Topik ini mengandung 6 balasan, memiliki 7 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  ayanafara 1 bulan, 2 minggu yang lalu.

  • #2996

    Berhubung gw sekarang freelance, saya ngerti keluhan orang banyak: susah ngatur keuangan kalo penghasilan ga tetap. Mmm, tapi kalo menurut gw sih, tetap ga tetap, nabung tetep harus jalan ya. hal ini juga berlaku bagi buruh harian, pengusaha kecil, dll. Jangan abaikan menabung, sesulit apapun. Kenapa? Kalau kalian kerja freelance, kalian pasti tahu kekurangan yg ga kalian dapet dibanding temen2 yang kerja full-time: BPJS, asuransi, tunjangan, dll.

    Nah, dari riset gw ada beberapa hal yang mau gw share nih mengenai:
    1. Emergency Savings a.k.a tabungan darurat. Hidup freelancer lebih ga terduga dibanding yg kerja full time, kadang ada job, kadang engga, jadi kita perlu simpanan ekstra. Kita bisa buka tabungan terpisah dengan kartu yang ga diutak-atik dipake ini-itu. Sisihkan sejumlah uang dari awal bulan – kalau bisa jumlah yang tetap setiap bulannya. Idealnya, untuk amannya, jumlah yang ada dalam tabungan darurat itu setara dengan pengeluaran/biaya hidup untuk 3-6 bulan.

     

    2. Biaya Tidak Terduga buat yang lebih kecil-kecil. Kita perlu punya simpanan sendiri untuk pengeluaran2 kecil/tidak terduga, misalnya biaya benerin genteng bocor, biaya perbaikan motor, dll. Coba sisihin misalnya 100 ribu tiap bulan untuk masuk ke simpanan yang ini.

     

    3. Pensiun. kita2 yang kerja freelance juga perlu mikirin tentang pensiun nanti dong, masa mau kerja seumur hidup. Menurut gw sebaiknya kita nyisihin sebagian dari pendapatan untuk dana pensiun. Gw sendiri nyisihin antara 10-20% dari pendapatan gw.

     

    4. Utang. Utang emang wajib hukumnya dilunasin, tapi kalau melunasi hutang dengan pendapatan yang ga tetap, kita tetep perlu prioritasin untuk nyisihin uang ke emergency saving. Kalau punya utang emang rasanya ga enak, dan gw juga pengennnya kalau dapet uang langsung disalurin untuk bayar utang, tapi inget, uang yg udah dipake bayar utang ga bisa kita tarik lagi. Tetep sisihin uang untuk tabungan kita, sambil bayar utang itu.

     

    5. Biaya senang2. Freelancer biasanya suka khawatir mikirin biaya untuk senang2 karena penghasilannya ga tetap. Mikirin nabung aja ribet, gimana untuk hura2 atau liburan? Kalo gw sendiri, gw bikin tabungan sendiri lagi buat “biaya senang2”. Jadi misalnya buat liburan, dsb, gw udah punya dana sendiri, dan pas make dana itu gw ga ngerasa bersalah atau cemas, karena emang udah dialokasikan khusus untuk itu.

     

    Ya, itu aja sih yang mau gw share di sini, intinya nabung itu emang penting buat semua orang, tapi jadi jauh lebih penting lagi buat kita yang penghasilannya ga tetap. Moga-moga sharingan gw berguna deh buat yang kerja freelance juga seperti gw. Yang mau share juga tips2nya untuk para freelancer silakan lho…ayo dikomen 😀

  • #3005

    ane aja dengan gaji tetap suka bingung ngatur keuangan, ga kebayang deh kalo penghasilannya ga tetap, bisa stress kale

    • #3074

      Ga perlu stress, keuangan, besar kecil, tetap ga tetap, semuanya kan bisa diatur. Bagus tuh tipsnya joyfulnitz.

  • #3283

    bagi yang penghasilanya gak tetap mungkin akan sangat berasa kalau nabung pake celengan…tiap ada uang 20 ribu. sisihin. Rokok dikurangin, terus setengah uang rokok masuk celengan. Tiap bulan dikumpulin terus masukin tabungan. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit

  • #3423

    Sy jg seorg freelance, tp ada tmn kenalkan cara nabung pintar pd sy, dgn menabung sy bs dptkan proteksi asuransi jiwa dan peluang bs menabung gratis, alias nabung gk pake uang sendiri, tetapi dr bonus yg sy dptkan dr mengajak tmn ikut menabung, bahkan bs menjadi penghasilan tambahan, awalnya sy gk percaya, tetapi stlh sy jalani 2 bulan, skrg sy sdh bs nabung gratis dr bonus yg sy dptkan, skrg tinggal ajak tmn lbh bnyk lg utk menabung, maka kedepannya, sy sdh dpt penghasilan tambahan, mgkn tmn2 disini pasti gk percaya begitu saja apa yg sy sampaikan disini.

    Silahkan hubungi

    HP/WA: 082353145114

    Nama: Vitaruddin

    Sy akan tunjukkan buktinya bonus yg sy dptkan bs utk nabung gratis.

  • #5710

    cara cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan https://www.finansialku.com/cara-mengecek-saldo-jht-bpjs-ketenagakerjaan/

  • #5926

    wah gitu ya. thanks infonya bermanfaat banget..

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 18 pengguna terdaftar dan 186 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik