Topik ini mengandung 6 balasan, memiliki 4 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  DuitPintar 2 bulan yang lalu.

  • #5595

    Hai Forumers DuitPintar!

    DuitPintar udah seriing banget membahas soal cara mengatur gaji via artikel di Blog DuitPintar. Dari cara mengatur gaji UMR, cara mengatur gaji Rp 5 juta, sampai cara mengatur gaji supaya bisa investasi atau beli rumah.
    Tapi tiap orang berbeda dan punya tujuan keuangannya masing-masing. Ada yang prioritasnya membeli rumah, ada yang buat menyekolahkan anak setinggi mungkin, ada yang mengutamakan membahagiakan orang tua, ada juga yang mau memuaskan hobi traveling dulu selagi belum menikah.
    Nah dari situ, ayo kita berdiskusi:
    1. Dari pengalaman kamu, apa sih yang paling sulit dalam mengatur budget?

    2. Kalau sudah berkeluarga, gimana cara kamu mengatur gaji UMR (jangan lupa sebutkan di mana kamu tinggal ya)

    3. Apakah kamu sudah berhasil menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi?

    4. Budget apa yang menurut kalian paling sering bengkak?

    5. Punya pertanyaan atau opini lain soal cara mengatur gaji? Langsung share aja ya di sini!

    Yuk diskusikan semua soal cara mengatur gaji terbaik di sini! Tapi diskusikan secara cerdas dan sehat ya, tanpa kata-kata kasar, tanpa SARA dan tentunya didukung dengan info-info faktual. Supaya kita semua jadi #SayaDuitPintar

    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

    • Topik ini telah dimodifikasi 3 bulan yang lalu oleh  DuitPintar.
    • Topik ini telah dimodifikasi 3 bulan yang lalu oleh  DuitPintar.
    • Topik ini telah dimodifikasi 3 bulan yang lalu oleh  DuitPintar.
    • Topik ini telah dimodifikasi 3 bulan yang lalu oleh  DuitPintar.
  • #5600

    Biasa lah!.. Sebagai seorang yang hobi travelling pastinya kita suka potong budget yang memang sudah kita khususkan untuk aktifitas atau kebutuhan lainnya. Hal yang sering susah diatur dari management keuangan itu adalah menahan diri kita untuk tidak mengambil uang dari tabungan yang lainnya….

    Contohnya ketika saya pergi ke Bali dulu, saya suka disibukkan dengan perjalanan misterius.

    Seperti apa itu perjalanan misterius?

    Jadi ketika melakukan perjalanan ke BAli dan kita tahu Bali itu dekat dengan Lombok… Dan ketika itu budget hanya untuk perjalanan ke Bali saja… Karena saya berfikir dari pada balik lagi ke Lombok yang sudah tahu Lebih dekat ke Bali, mending sekalian saya ke lombok dengn tamahan budget yang tidak lebih banyak jika kita melakukan perjalanan dari Jakarta. Akhirnya jalan juga deh ke Lombok. dan otomatis Budget kepotong lagi deh …

    Dan hal yang seperti itu saya sulit untuk mengatur keuangan kalo lagi traveling…

    Gimana sih caranya biar kita itu tetap fokus sama perjalanan yang pertama tanpa menghiraukan budget untuk perjalanan ke Kawasan lainnya…

    • #5601

      Mmm, artadhitive, asalkan keuangan masih aman, kalo saya sih oke-oke aja tuh sama “perjalanan misterius” kamu.
      Saya juga doyannya jalan-jalan. Kalau misalkan saya tahu, saya gak bakal ke Bali lagi dalam waktu dekat..ketimbang buang duit 2x buat tiket, ya mendingan langsung nyebrang ke Lombok.

      Di sisi lain, saya kalo bikin budget tuh tahunan… Jadi income sekian xx rupiah, sekian persennya buat budget traveling selama 1 tahun itu. Jadi kalo budget 1 kali jalan jebol, ya berarti next time budget jalan-jalannya berkurang. 🙂 Asalkan jangan malah mengorbankan budget yang penting, kayak dana masa depan dll

  • #5602
    1. Dari pengalaman kamu, apa sih yang paling sulit dalam mengatur budget?

      Mengelola dana tak terduga…tapi jadinya sih saya kelola 90% -> dibudgetin untuk pos ini-itu, 10% buat dana tak terduga. Kalau di akhir bulan masih aman, baru deh dipake…hehehe

    2. Kalau sudah berkeluarga, gimana cara kamu mengatur gaji UMR (jangan lupa sebutkan di mana kamu tinggal ya)

      Saya gak bisa bayangin berkeluarga dengan gaji UMR kalau di ibukota…Rasanya perlu penghasilan tambahan deh. Dan musti ngotot harus ada penghasilan tambahan, kalau enggak standar hidupnya di situ-situ aja.

    3. Apakah kamu sudah berhasil menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi?

      Lumayan, walaupun gak sesuai target, hehehe.

    4. Budget apa yang menurut kalian paling sering bengkak?

      Hiburan: jalan-jalan, dan hal-hal kecil…(kalau buat cewek) kayak nyalon atau pijat. Bilangnya selalu “Bulan ini bakaln hemat” tapi kalau lagi stress, jadi gampang banget jebol tuh budgetnya. Ngakalinnya? Nyicil perlengkapan buat nyalon sendiri di rumah, dan belajar relaksasi, jadi kalo stress bawaannya gak keluar duit. Cari yang gratis-gratis aja.

    5. Punya pertanyaan atau opini lain soal cara mengatur gaji? Langsung share aja ya di sini!

      Pertanyaan saya bukan soal cara mengatur gaji, tapi saya lagi ide cari penghasilan tambahan. Masalahnya rasanya waktu tuh gak cukup-cukup…mmm…

  • #5669

    Belom bisa mengatur budget gaji , Karna saya sudah berumah tangga ada aja yg perlu di keluarkan , dan saya pingin mengatur itu semua . Trima kasih

    • #5743

      Halo Dhe Setiawan,

      Kamu sudah mencoba mencatat pengeluaran tiap bulan belum? Sebelum memulai bikin budget, penting banget melakukan hal ini, agar pengeluaran bisa dianalisa, dan pembuatan budget bisa lebih tepat sasaran.


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #5800

    Hai Forumers DuitPintar!

    Melanjutkan pembicaraan sebelumnya, kali ini Tim DuitPintar ingin berbagi beberapa trik dan cara mengatur gaji supaya cukup hingga akhir bulan, alias gak numpang lewat aja.

    1. Catat dulu semua pengeluaran 

    Pasti teman-teman udah sering dengar yang ini. Tapi udah dilakuin belum? Kenapa ini penting? Ini supaya kamu tahu, pengeluaran terbesar kamu apa, kapan dan bagaimana, jadi kamu bisa punya taktik untuk menekan pengeluaran tersebut dan gaji kamu bisa bertahan hingga akhir bulan.

    2. Bikin budget

    Yang jelas ini sih kalau sudah tahu estimasi pengeluaranmu. Kalau enggak, berarti asal tebak dong! Kalau mau lebih detail, kamu juga bisa jadwalkan pengeluaran…misalnya minggu pertama adalah minggu di mana kamu membayar semua tagihan, termasuk beli pulsa dll.

    3. Utamakan lunasi utang 

    Salah satu faktor yang bikin gaji gak bertahan hingga akhir bulan tentunya adalah kebanyakan utang! Jadi baiknya kamu utamakan dulu lunasi utang, dari yang bunganya paling besar (kalau ada bunga, misalnya seperti KTA).

    Perlu dicatat, para perencana keuangan menyarankan agar besar utang gak lebih besar dari 25-30% penghasiln per bulan. Jadi meskipun bank bisa ngasih utang dengan angsuran hingga 40% penghasilan per bulan, jangan langsung tergiur. Pikirkan juga prioritas keuanganmu.

    4. Ubah kebiasaan satu persatu

    Misalnya kamu merasa pengeluaran makanan kamu besar, pengeluaran listrik besar dan transportasi besar juga. Gak perlu dalam sebulan diubah semua.

    Misalnya untuk bulan pertama kamu fokus menekan pengeluaran untuk makanan dengan lebih banyak masak di rumah dan cari resep-resep murah. Lalu kopi pun dibawa dari rumah.

    Bulan depannya kamu mulai lebih hati-hati dengan penggunaan listrik. Mencabut kabel yang gak dibutuhkan. Dengan mengubah kebiasaan satu persatu, kemungkinan kamu untuk tetap disiplin dengan kebiasaan tersebut jadi lebih tinggi.

    5. Pastikan kamu punya asuransi kesehatan

    Bukan berarti asuransi lainnya gak penting ya, tapi kalau bicara bulan ke bulan, tanpa asuransi kesehatan, kamu punya risiko keluar duit gede banget setiap kali sakit dikit! Minimal, manfaatkan BPJS Kesehatan. Toh memang wajib kan sifatnya?

    Nah itu dia beberapa tips agar keuangan kamu tetap  kokoh hingga gajian selanjutnya. Jelas masih banyak lagi hal yang bisa dibahas mengenai ini.

    Tapi tenang, gak semuanya harus kamu pelajari hari ini kok. Ngelangkahnya satu persatu aja, yang penting maju terus. Iya gak?

    Jangan lupa tinggalkan pertanyaan dan tanggapan kamu di komentar ya. Tim DuitPintar dan para forumers akan menjawab dengan senang hati. Yuk diskusi untuk memajukan keuangan dan jadi #SayaDuitPintar!


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 14 pengguna terdaftar dan 146 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik