ada bentuk investasi lain yang lebih menguntungkan misalkan investasi properti. Jika dibandingkan keuntungannya lebih besar karena bisa dijadikan pasif income seperti disewakan atau dikontrakan, kenaikan harga lebih tinggi, dan bisa dijadikan jaminan ke bank. Selain itu cashflow yang dihasilkan dalam jangka panjang.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1 pengguna terdaftar dan 141 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik