Topik ini mengandung 7 balasan, memiliki 6 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  DuitPintar 1 tahun, 6 bulan yang lalu.

  • #2070

    FIRST LOSS INSURANCE POLICY

    Polis “First Loss Insurance” adalah polis property yang diterbitkan asuransi dengan dasar bahwa pihak asuransi mengakui bahwa polis yang diterbitkan tidak dilakukan dengan berdasarkan nilai sesungguhnya (walaupun nilai total keseluruhan pertanggungan akan dicatat sebagai referensi), dan dimana diperkirakan kerugian total loss atas suatu resiko tidak akan terjadi. Sehingga dengan persetujuan antara tertanggung dan penanggung maka disetujuilah suatu angka yang menjadi nilai maksimal penggantian. Umumnya hal ini dilakukan terhadap stock tertanggung yang nilainya besar, yang mana diperkirakan dalam satu klaim nilai kerugian yang dialami tidak akan senilai total stock yang ada.

    Polis “first loss” dapat diterbitkan dengan pertimbangan underwriting pihak asuransi, pihak tertanggung dan penanggung sama-sama akan menyetujui nilai yang ditetapkan sebagai pertanggungan polis tersebut. Apabila klaim terjadi dengan nilai melebihi nilai yang ditetapkan dalam polis “first loss”, maka penanggung hanya wajib menggantikan sebesar nilai pertanggungan pada polis “first loss”.

    Keuntungan bagi tertanggung dengan menggunakan polis “first loss” yang terutama adalah nilai premi yang dibayarkan dibandingkan dengan menggunakan nilai total keseluruhan pertanggungan.

    Sesuai dengan Surat Edaran OJK mengenai penetapan tarif pada asuransi property, maka nilai premi yang dikenakan kepada polis “first loss” akan mengacu kepada perhitungan tersebut. Contoh : property dengan nilai Rp 1 Trilyun rupiah, tertanggung dan penanggung bersama-sama setuju bahwa nilai kerugian “first loss” yang akan digunakan adalah sebesar 3% dari nilai total pertanggungan. Maka sesuai dengan ketentuan OJK, pembayaran premi pada polis tersebut adalah sebesar 40% dari nilai total perhitungan premi polis full cover.

    Semoga penjelasan ini mencerahkan.

    Untuk pertanyaan dan keterangan lanjutan dapat langsung menghubungi kami.

    By : Roy Kosasih B.Bus, AAAIK, CIIB, ANZIIF (Snr Assoc) CIP, QIP


    www.bhinneka-broker.co.id

  • #2129

    Polis “First Loss Insurance” adalah polis property yang diterbitkan asuransi dengan dasar bahwa pihak asuransi mengakui bahwa polis yang diterbitkan tidak dilakukan dengan berdasarkan nilai sesungguhnya

    Penasaran aja sih, emang ada perusahaan asuransi yang bakalan ngaku kalau polisnya berbeda? Yaa namanya perusahaan kan maunya untung, kalau kasusnya ternyata nilai tertanggung lebih besar dari premi yang udah dikasi tau sebelumnya gimana tuh?

    • #2132

      Dear Bhodonk,

      Terima kasih atas tanggapannya. Pertanggungan dengan tata cara “First Loss” harus terlebih dahulu dikaji oleh pihak asuransi. Pertimbangan umumnya adalah mengenai kecukupan pertanggungan. Memang tidak semua penutupan asuransi dapat menggunakan “First Loss” ini. Apabila penutupan dengan nilai yang cukup besar maka asuransi dapat mempertimbangkan penggunaannya.

      Nah kemudian mengenai kerugian yang dialami. Misalkan pertanggungan sebenarnya Rp50M dan atas persetujuan bersama disetujui bahwa nilai “First Loss” yang dipakai adalah Rp10M. Apabila ada kerugian terjadi karena sebab yang diasuransikan, maka pertama2 asuransi akan menilai terlebih dahulu nilai dasar (50M) yang dipakai apakah sudah mencukupi dan tidak ada kekurangan pertanggungan (untuk menghindari under insurance dan perhitungan turunannya). Kemudian setelah perhitungan misalkan kerugian ada di Rp 2M maka asuransi dapat menggantinya dengan memperhatikan kaidah asuransi (dokumen2, dasar perhitungan 2M, deductible/risiko sendiri). Apabila perhitungan kerugian ada di Rp15M, proses tetap sama namun penggantian maksimum adalah pada angka Rp10M berhubung angka inilah yang dipakai sebagai nilai “First Loss”.

       

      Semoga mencerahkan y.

       


      www.bhinneka-broker.co.id

  • #2208

    First loss ini cuma berlaku di properti aja ya pak? karena kalo baca penjelasan pak Roy di post 3, nguntungin konsumen ya ini si first loss, correct me if im wrong 😀

  • #2217

    Dear Pitonular37,

    Terima kasih atas tanggapan anda. Untuk asuransi “First Loss” ini memang umum dipakai pada asuransi asset/ property. Umumnya dipakai apabila diperkirakan kemungkinan kerugian terbesarnya tidak sebesar nilai pertanggungan pada polis asuransi. Sehingga tetap keterangan nilai pertanggungan total harus sesuai dengan nilai pasaran, dan nilai “First Loss” yang disetujui asuransi yang akan dicantumkan dan dijadikan dasar perhitungan premi.

    Tertanggung bisa dikatakan diuntungkan dengan pembayaran premi dibawah 100%, namun perlu diingat juga bahwa nilai claim yang bisa diajukan juga menjadi disesuaikan.

    Semoga penjelasan ini mencerahkan.

    Salam berasuransi.


    www.bhinneka-broker.co.id

  • #2218

    ijin nyimak gan

  • #5823

    Masih ga faham gw nih haha

    • #5850

      Halo Joe Hasan! Bagian mana nih yang masih kurang paham? Yuk kita explore lebih lanjut 🙂


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 0 pengguna terdaftar dan 421 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik