Topik ini mengandung 20 balasan, memiliki 11 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  playmaker101 3 tahun, 4 bulan yang lalu.

  • #1532

    Beberapa waktu yang lalu, sempat ada diskusi hangat di kantor, topiknya:
    Apakah boleh pakai KTA untuk modal bisnis?

    Ada kekhawatiran, jangan-jangan bunga KTA bisa lebih besar daripada keuntungan bisnis.
    Menurut teman-teman apakah boleh menggunakan KTA untuk modal bisnis?


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #1539

    sah sah aje menurut ane, selama ente yakin usaha ente bisa profit. Jadi pas bayar angsuran ga pusing

  • #1540

    gw sih ga setuju!! berat bro urusannya klo pake KTA buat modal. Bukannya knp2, yg namanya KTA kan harus patuh tuh bayarnya, telat dikit bisa runyam urusan usaha, kecuali usaha sampingan ya dan masih dapet gaji, masih aman buat bayar KTA nya

  • #1544

    Thank you, @maxxdon dan @okeputz
    Kemarin kita coba lakukan simulasi, memang kendalanya sama bayar cicilan. Namanya buka bisnis awal-awal tidak langsung laku. Tetapi cicilan tetap harus ngalir.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #1547

    @Finansialku.com jadi baeknya gimana dong gan? gw ada rencana mo pinjem pake KTA buat modal awal usaha barbershop? Gw juga nyari yang angsurannya masi bisa ketutup sama gaji gw

  • #1561

    KTA buat modal bisnis why not…asalkan pendapatan tiap bulannya bisa menutup angsuran.

    Pilih bunga kecil aja, pinjem jangan kelamaan. Gak ada salahnya sih menurut gw ngutang dulu, daripada gak mulai usaha sama sekali.

  • #1566

    KTA gak selamanya bunganya selangit juga sih. Pinter2 cari yang promo aja. Terus bank tempat terima gaji juga kadang suka nawarin bunga spesial. Saya belum pernah sih pake KTA buat bisnis. Tapi istri saya sedang mempertimbangkan…

  • #1593

    @andrie_chen & nimbrung

    okelah gan andrie & gan nimbrung. makasih masukannya ya, gw mo mulai cari2 kta yg oke klo gitu

  • #1608

    semuanya boleh lah, asal bisa bayar…

  • #1615

    sy belum lama ini memutuskan pakai KTA untuk tambahin modal usaha kok. sampai saat ini fine2 saja. asal dihitung baik2 dari awal.

    • #1776

      Setuju dengan @Cantik08 , boleh saja ambil KTA untuk bisnis asal telah dilakukan perhitungan dan memperhitungkan risiko


      Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #1736

    mempertimbangkan risiko bisnis itu caranya spt apa ya?

    sy rasanya cukup pede ambil kta untuk usaha dagang saya. tp rasanya kok saya menghitung target selalu meleset ya…

  • #1775

    Hi teman-teman
    @Pebisniskecil : hitung risiko yang dimaksud adalah menghitung berapa besar kerugian yang harus ditanggung jika penjualan tidak memenuhi target, atau biaya operasional meningkat.
    Apakah bisnis Anda masih bisa masih bisa membayar cicilan KTA jika terjadi risiko tersebut? Semoga membantu 😀


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #1777

    Hi @pitonular37

    Gw juga nyari yang angsurannya masi bisa ketutup sama gaji gw

    Menurut kami, jika berbisnis sebaiknya jangan digabung antara uang pribadi dan bisnis. Contoh keputusan mengambil KTA, sebaiknya Anda membandingkan apakah keuntungan bisnis Anda mampu menutup cicilan KTA tersebut atau tidak.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #1803

    Setuju Pak. Saya dulu awal bikin usaha juga mencoba nutupin KTA pakai gaji. Jadinya malah kebutuhan sehari2 yang dikorbankan. Pembukuan untuk usaha berantakan. Sulit ngitung profit. Jadinya gali lubang tutup lubang…

    Lebih baik dibedakan, mana yang buat kebutuhan keluarga mana yang buat bisnis.

  • #1818

    @Finansialku

    Makasih buat masukannya, cuma untungnya gw jalanin bisnis barbershop ini bareng 2 temen gw yang laen, jadi kita mutusin urunan buat bayar angsuran KTA dari gaji masing2 ^^

  • #1915

    mau gimana juga tetep ga setuju KTA modal bisnis, lain cerita kalo buat ngembangin bisnis dan udah ada cashflow yang bagus dari bisnisnya. #ceritanyakeukeuh

  • #1930

    Finansialku, kalo saya mau minta dibuatin plan bisnis bisa gk? Terus penghitungan biayanya spt apa? Tarifnya tetap atau tergantung omset bisnis? Dagangan saya kecil sih skalanya, tapi makanya pengen saya perluas.

    Makasih.

  • #1993

    Hallo teman – teman,

    Wah keren diskusinya, pembahasan menggunakan KTA untuk modal bisnis. Jadi ada beberapa teman yang setuju dengan memanfaatkan KTA untuk modal bisnis, beberapa yang lain masih kurang setuju ya.

     

    Beberapa waktu yang lalu, kami mendengar cerita dari salah seorang teman pengusaha pakaian. Seperti yang kita ketahui, biasanya menjelang Hari Raya, permintaan pakaian kan meningkat. Nah teman saya menggunakan KTA sebagai modal kerjanya. Menurut kami itu cara yang sangat kreatif dan boleh dicoba.

     

    Kami tidak menyarankan menggunakan KTA untuk merintis bisnis. Namanya merintis faktor risikonya terlalu besar , bisa-bisa kita yang stress bayar cicilan.

     

    Untuk Bung @Us_man : saat ini kami tidak melayani pembuatan rencana bisnis. Kami akan coba share panduan-panduan mengenai rencana bisnis. Kami akan susun segera ya Pak, semoga bisa membantu.

     


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2126

    Kongsi makanya, hehehehe… kayak gw gitu deh, jadi KTA tetep dapet, usaha jalan, bayar cicilannya juga ketutup dari patungan :p

  • #2144

    KTA buat bisnis? Oke-oke aja sih kalo menurut gw, buat modal pun gpp. Asal yakin aja bisnisnya bakalan ada hasilnya, kalo ga ada hasil tapi ada utang KTA mah wasalam aja dah

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1 pengguna terdaftar dan 496 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik