Topik ini mengandung 1 balasan, memiliki 2 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Alibabi Alibaba 2 tahun, 2 bulan yang lalu.

  • #6177

    Sewa apartemen itu menyenangkan. Tapi banyak sekali yang Anda butuhkan ketika tinggal di apartemen. Anda perlu menyeimbangkan anggaran baik untuk perabot, biaya hidup, serta kebutuhan lainnya. Berikut ini beberapa tips menghemat uang agar Anda tetap nyaman ketika tinggal di apartemen.

    Terapkan aturan 50-30-20

    Aturan 50-30-20 berarti, tidak lebih dari 50 persen dari pemasukan bersih Anda untuk membayar kewajiban, dalam hal ini membayar sewa apartemen. Sebesar 30 persen dialokasikan untuk memenuhi keinginan Anda, dan 20 persen sisanya untuk tabungan. Anda bisa gunakan sistem transfer otomatis dari rekening tabungan untuk membayar kewajiban, dan menyimpan 10 sampai 20 persen sisa pemasukan tiap bulan.

    Masak makanan sendiri

    Makanan bisa jadi pengeluaran terbesar bila Anda tidak berhati-hati. Banyak orang sering makan di luar dan akhirnya kehabisan uang di akhir bulan. Tapi Anda bisa makan dengan baik tanpa mengeluarkan banyak uang bila tahu caranya. Anda bisa menyeduh kopi sendiri dan buat sarapan atau makan malam sendiri dengan membeli beberapa alat masak sederhana. Coba lakukan ini selama sebulan dan lihat berapa banyak uang yang bisa Anda hemat.

    Gunakan perabot bekas layak pakai

    Anda bisa menghemat banyak uang bila membeli perabot bekas atau menerimanya gratis dari teman. Anda bisa posting di Facebook kalau sedang mencari sofa bekas yang masih layak pakai, dan kemungkinan besar ada orang yang dengan senang hati memberikannya.

    Cari pendapatan sampingan

    Cari cara agar Anda bisa memperoleh lebih banyak uang. Coba lakukan pekerjaan paruh waktu, buat kerajinan dari barang bekas, jual kue di bazar, atau jadi sopir taksi online. Tiap kali Anda ingin menghabiskan uang, pikirkan bagaimana jerih payah Anda memperolehnya.

    Laundry

    Ada cara untuk menghemat biaya laundry sekaligus membuat pakaian jadi lebih awet. Sebelum memutuskan membawa pakaian kotor ke laundry, tentukan seberapa  kotor pakaian Anda. Tidak semua pakaian perlu di-laundry setelah tiap kali pakai. Bila Anda hanya seharian di rumah menonton TV, seberapa kotor pakaian yang Anda kenakan? Kemungkinan tidak terlalu kotor. Beberapa pakaian perlu dicuci setelah tiap kali digunakan tapi tidak semuanya, jeans salah satunya.

    Berikut beberapa tips lain yang bisa membantu Anda menata keuangan ketika tinggal di apartemen:

    • Ketahui pemasukan bersih tiap bulan untuk tahu berapa banyak uang yang Anda terima dalam satu bulan. Jumlahkan gaji dan tips yang Anda terima. Tambahkan bunga atau pemasukan lainnya.
    • Jumlahkan total pengeluaran dalam satu bulan. Termasuk membayar pinjaman, biaya internet, asuransi, serta kartu kredit. Ini adalah pengeluaran tiap bulan yang tidak berubah. Tambahkan jumlah uang sewa apartemen yang Anda harus bayar.
    • Perkirakan variabel pengeluaran tiap bulan. Ini berupa pengeluaran yang biasanya berubah tiap bulan. Misalnya, biaya air dan pendingin ruangan, ada juga biaya ke dokter yang bisa berubah tiap bulannya.
    • Anggarkan jumlah uang untuk pengeluaran seperti makanan, hiburan, pakaian, serta hal insidental.
    • Tambahkan semua pengeluaran untuk mendapat total jumlah pengeluaran setiap bulan.
    • Bandingkan pemasukan dan pengeluaran Anda. Agar aman, pengeluaran Anda harus setidaknya kurang dari 10 persen dari pemasukan. Bila pemasukan dan pengeluaran tidak sesuai dengan jarak margin yang besar, lakukan pemangkasan biaya. Perhatikan lagi variabel pengeluaran dan kurangi yang tidak terlalu penting, seperti biaya hiburan atau pakaian.
  • #6182

    oh gitu ya bagus juga ya, harga emas hari ini juga lagi bagus

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 5 pengguna terdaftar dan 265 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik