Topik ini mengandung 15 balasan, memiliki 11 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Us_Man 2 tahun, 7 bulan yang lalu.

  • #2147

    Hi all. Balik lagi niiih. So beberapa bulan lalu aku bikin thread nanya soal kartu kredit mana yang bagus buat pemegang kartu kredit pertama:

    Hidden Content

    Nah sekarang, aku mau share aja nih. Pertama kali dapet kartu kredit aku emang langsung dapet bank besar B*A yang ada di mana2 itu loh… dan emang rame diskon di mana2. Jujur sih berhubung belum 2 bulan pegang, aku belum coba banyak fitur2nya. Tapi udah sering gesek, sana-sini, khususnya di tempat2 yang diskon dan ngasih poin rewards.

    Pertanyaanku:
    1. Pake kartu kredit tuh rasanya lebih gampang banget keluar duit ketimbang pake cash!! Niiih baru pertengahan bulan rasanya kok aku udah keluar duit banyak banget ya (belum ngitung bener2 sih). Tapi kalo ngeliat belanjaan yang numpuk di kamar sih kayaknya aku boros. Pada ngerasain hal yang sama gak sih suhu2? Terus gimana cara ngontrol pengeluarannya pake kartu kredit? Kalo debit/cash kan berasa…langsung ketahuan. Secara tinggal liat isi dompet atau cek saldo aja pake m-banking.
    2. Poin rewards tuh beneran ngaruh gak sih buat berhemat?? Musti spend berapa banyak dulu sampe berasa? Limitku kecil banget, dan kata teman2 B*A ini susah naik limit.
    3. Kalo dari pengalaman suhu2 apa bener sih lebih bagus pake cash ketimbang kartu kredit kalau mau ngirit? Aku kadang suka baca2 artikel, ada yang bilang kartu kredit bikin lebih hemat, banyak juga yang merasa susah dikontrol. Bicara teori sih gampang ya, tapi aku pengen tau pengalaman semuanya gmn.

    Thanks b4!!

  • #2151

    Humm, saya sering banget nih denger perdebatan soal ini 🙂 Tepatnya soal “tagihan kartu kredit gue bengkak, apa gue tutup aja ya?”

    1. Sebenernya kalo soal cek limit sih kamu kan juga bisa pake klikB** atau SMS banking? Tapi emang betul sih ada faktor lebih gampang keluar duit karena tinggal gesek (banyak tuh risetnya di majalah2). Cuma personally kalo menurut saya sih itu balik ke kamu lagi ya.. Emang musti ditanamin betul di kepala untuk selalu aware soal pengeluaran kamu dengan kartu kredit.

    2. Yap. Buat si B*A ini dulu saya rajin banget pake buat belanja bulanan. Sekarang emang udah punya CC lain yang khusus supermarket jadi udah ga saya pake lagi. Tp lumayan bgt dulu belanja pake CC itu terus2an (buat belanja dan buat beli ini itu untuk bisnis juga) dan sebulan sekali dipake buat belanja bulanan di Carrefour. Tapi itu balik lagi ke berapa pengeluaran kamu sebulan. Kalo kayak kamu bilang limitnya kecil dan spending kamu gak besar2 amat (misalnya belum punya keluarga), gak ngaruh2 banget. Jangan ngejar poin rewards, yang ada kamu malah boros.

    3. Lebih irit?? Menurut saya, bisa aja kalo emang pengeluaran kamu jumlahnya cukup signifikan, dan cc itu nyediain banyak diskon untuk merchant2 tempat kamu biasa keluar duit (misalnya, ya buat belanja bulanan, atau tiket pesawat tertentu, dll). Tapi kalo buat pengeluaran sehari2 aja, enggak juga. Itu lebih buat kemudahaan transaksi aja. Lebih irit, mungkin sedikit, tapi gak signifikan. Kalo kamu malah jadi susah kontrol diri dengan kartu kredit mendingan kartu kreditnya baru dikeluarin kalo perlu aja.

    Tips tambahan!! Kayaknya kamu musti mulai nyatet pengeluaran deh 🙂

  • #2153

    Mana yang lebih bagus buat berhemat?? Dari pengalaman pribadi, cash. Tapi kartu kredit itu handy, buat berbagai keperluan. Secara psikologis gw akuin emang berasa banget deh pake cash itu lebih ngirit. Khususnya kalo baru tarik duit dari atm ya. Biasanya gue sengaja cari yang pecahan 100ribuan.

    Ngeliat lembaran merah masih fresh gitu rasanya sayaang banget pakenya. Jadi gw hemat2.. (iya gak sih?) So kalo lagi niat ngirit biasanya gw tarik cash terus gw budgetn. Misalnya uang 2 jt gw pake buat xx hari terus gak gw tarik2 lagi. (dan kartu kredit gw simpen di tas aja).

    Cuma teteeuupp, kalo pinter cari diskonan dan mantengin promo2 lumayan banget deh punya cadangan kartu kredit beberapa bank. Jadi tiap promo langsung deh keluarin tuh kartu kredit.

  • #2155

    @Veronique thanks mak buat sarannya. emang bener sih yaa mau pake cash atau kartu kredit pengeluaran tetep musti dipantau. Tadinya aku mikir pake kartu kredit bakalan lebih hemat karena banyak diskonan, terus cicilan 0%, rewards, dll. Tapi itu relatif juga ya..apalagi aku juga masih single jadi pengeluarannya emang (harusnya) belum banyak

    @joyfulnitz emang aku juga ngerasa kayak gitu!! Klo ngelat lembaran duit yang baru dari atm biasanya sayang ngeluarinnya.

  • #2157

    Gw paham banget perasaan lo @Blanjaa!! Makanya gw mau tutup 1 kartu kredit gw. Tapi mungkin kalo CC cuma satu gak terlalu berasa. Syukur limit kamu kecil, jadi kemungkinan overspendnya juga kecil. Kartu kredit yang ada dikeep tapi udah deh, pake itu aja gak usah ditambah lagi. Yang penting punya kalo butuh 😀

  • #2160

    Kartu kredit awal berhutang. Harus dijauhi

  • #2162

    @bidadari kartu kredit awal berhutang tergantung masing2 pribadi sih. Kalau tukang berhutang pake kartu kredit, ya pasti dipake ngutang. Kalo enggak ya enggak. Titik

  • #2164

    @Blanjaa no problemo darling. Oya beberapa yang kamu musti perhatiin juga..kalo ga salah B*A musti minimum 30% pemakaian ya baru free annual fee? Terus sebelum kamu cobain fitur2 lain yang bebas biaya jangan lupa cari tau aturannya kayak cicilan 0% biaya adminnya berapa, etc.

    Terus jauhin juga tuh yang namanya tarik tunai kalau gak mau kebablasan, dan selalu bayar on time. Atau mendingan auto payment aja, supaya ga biasain diri berhutang.

    @cantik08 ngerti juga sih sekarang tuh yang namanya diskon/promo selalu digeber2kan, dan susah juga ngelawan “arus maketing”. Jadi memang kita musti waspada kalau ada penawaran diskon baik dengan cc ataupun cash: butuh atau enggak? Kalau butuh, ya hajar yang diskonan. Kalo ga butuh jangan dibeli 🙂

  • #2166

    Bete di kantor jadi gatel pengen komen hehe..

    @Veronique kalo ngeliat tas diskonan asos terus pengen beli itu namanya butuh bukan? Hahaha… Gw sih karena tau diri, “tas” meskipun bukan barang kebutuhan udah gw budgetin ya. So karena gw doyan online shopping (tas) online, gw udah punya budget di salah satu kartu kredit gw yang nilai tukar kursnya bagus (berhubung tokonya di luar negeri dan pake mata uang asing). Ya udah tiap bulan gw stick to the budget aja. Lebih irit ya enggak. Tapi budget gw aman. Kalau lagi mau berhemat ya jangan shopping2 dulu.

  • #2168

    Dududu, ketemu genk ibu2 lagi di sini. Hahaha..

    Menurut gw pribadi kartu kredit = lebih hemat itu mitos. Karena banyaknya diskon dan promo, serta keuntungan ini itu, kemungkinan untuk berutang plus kemudahan transaksi (tanpa tunai), konsumsi makin digenjot tinggi. Alhasil pengeluaran meningkat, utang menumpuk.

    Jelas itu pribadi masing2 yang bertanggung jawab, tapi make kartu kredit itu gak bisa sembarangan kalo gak mau malah jadi numpuk utang. Teori mah gampang bilang “tergantung orangnya”. Riilnya tiap orang yang gw tau yang pegang kartu kredit pasti pernah deh ngerasain betenya bayar bunga gara2 bayar minimum payment doang.

  • #2170

    @joyfulnitz @MasterUmb33 menurutku sih gak masalah pake kartu kredit atau tunai yah. Bener emang kata @joyfulnitz: kalo lagi mau irit yaa,, prihatin dulu. Jangan shopping apalagi online. Gak usah pake kartu kredit, pake internet banking aja sekarang kan gampang banget..jadinya gatel pengen beli ini itu ini itu. Kelihatannya murah2 tapi sedikit demi sedikit habislah tabungan saya

  • #2172

    @Syarifaa beneeer banget… musti puasa shopping yaa kalo mau ngirit. Tapi susah iih, apalagi sekarang Twitter ku banjir dengan info2 promo kartu kredit dan teman2nya. Apa di unfollow aja yaaaa…bahaya banget nih.

  • #2174

    @Blanjaa gak perlu unfollow juga sih! Tapi yaah, matiin aja notifnya.

    Oyaaaa btw, yang doyan online shopping pake cc, selain bahaya “promo” musti ati2 juga loh sama keamanan situsnya. Ceki2 dulu, beneran ada sistem security yang legit ga? Nanti kena cyber crime lagi.

    Di merchant offline juga sama sih. Temen gw pernah ada yang kebobolan kartu kreditnya. Suatu hari dia abis makan di restoran dan bayar pake CC. Besok paginya dia dapet notifikasi transaksi banyak banget -__-” curiga kalo kasir restorannya nyatet nomor + 3 angka security di belakang. Dia komplain tapi tetep aja musti bayar tuh tagihannya..hampir 2 juta.

  • #2176

    @TS

    Eaaa… disensor tuh linknya…. Hahahahaha

    balek ke topik, klo menurut ane, pake kartu kredit itu sesuai dengan pepatah arab ‘a gun is good or as bad as the man using it’ xD

    nyang artinya, tu kartu kridit mo jadi jelek ato jadi bermangpaat ditentuin dari nyang make.

    jd klo ada aja yg masi ngeributin kartu kridit ga baek, kartu kridit cuma buat ngutang, nah ini… tu orang suka ngutang berarti, makanya ga cocok pake kartu kridit.

    Balik lage ke topik, klo buat ane sih tergantung sikon (jgn dilanjutin) ada saatnya bayar kes ada saatnya bayar pake kartu kridit. Ya masa ane beli rokok di warung mpok mile pake kartu kridit, gesek dimane??

    hahahahahahahahhaha…

  • #2434

    buat hemat menurut ane mending pake cash dulu kali ya? Kalo pake cc rasanya kayak ga ngeluarin duit soalnya jadi gampang aja gesek sana gesek sini

  • #3076

    credit card gampang bikin kita jadi konsumtif. tapi sebenernya kan banyak ngebantu juga kalau punya credit card. Intinya kalau soal irit & hemat ya dari kitanya aja, tahan diriiii, keluar uang kalau perlu aja 😀

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 7 pengguna terdaftar dan 426 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik