Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  finansialku.com 1 tahun, 11 bulan yang lalu.

  • #5305

    Apakah investasi reksa dana syariah lebih menguntungkan? Beberapa tahun belakangan ini, berinvestasi pada instrumen keuangan atau financial assets menjadi sebuah cara yang banyak digemari oleh para pemilik modal untuk mengembangkan dana yang mereka miliki. Masyarakat yang semakin paham dengan pengelolaan keuangan dan investasi, semakin pandai dalam menilai dan mengendalikan risiko investasi yang mereka lakukan.

    Apakah Investasi Reksa Dana Syariah Lebih Menguntungkan?

    Tahun 1990-an Indonesia baru mengenal kegiatan perbankan syariah. Tujuh tahun kemudian, produk syariah di pasar modal mulai diperkenalkan dengan ditandai munculnya produk reksa dana syariah. Investasi reksa dana syariah dilirik sebagai alternatif dari investasi reksa dana konvensional. Hal ini karena investasi reksa dana syariah dianggap lebih menguntungkan daripada investasi reksa dana konvensional oleh beberapa orang yang menanamkan saham dan modal mereka.

    Bahkan akibat keuntungan yang dirasakan dari investasi reksa dana syariah, investor menjadi lebih sangat percaya untuk beralih kepada investasi reksa dana syariah ini. Jika memang benar menguntungkan, apa saja keuntungan reksa dana syariah yang membuat orang beralih kepada investasi reksa dana syariah?

    Perbedaan Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional

    Sebelum kita lihat apa saja keuntungan reksa dana syariah, mari kita simak perbedaan antara reksa dana syariah dan reksa dana konvensional tersebut melalui tabel di bawah ini.

    Keuntungan Reksa Dana Syariah

    Beberapa keuntungan reksa dana syariah, yaitu:

    #1 Halal

    Reksa dana syariah menggunakan tata cara investasi syariah, sehingga investor dan penanam modal akan terjamin dengan perputaran uang yang halal. Perputaran uang halal ini dijamin karena reksa dana syariah berpedoman dengan cara-cara dan syarat yang mengikuti hukum serta ketentuan dari Islam. Investasi syariah didahului dengan akad alias perjanjian dari kedua pihak, serta dibahas terlebih dahulu dan diusahakan agar terhindar dari hal-hal yang diharamkan oleh syariat Islam. Oleh karena itu antara pihak-pihak yang berinvestasi maupun yang menanamkan modal dapat merasa aman.

    #2 Ada Kejelasan

    Karena reksa dana syariah berprinsip pada tata cara dan hukum yang disyariatkan oleh Islam, maka reksa dana syariah berpedoman pada kejelasan setiap ketentuan yang tertera. Kejelasan ini dimaksudkan agar setiap pihak yang berinvestasi mendapatkan kepastian serta keterangan yang jelas sebelum memulai atau menjalankan investasi. Kejelasan ini juga berguna untuk menghindarkan fitnah kepada masing-masing pihak selama investasi berlangsung. Kedua pihak juga berhak untuk mendiskusikan hal-hal yang sangat kritis dan rawan di dalam proses persetujuan investasi.

    #3 Tidak Ada Praktik Riba, Gharar dan Maisyir

    Praktik Riba, Gharar dan Maisyir adalah praktik yang paling dihindari oleh investasi yang berbasiskan syariah. Praktik riba, gharar dan maisyir merupakan praktik yang sangat sering ditemukan di dunia investasi konvensional. Pihak penanam modal tidak mendapatkan kejelasan mengenai keuntungan, kerugian maupun kesepakatan-kesepakatan yang ada pada kedua belah pihak. Yang menjadi kekhawatiran adalah ketika investasi sudah diselesaikan, masih ada tertinggal masalah di antara kedua pihak, yang terjadi di kemudian hari. Masalah-masalah tersebut seharusnya diselesaikan saat investasi sedang berjalan, namun karena tidak adanya kepastian dan ada praktik riba, gharar dan maisyir yang terselubung, kesepakatan tersebut menjadi tertinggal dan tidak mempunyai kejelasan. Di masa yang akan datang, masalah-masalah tersebut malah akan mendatangkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, praktik semacam ini sangat dihindari oleh investasi reksa dana syariah.

    #4 Meminimalkan Risiko

    Kepercayaan dari masing-masing pihak yang mengadakan perjanjian adalah prinsip yang utama. Kepercayaan ini dibantu dengan penegakan syariat dan tata cara Islam sebagai prinsip utama dalam menjalankan investasi syariah. Prinsip utama ini jelas memperkecil risiko yang didapat oleh masing-masing pihak. Prinsip-prinsip syariah berusaha menghindarkan pihak-pihak yang berinvestasi dari hal-hal yang rawan akan masalah dan dilarang. Ketika investasi pada reksa dana syariah sedang berjalan, kedua pihak akan sama-sama merasa diuntungkan dengan investasi tersebut karena prinsip syariah menjauhkan pihak-pihak tersebut dari hal yang haram dalam mengelola bisnis dan keuangannya.

    Reksa Dana Syariah

    Demikian keuntungan dari reksa dana syariah. Jika Anda berminat untuk mencari tahu tentang apa saja reksa dana syariah yang ada di pasar modal Indonesia, silahkan Anda membukanya di situs bareksa.com, dan silahkan pilih filter pencarian yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

    Bagaimana dengan pengalaman Anda berinvestasi? Apakah Anda berminat untuk berinvestasi di reksa dana syariah? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

    Sumber:
    Apakah Investasi Reksa Dana Syariah Lebih Menguntungkan?

    Baca Juga:
    Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula
    Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku
    Mau Investasi Syariah dan Menguntungkan, Coba Cek SUKRI SR-009 yang Memberikan Kupon 6,9 Persen

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 0 pengguna terdaftar dan 131 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik