Topik ini mengandung 5 balasan, memiliki 5 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  max.sin 9 bulan, 1 minggu yang lalu.

  • #3500

    Saya sudah belasan tahun investasi emas…mengalami naik turunnya harga. Tahun 2017 nampaknya bukan tahun terbaik untuk meraup untung dari investasi jenis ini. Malah ada yang bilang tren harga emas bisa jadi terus-terusan jelek sampai tahun 2019.

    Seorang pengamat ekonomi asal Sumut memberi penjelasan:

    POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kondisi iklim investasi emas pada tahun 2017 diprediksi belum menjanjikan.

    Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin menyebutkan, harga emas masih terpuruk sementara rupiah mulai menguat terhadap mata uang US Dolar. Kombinasi keduanya menekan kinerja harga logam mulia yang saat ini berkutat di angka Rp500 ribuan per gramnya.

    “Harga emas kita saat ini sudah terkoreksi sekitar Rp18.000 per gram dibandingkan posisi satu hingga dua minggu kemarin. Ditambah lagi, pelemahan harga emas dunia,” ujarnya.

    Diutarakan Gunawan, ada peluang di mana harga emas sangat berpotensi mengalami koreksi seiring dengan kemungkinan bahwa The FED (bank sentral Amerika Serikat) akan menaikkan suku bunga acuannya. Secara keseluruhan emas masih kalah menarik dibandingkan dengan US Dolar.

    Walau demikian, memang bukan seterusnya harga emas akan terpuruk dalam jangka panjang. Tetap dalam momen tertentu harga emas memiliki peluang untuk kembali mengalami kenaikan (rebound).

    Namun, jika Donal Trump, presiden AS terpilih benar-benar merealisasikan semua janji kampanyenya maka harga emas berpeluang turun dalam jangka panjang.

    “Meskipun pelaku pasar juga tidak begitu yakin 100 persen semua janji kampanye Trump direalisasikan, namun secara keseluruhan emas tetap memiliki peluang untuk membentuk tren turun. Akan tetapi, kenaikan harga emas tetap berpeluang terjadi meski dalam volatilitas jangka pendek semata. Hal inilah yang menjadi sinyalemen kuat di mana emas belum menarik diinvestasikan dalam jangka panjang,” sebut Gunawan.

    Untuk itu, kata pengamat ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut ini, masyarakat sebaiknya bijak jika ingin berinvestasi di emas.”

    Kalau saya pribadi sih tidak akan 100% meninggalkan investasi emas, tapi akan saya pantau trennya di 2017 ini, dan mungkin sebagian dana akan saya alokasikan untuk investasi jenis. Malah tetap ada kemungkinan juga kalau harga emas jeblok, saya malah beli lagi supaya bisa dapat keuntungan waktu harga naik.

    Kalau teman-teman bagaimana? Apakah akan tetap pilih investasi emas di tahun 2017 atau mau cari alternatif?

  • #3515

    Gw juga udah sempet baca-baca berita tentang investasi emas dan ada yang malah memprediksi harga emas bakal naik. Jadi kayaknya sih gw juga ga akan ngelepas investasi emas deh tahun ini

  • #3527

    Malah tetap ada kemungkinan juga kalau harga emas jeblok, saya malah beli lagi supaya bisa dapat keuntungan waktu harga naik.

    Nah ini, gw juga baru baca artikel tentang ini kemarin. Kalau tahun ini harga emas jatuh justru harus dimanfaatin untuk beli emas, untuk investasi jangka panjang. Jadi gw sendiri juga belum kepikiran untuk ninggalin investasi emas 😀

  • #3550

    Kalau temen-temen Duit Pintar yang lama mungkin udah tahu ya saya penggemar berat investasi emas, hehehe, jadi saya juga belum mau berpaling lah. Belakangan ini malah keliatannya ada tren harga emas cenderung meningkat. Yah, kita pantau sama-sama ajalah 🙂

    Toh kalau soal Donald Trump juga banyak yang bilang kalau Donald Trump banyak omdo, jadi kemungkinan banyak janji beliau (termasuk yang aneh2 dan bisa berpengaruh negatif) yg ga terealisasi. Ya mudah-mudahan bener dan ga ada dampak negatif deh buat harga emas.

  • #3552

    harga emas turun?

    malah kesempatan buat borong bung, bagaimanapun menurut saya menyimpan emas itu bukan jenis investasi. tapi salah satu upaya kita untuk menjaga tabungan kita agar tidak tergerus nilai inflasi, daripada dalam bentuk uang nabung di bank loh ya..

    cmiiw 🙂

    • #3553

      Setuju, bos 🙂

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 26 pengguna terdaftar dan 127 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik