Topik ini mengandung 22 balasan, memiliki 13 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Jatnika Reza 3 bulan yang lalu.

  • #338

    dear all, aku udah 3 tahun kerja,, resolusiku 2016 ini mau lebih hemat + bisa nabung dan punya rencana keuangan buat masa depan.

    nahh, alhamdulillah pendapatan bersihku tahun ini 4,2 jt. aku pengennya nyenengin keluarga, beli rumah buat ibu, dan sediain mobil juga. tapi aku bingung beli yang mana dulu karena pastinya duit ga cukup untuk beli semua.

    impianku sih rumah sederhana aja di daerah bogor dengan bujet 250jutaan, kredit 15 tahun paling lama.
    mobil mau kredit bekas aja, harga 80 juta, kredit 3 tahun.

    tabungan skrg ada deposito 20 juta. (ada perhiasan emas tapi maau disimpan dl).

    mohon sarannya ya dutpintar ^^

  • #339

    ide aja nih…kredit mobil dulu terus disewain… (setidaknya kan punya dulu tuh). terus sambil nabung dp rumah.

  • #340

    pejwan aman! ane nyimak.

  • #341

    harga rumah naik tiap tahun. mobil turun tiap tahun. pikirkan dulu seberapa butuhkah beli mobil? setuju @pangeran19. kalau tetep mau beli mobil sewain aja dulu selagi belum perlu2 amat. tabung dp rumah, sebelum harga melambung.

  • #342

    saya ga jauh beda. tahun ini naik gaji rencana nabung di reksadana (udah cb dikit2 yang syariah. 300rb-an sebulan. dlm 2 tahun terkumpul dp terus beli rumah dulu atau beli mobil cash). apa saya sudah di jalan yg benar??

  • #343

    ane ga tau deh…orang situ yang butuh. coba tanya di bawah ane…*kabur*

  • #344

    kalo resolusi 2016 ane tuh beli togel yang banyak..buat nambahin modal utk bisnis siomay ane. wkwkwk !!

    kalo buat pertanyaan ts, ane juga belum paham tuh jawabannya. tp pribadi sih bilang jgn beli mobil. bikin macet ajaa!!!

  • #345

    @nimbrung betul juga soal faktor harga rumah. tapi tergantung, kenaikan tiap tahunnya berapa. balik lagi sih ke pribadi masing2.
    @syarifaa rajin gugel aja harga tanah di bogor berapa. dan coba ngaca lagi, dan bedain betul2 antara kebutuhan sama keinginan B-)

  • #435

    @syarifaa Selamat datang di Forum DuitPintar.com 🙂 !

    Tahun 2016 ini kamu kelihatannya mantap untuk berbenah keuangan ya. Memang nomor 1 kamu lihat lagi antara kebutuhan vs. keinginan. Apa tujuan-mu membeli mobil/rumah? Apakah tujuan pembelian tersebut konsumtif/produktif (produktif contohnya untuk disewakan seperti yang disarankan beberapa pengguna).

    Betul juga mengenai faktor harga tanah yang naik setiap tahun. Di sisi lain, sebelum kredit rumah kamu harus fokus mengumpulkan uang muka yang cukup terlebih dahulu. Minimal sebesar 20% harga rumah yang kamu targetkan (berarti sekitar Rp 50 juta + inflasi di saat kamu selesai menabun nanti).

    So, sebelum bikin target apa2, susun lagi nih proporsi pengeluaranmu setiap bulan. Berapa yang utk cicilan, berapa utk dana darurat, berapa utk tujuan keuanganmu lainnya. Artikel ini mungkin bisa membantu: Memang Seru Bikin Resolusi Keuangan Tahun Baru, tapi Apa Yakin Bisa Terealisasi?

    Semoga bermanfaat, dan good luck! ^^


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #809

    saya ga jauh beda. tahun ini naik gaji rencana nabung di reksadana (udah cb dikit2 yang syariah. 300rb-an sebulan. dlm 2 tahun terkumpul dp terus beli rumah dulu atau beli mobil cash). apa saya sudah di jalan yg benar??

    @mochtarzz selamat bergabung 🙂

    Investasi reksa dana merupakan jenis investasi yang tergolong ramah pemula, aman dan cukup fleksibel. karena itu mengumpulkan dp rumah/menabung untuk beli mobil dengan menanamkan uang di reksa dana merupakan ide yang bagus.

    Cuma harus dipastikan, kalau jenis produk reksa dana yang kamu pilih sesuai dengan tujuan keuanganmu. Dalam kasus di mana kamu ingin beli mobil / membayar DP rumah dalam 2 tahun, berarti cocoknya produk reksa dana pendapatan tetap (RDPT) yang memang banyak disarankan untuk investasi jangka pendek-menengah (1-2 tahun).

    Coba deh intip artikel ini membantu me-refresh pengetahuan soal reksa dana: https://blog.duitpintar.com/belajar-investasi-reksa-dana-sebagai-pilihan-mendulang-uang-lebih

    Semoga bermanfaat!


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #452

    @DuitPintar @all Makasih semuanya. mobil emang ga mendesak sih, ga kaya rumahh…tp setidaknya ada buat keluarga. takutnya klo ga beli sekarang ga akan kebeli..malah jajan ini itu… Jd mungkin bisa juga disewain ^^

  • #453

    @syarifaa kalo gitu nabung aja dulu mba. mungkin bisa berguru investasi juga sama yg sudah paham. bisa coba deposito atau emas.

  • #454

    inves sama ane boleh jg.

  • #455

    sama ane aja, udah jelas terjamin. yang dagang ganteng lagi hhihi

  • #456

    jadi dapet ide nih. beli mobil kredit terus sewain ke uber. pendapatannya nutup biaya cicilan tiap bulan ga ya?

    • #1304

      @max.sin @Syarifaa Bisnis rental mobil emang salah satu bisnis yang gak pernah ada matinya sebab pangsanya luar: bisa individual maupun korporat. Buat menghitung potensi keuntungan ada sejumlah hal yang harus dipikirkan:

      Salah satunya, soal beli mobil baru atau bekas? Kalau mobil baru walaupun ongkosnya lebih besar biasanya asuransi lebih murah, perawatan lebih minim, dan juga harga sewa dan daya jual lebih tinggi. Kalau bekas enaknya selain lebih murah, seringkali kita sudah bisa dapat aksesori spt kaca film, dll.

      Terus mau disewakan dengan cara apa/seperti apa? Harian/Bulanan/Mingguan atau per rute? Dalam Uber berarti per rute ya…tanya betul gambaran potensi keuntungannya seperti apa? Terus bandingkan deh kalau dengan rental mobil konvensional perbandingannya seperti apa?

      kebetulan DuitPintar pernah mengulas nih mengenai keuntungan bisnis sewa mobil. Mungkin simulasi ini bisa jadi contekan. Angkanya tinggal diutak-atik sesuai kondisi dan kebutuhan saja:

      Modal
      Harga mobil: Rp 150 juta
      DP: 20% x Rp 150 juta= Rp 30 juta (jumlah minimum DP ditentukan pemerintah)
      Cicilan: Rp 4 jutaan per bulan selama 23 bulan
      Biaya aksesori (cover jok, kaca film, lapis karet kaki, dan lain-lain): Rp 5 juta.
      Asuransi all risk: Rp 3 juta
      Total investasi: Rp 160 juta

      Pengeluaran berjalan (Jangan lupa tanya sama perusahaan yang memasarkan penyewaan mobil tsb soal siapa yang menanggung biaya)
      Bensin: Rp 600 ribu per hari= Rp 14.400.000
      Ganti oli mesin+transmisi: Rp 6 juta
      Ganti ban 2 set: Rp 9 juta
      Ganti aki 1 kali: Rp 500 ribu
      Servis rutin: Rp 9 juta
      Cuci dan salon khusus 3 bulan sekali: Rp 8 juta
      Pajak: Rp 5 juta
      Total pengeluaran: Rp 51.900.000

      Penerimaan
      Total hasil sewa 2 tahun*: Rp 292 juta
      Kendaraan dijual setelah cicilan lunas: Rp 120 juta
      Total penerimaan: Rp 412 juta
      Keuntungan selama 2 tahun: Rp 412 juta – (Rp 160 juta + Rp 51.900.000)= Rp 200.100.000

      Contoh di atas mengasumsikan hasil sewa 2 tahun, dengan penyewaan harian. Dengan tarif Rp 400 ribu per 12 jam (naik 2x lipat semasa Lebaran) dan disewa setidaknya 12 jam sehari, alias penuh terus.

      Selamat berhitung dan semoga bermanfaat!


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #457

    wahhhhh @max.sin *langsung keluarin kalkulator*

  • #458

    ngalor ngidul

  • #1453

    Hi @syarifaa

    Kalau dilihat dari jenis kebutuhannya, rumah termasuk kebutuhan primer. Jadi sebaiknya Anda memprioritaskan untuk membeli rumah. Seseorang yang sudah berhasil membeli rumah pertamanya akan merasa aman secara keuangan plus secara psikologi. @Syarifaa juga dapat mempertimbangkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), karena cukup banyak keuntungannya.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #1811

    Setelah banyak tanya, rata2 memang nyaranin supaya aku hunting rumah dulu…krn hrg rumah kan naiknya cepat ketimbang mobil. Jd sekarang sy lagi kumpulin DP. Kalau sy mau supaya cepat terkumpul DP-nya apakah cukup aman dengan investasi semacam reksa dana? Aku sering lihat soal reksa dana di DuitPintar…jadi tertarik.

  • #5286

    Wa..

    kalo saya sih, rumah dulu deh..

    cari rumah yang murah dulu. karna masa punya mobil gk ada rumah, trus tidurnyaa gimana ? Hihihi

  • #5929

    kalo aku sih lebih milih punya rumah dulu daripada mobil

  • #6553

    pastinya memang ideal punya rumah dulu karena di zaman skrg kendaraan sudah banyak terbatu karna kehadiran transportasi online , namun kalo ada kemampuan beli mobil juga , suv 7 seaters yang murah dulu. juga cukup terkangkau harganya untuk masyarakat indonesia.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 2 pengguna terdaftar dan 194 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik