Topik ini mengandung 15 balasan, memiliki 8 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Pangeran19 2 tahun, 5 bulan yang lalu.

  • #3017
    Udah tau dong UMP Jakarta mau dinaikin?
    Buruh Ingin UMP Rp 3,8 Juta, Ahok Pastikan Ikuti Peraturan Pemerintah

    JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 78 tentang Pengupahan dalam menentukan upah minimum provinsi.

    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, peraturan tersebut menggunakan KHL (kebutuhan hidup layak) dan inflasi sebagai rumus menentukan UMP.

    “Kalau memang ikutin PP ya UMP yang ada ditambah inflasi ekonomi, ya sudah,” ujar Basuki atau Ahok di RPTRA Bhineka, Pesanggrahan, Kamis (13/10/2016).
    Para buruh sebelumnya mengaku sudah melakukan survei KHL sendiri. Jika benar demikian, kata Ahok, seharusnya nilai KHL di Jakarta justru lebih rendah. Hal ini karena sudah semakin banyak bahan pokok yang disubsidi oleh pemerintah.

    Misalnya seperti sarana transportasi bus transjakarta dan pasar perkulakan di Kramat Jati. Pada rapat pembahasan penentuan UMP DKI 2017 kemarin, unsur buruh mengusulkan UMP naik menjadi RP 3,8 juta.

    Acuannya adalah survei KHL yang mereka lakukan di tujuh pasar tradisional. Sementara itu, unsur pengusaha menginginkan agar UMP DKI 2017 sebesar RP 3,3 juta dengan mengacu pada PP No 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

    Ahok pun berpendapat protes dari buruh adalah hal yang biasa. Ahok menceritakan kejadian ketika UMP DKI 2013 ditentukan. Ketika itu pengusaha marah dengan Pemprov DKI karena menaikkan UMP hingga 4,5 kali lipat.

    Ahok mengatakan, hal ini karena tidak ada penyesuaian KHL selama 4 tahun. Pada tahun 2014, kenaikan UMP tidak banyak. Hal ini karena KHL pada tahun itu juga tidak naik dalam nilai yang besar. Ketika itu, giliran buruh yang marah ke Pemprov DKI.

    “Naiknya sedikit, marah-marah buruh, pada bawa keranda, bilang raja tega, raja upah murah, macam-macam,” ujar Ahok.

    “Tahun 2015 (buruh) ribut lagi, pokoknya buruh tiap tahun ya ribut. Tapi pokoknya kita sepakat pakai rumus (KHL) itu,” ujar Ahok.

    Gw pribadi beruntung ya penghasilan di atas UMP. tapi itu aja rasanya masih engap-engapan buat hidup di ibukota (itu aja sebenernya rumah gw di bogor). nah yang gw penasaran…

    1. UMP 3.4 vs 3.8 juta udah ideal belom sih?
    2. Menurut kalian berapa sih jumlah duit minimum yang dibutuhkan kalo buat yang single? buat yang berkeluarga?
    3. Kesejahteraan kalian di tempat kerja gimana? udah puas belom?

    Ditunggu komennya ya.

  • #3024

    Menurut gw mau berapapun jumlah upah buruh pasti kedepannya bakal dituntut naik lagi. Lah wong yang sekarang aja kalo lagi demo pada naek motor mahal macem kawasaki >.<

    • #3029

      Pitonular37 emang buruhnya pada ada2 juga sih demo pake moge begitu. Padahal sebetulnya bener sih, kalo menurut aku UMP sekarang masih ngepas banget untuk kehidupan yang betul2 layak. Aku masih single, tinggal sama orang tua, gaji di atas UMP aja duitnya abis buat diongkos sama di jalan.

  • #3050

    ga ngaruh gan. ane juga tetep aja gajinya di bawah umr

    • #3058

      @hore000 kok bisa gitu ya? emang gak ada peraturan pemerintahnya

    • #3066

      peraturan pemerintahnya ya ada, ane di jakarta, tapi ga tau deh kenyataannya ane dibayarnya segitu. taulah, ane pasrah aja 🙁

    • #3088

      @hore000 kalau yang seperti itu tempat kerjanya bisa dapat sanksi hukum loh. dilaporin aja.

    • #3117

      @masterumb33 laporin ke mana gan?

  • #3070

    bahh pemerintah mah gak bisa diharapin

  • #3086

    pemerintah memang ga sempurna, tapi menjelek2an mereka pun juga ga memperbaiki keadaan. angka 3.8 juta itu buat saya rasanya ngepas banget ya untuk dapat hidup layak. gimana dengan yang berkeluarga? memang pendidikan gratis sekarang sudah lebih digalakkan..tapi kualitas pendidikannya gimana? di luar menaikkan UMP, menurut saya ada banyak inisiasi lain yang musti dilakukan pemerintah demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  • #3109

    apa kabar yg di daerah ya?

  • #3118

    @Pangeran19 penetapan UMP semua daerah kan serentak 1 November nanti. Tapi di Jakarta aja kayaknya yg ribut2.

  • #3128

    Untuk @hore000 dan temen2 lain yang gajinya di bawah UMP, bisa coba lapor ke https://www.lapor.go.id

    Gw liat udah banyak kok yang lapor ke sana dan rata2 ditindaklanjuti.

  • #3135

    Udah ditetapkan nih sama Pak Ahok, jadinya Rp 3.355.750 bukan 3,8 juta. Pemprov DKI memutuskan untuk ga ngikutin rekomendasi buruh tapi ikut rekomendasi pengusaha & pemerintah.

    http://megapolitan.kompas.com/read/2016/10/27/19344221/ahok.teken.ump.dki.2017.rp.3.3.juta

     

  • #3341

    Masih belom selesai nih urusannya ….

    http://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/21/13384811/buruh.demo.tuntut.ump.dki.rp.3.8.juta.ancam.duduki.balai.kota

    Massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/11/2016). Dalam aksinya, mereka menuntut agar upah minimum provinsi (UMP) 2017 direvisi dari Rp 3,3 juta menjadi Rp 3,8 juta.

    “Upah di Gresik bisa berubah menjadi Rp 3,6 juta setelah buruh bermalam di Gedung Balai Kota. Teman-teman siap bermalam di Balai Kota? Siap bertahan kawan-kawan?” kata pemimpin unjuk rasa dalam orasinya.

    Menurut kalian gimana?

    • #3361

      kayaknya lagi musim demo memaksakan kehendak bro hahaha

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1 pengguna terdaftar dan 167 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik