Topik ini mengandung 4 balasan, memiliki 5 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  kelor77 3 tahun, 2 bulan yang lalu.

  • #2580

    Guys, gw kembali pengen share pemikiran gw aja nih…gw terpikir hal ini sejak dicurhatin seorang teman SMA yang merasa posisinya gak naik2. Tadinya gw mau post di blog gw, tapi gw coba di sini dulu. Kritik dan saran langsung dilontarkan aja. Semoga bermanfaat 🙂

    Pengen Naik Jabatan? Tunjukkin Dulu Dong Kalo Kamu Emang Kompeten!

    by JeJe

    Siapa sih yang gak pengen lebih dihargai di tempat kerja? Apalagi sampe dikasih naik gaji dan jabatan. Hal tersebut kemang bukan hal paling mudah untuk dicapai, tapi bukannya gak mungkin! Selama beberapa tahun terakhir saya riset dan belajar banyak soal hal ini, so saya mau share aja.

    Eh sebelumnya, ini bukan soal caranya cari muka atau ngejilat buat naik jabatan loh. Kalo yang satu itu, kamu gak perlu susah-susah baca artikel ini. Silakan dateng pagi pulang malem, belaga kerja sibuk, bawa snack yang banyak ke kantor buat nyogok teman-teman sekantor, dan gosipin saingan kamu supaya dipecat.

    Apa goalnya?

    Di balik “naik jabatan” goal sesungguhnya adalah membangun kompetensi dan kelihaian dibidang kerja kamu. Naik jabatan, naik gaji dan dipuji di tempat kerja…itu semua sih cuma bonus! Dengan menjadi betul-betul kompeten alias ahli dibidangmu, kualitasmu bakalan terlihat. Tapi gak hanya itu aja, kita juga musti tahu cara “menunjukkan” keahlian kita.

    Ibaratkan aja kamu seorang designer grafis yang ahli. Latihan terus-terusan. Punya banyak ide yang bagus. Tapi tias kali meeting, ga persah tunjukin ide-idemu. Lah gimana mau kepake dong keahliannya? Gimana bisa ketahuan sama orang lain? Gimana bisa dihargai?

    Nah supaya bisa membangun keahlian + reputasi bahwa kamu memang ahli ada 7 langkah nah yang bisa dijajal:

    1. Tunjukkan kalau kamu memang kompeten!

    Ini bisa dilakukan dengan menunjukkan kompetensi dan pencapaianmu dalam pendidikan formal. Kalau saya prefer trash di linkedin aja dan profile media sosial. Kebetulan, saya sendiri gak punya banyak gelar, tapi saya tonjolkan pengalaman + training yang saya punya, serta link berbagai hasil kerja saya!

    2. Jaga kredibilitas!

    Poin yang satu ini makin sulit diterapkan dengan berkembangnya sosmed. Ada apa-apa sedikit, bawaannya pengen langsung komen aja. Iya gak? Tapi ya, hati-hati lah. Komentar-komentar kecilmu mengenai suatu subyek baik yang berkaitan secara langsung maupun tidak ke pekerjaanmu bisa bikin kredibilitasmu merosot kalau ga hati-hati. Bayangin deh kalau kamu punya posisi manajer terus kamu langsung komentar lebay tentang suatu berita hoax yang kebetulan satu industri dengan kerjaanmu. Pengen nyebur ke laut ga sih rasanya?

    3. Tetap percaya diri di saat ada masalah

    Siapapun kita, apapun posisi kita, kepemimpinan adalah kualitas yang selalu dicari dalam diri setiap orang dan percaya diri adalah salah satu elemen terpenting. Jangan menye-menye ketika ada masalah. Kita musti cari solusi, bukan mengeluh. Kalau gak bisa ketemu solusinya? Cari bantuan! Gak perlu malu. Justru yang malu bertanya itu lah yang sesat di jalan. Ya gak?

    4. Stay up-to-date doonggss!

    Kalo kerjaan kamu marketing sepeda motor, ya musti tahu dong trend sepeda motor sekarang apa aja. Orang-orang sukanya apa. Berapa harga pasaran sekarang. Sesuaikan informasi yang kamu serap dengan bidang pekerjaanmu. Gak perlu juga kok tau semua-semuanya. Gak hanya informasi, jangan lupakan juga untuk selalu menyimpan nomor kontak orang-orang yang penting dalam pekerjaanmu.

    5. Dengar dan hargai apa yang dikatakan orang lain!

    Bukan mentang-mentang mau kelihatan ahli terus kita berhenti mendengarkan apa yang dibilang orang lain loh. Ini kesalahan fatal. Gak hanya kita jadi kehilangan kesempatan untuk belajar dari orang yang (mungkin) tahu lebih banyak dari kita, kemungkinan besar orang yang kita ajak ngomong bakalan males dengerin kita ngomong. Bukannya reputasi kita jadi bagus, kita malah bikin dia ilfeel.

    6. Jangan pernah bikin orang lain merasa rendah dengan kemampuan mereka!

    Meskipun kamu memang lebih bener, atau lebih pinter, biking orang lain minder itu gak ada baiknya. Itu cuma bikini kamu kelihatan seperti seorang bully amatir…dan anak kecil. Ini bukan sekolah dasar masbro. Jadi santai aja! Kolega yang baik itu saling mengayomi, saling mengajar dan melindungi.

    7. Bagi pengetahuanmu!

    Sekedar berbagi informasi ketika lagi sebats dan ngopi dengan kolega atau teman-teman teindustri, berbagi tips, saling bertanya diskusi…gak hanya kamu bakalan lebih disukai, kamu juga bisa saling membangun kompetensi bersama teman-teman sekerja. Semuanya jadi sama-sama maju. Asyik kan? So jangan pelit-pelit sama pengetahuan. Cuma hati-hati aja, ya. Kalo teman kamu itu kompetitor jangan sampai kamu bocorin hal-hal yang sensitif buat perusahaan atau buat diri kamu sendiri. Be nice but be smart!

    Nah kalau menurut kalian gimana? Apa kalian punya tips-tips sendiri? Apa aja sih harapan dan keinginan kalian? Apa kalian sudah puas dengan posisi kalian sekarang?

    Ditunggu share-nya ya guysss..

  • #2584

    Harapan gue ya biar cepet naik gajilah. Capek juga gue ngepasin kebutuhan dengan penghasilan yang sekarang ini, walaupun sebenernya ga kecil2 amat sih, tapi kalo bisa naik bakal ngebantu banget. Gue rasa intinya ya harus terus semangat, mengembangkan diri, dan proaktif. Kayaknya gue udah ada sinyal2 positif ke arah kenaikan gaji nih…:) doain aja deh.

  • #2590

    Mau coba share juga, tips naik gaji/naik jabatan. Coba bikin si bos mikirin nasib kita, bukan sibuk dengan pekerjaannya aja. Jadi mungkin bisa dibilang kayak PDKT ke bos, coba cari apa pekerjaannya yang bisa kita bantuin, tapi ga usah berlebihan atau maksa. Dengan ngebantuin bos kita (dan tentunya tetep ngerjain pekerjaan utama kita sebaik mungkin), mungkin beliau jadi ada waktu dan terbuka matanya untuk menilai pekerjaan kita itu dan ngasih promosi/kenaikan gaji.

  • #2594

    Perasaan ane udah selalu percaya diri, proaktif, semangat, tapi kok ga naik2 ya gaji ane?

  • #2596

    Untungnya ane jalanin usaha sendiri, jadi ga pake nungguin naik gaji atau naik pangkat segala. Tapi ada tuh temen ane yg udah bertaun-taun mentok ga naik jabatan, ane aja udah ampe bosen denger dia ngeluh mulu… Ntar ane suruh baca deh, moga2 dapet pencerahan.

    @Hore000 ane rasa sih masalahnya ente over-confident bro, malah bikin bos kesel wkwkwkwk.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 26 pengguna terdaftar dan 674 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik