Topik ini mengandung 1 balasan, memiliki 2 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  diandra 2 tahun, 5 bulan yang lalu.

  • #4782

    Banyak sekali ya ide ide bisnis yang bisa kita kembangkan di thread thread forum duit pintar ini. Nah sebelum berbisnis ada 1 hal penting nih guys yang perlu diingat agar bisnisnya nanti gak amburadul kalo sudah punya pegawai banyak. Namanya Budaya Perusahaan. Apa itu Budaya Perusahaan? Secara singkat sih budaya perusahaan ini bisa kita sebut peraturan yang akan kita terapkan di perusahaan kita guys. Yuk di simak ūüėÄ

    1. Definisi Budaya Perusahaan

    Budaya perusahaan dibagi menjadi 2 suku kata yaitu budaya dan perusahaan. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jadi budaya itu semua bentuk yang menjadi hasil ciptaan manusia, semua hal yang menjadi kebijakan atau pegangan hidup bermasyarakat umat manusia, serta semua yang dirasakan oleh manusia, baik yang bersifat positif maupun negatif. Contoh budaya seperti sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

    Yang kedua adalah Perusahaan adalah unit terkecil rumah tangga ekonomi yang melakukan proses produksi riil atau jasa dengan motif profit, kepuasan bathin, yang dijalankan tunduk pada kaidah – kaidah ekonomi didalam sistemnya.

    Arti Budaya perusahaan itu sendiri adalah penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terikat bekerja dibawah naungan suatu perusahaan.

    1. Karakteristik Budaya Perusahaan

    Karakteristik budaya perusahaan terdapat 10. Berikut Karakteristik Budaya Perusahaan

    • Inisiatif Individu

    Inisiatif individu meliputi tanggung jawab, kebebasan, dan independensi dari masing-masing anggota organisasi, yaitu kewenangan dalam menjalankan tugas dan seberapa besar kebebasan dalam mengambil keputusan.

    • Toleransi terhadap resiko individu

    Toleransi terhadap resiko individu didorong untuk lebih agresif, inovatif, dan mampu dalam menghadapi resiko di dalam pekerjaannya.

    • Pengarahan

    Pengarahan yaitu kejelasan organisasi dalam menentukan sasaran dan harapan (kuantitas, kualitas, dan waktu penyelesaian) terhadap sumber daya manusia atas hasil kerjanya.

    • Integrasi

    Integrasi berorientasi pada bagaimana unit-unit di dalam organisasi didorong untuk menjalankan kegiatannya dalam satu koordinasi yang baik seperti seberapa jauh keterkaitan dan kerja sama di tekankan dan seberapa dalam rasa saling ketergantungan antar sumber daya manusia ditanamkan.

     

    • Dukungan Manajemen

    Dukungan manajemen memberikan komunikasi yang jelas, bantuan, dan dukungan terhadap bawahannya dalam melaksanakan tugas.

    • Pengawasan

    Pengawasan meliputi peraturan-peraturan dan supervise langsung yang digunakan oleh manajeman untuk melihat secara keseluruhan perilaku anggota organisasi.

    • Identitas

    Identitas adalah pemahaman anggota organisasi yang memihak kepada organisasinya secara penuh. Misalnya, seseorang anggota organisasi yang dibangunkan dari tidurnya dan ditanya siapa dirinya? Maka jika dia menjawab ‚Äúsaya adalah anggota organisasi X,‚ÄĚ berarti dia telah menjadikan organisasi tersebut sebagai bagian dari identitas dirinya.

    • Sistem Penghargaan atau imbalan

    Sistem penghargaan berbicara tentang alokasi ‚Äúreward‚ÄĚ (biasanya dikaitkan dengan kenaikan gaji dan promosi) sesuai kinerja karyawan.

    • Toleransi terhadap konflik

    Toleransi terhadap konflik meliputi adanya usaha mendorong karyawan untuk kritis terhadap konflik yang terjadi. Jika toleransinya tinggi, maka perdebatan dalam pertemuan adalah wajar. Tetapi jika perusahaan toleransi konfliknya rendah, maka karyawan akan menghindari perdebatan dan akan menggerutu di belakang.

    • Pola Komunikasi

    Pola komunikasi merupakan komunkasi yang terbatas pada hirarki formal dari setiap organisasi.

    1. Tujuan Budaya Perusahaan

    Tujuan utama dari budaya perusahaan adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatka produktivitas kerja untuk mengahadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Adapun tujuan lain dari budaya perusahaan adalah

    • Memberikan rasa memiliki identitas dan kebanggaan bagi karyawan, yaitu menciptakan perbedaan antara organisasi dengan yang lain
    • Budaya mempermudah terbentuknya komitmen dan pemikiran yang lebih kuat daripada kepentingan pribadi seseorang
    • Memperkuat standar perilaku organisasi dalam membangun pelayanan superior pada pelanggan
    • Menciptakan pola adaptasi
    • Membangun system kontrol organisasi secara menyeluruh

    Jika Budaya Perusahaan berjalan baik di perusahaan, maka berikut efek positif yang bisa dirasakan oleh perusahaan tersebut :

    1. Meningkatkan jiwa gotong royong
    2. Meningkatkan kebersamaan
    3. Saling terbuka satu sama lain
    4. Meningkatkan jiwa kekeluargaan
    5. Meningkatkan rasa kekeluargaan
    6. Membangun komunikasi yang lebih baik
    7. Meningkatkan produktivitas kerja
    8. Tanggap dengan perkembangan dunia luar

     

    1. Pengaruh Budaya Perusahaan terhadap Karyawan

    Adapun beberapa pengaruh Budaya Perusahaan kepada Karyawannya sebagai berikut :

    • Bertanggung Jawab

    Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan akan lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya yang dierikan kepadanya.

    • Disiplin waktu

    Karyawan akan lebih terdisiplin waktunya jika sebuah perusahaan menerapkan peraturan tentang jam masuk, kapan deadline sebuah projek dan lain lain.

    • Inisiatif akan ide ide baru

    Biasanya ide ide baru akan bermunculan ketika seseorang dihadapakan dengan masalah baru. Begitu juga seorang karyawan yang harus menyelesaikan masalah di kantornya dan dikejar oleh deadline. Otak akan berputar untuk mencari solusi solusi yang baru.

    • Belajar untuk Bekerja Secara Tim

    Seorang karyawan ketika masuk di sebuah perusahaan, mau tidak mau dia harus mampu untuk bekerja secara tim. Karena tidak mungkin dia akan berjalan sendiri, dia pasti membutuhkan bantuan dari divisi divisi lain.

     

    Nahh, berguna banget kan jika ada budaya perusahaan nanti di bisnis kita? Kesimpulannya, Budaya Perusahaan ini dapat dibentuk dan juga dapat berubah sewaktu waktu guys. Selain itu Budaya Perusahaan juga mengontrol setiap individu di perusahaan tersebut dari kepala hingga ke paling bawah sendiri. Jadi, sebuah perusahaan akan bergerak sesuai visi misi jika ada budaya perusahaan yang telah berjalan dengan baik. So buat temen temen yang sudah membuat bisnis maupun sudah berjalan bisnisnya, segerakan membentuk Budaya Perusahaan ya!

  • #4862

    Keren threadnya Rachmat! Mungkin next time bisa di break atau di sum up aja supaya temen-temen yg belum terlalu mudeng bacanya lebih enak ūüôā

    Budaya perusahaan buat saya pribadi penting banget, dan sayangnya sering disepelekan. Padahal kalo budaya perusahan melenceng, suatu perusahaan bisa jatuh karena satu persatu individu mulai gak nyaman atau gak peprform lagi ūüôĀ

    Kalo buat saya sih integrasi biasanya paling susah kalo kerja di perusahaan yang sedang berkembang. Perlahan-lahan tiap departemen mulai bekerja dengan visi & misi masing-masing dan melupakan goal utama perusahaan.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 6 pengguna terdaftar dan 363 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik