Topik ini mengandung 9 balasan, memiliki 6 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  max.sin 2 tahun, 7 bulan yang lalu.

  • #525

    Hai teman-teman, ada yang bisa bantu jelasin gak asuransi KPR itu seperti apa? Rencananya aku mau ambil KPR… Karena pengajuan KPR atas nama suami, amit-amit umur gak ada yang tahu ya, jika suami meninggal pada saat cicilan masih berjalan, bagaimana?

  • #687

    Kalo asuransi jiwa sih saya pake Allianz…Soalnya umur gak ada yang tahu sis 🙂 Tapi kalau asuransi KPR masih kurang paham…

  • #688

    asuransi KPR??? kalo ane cuma tahunya asuransi dari Manulife aja…karena emang disediain itu dari kantor..

  • #689

    @Lalaiguana selamat bergabung!

    Untuk KPR , pihak bank biasanya memang mewajibkan debitur untuk ikut serta dalam program asuransi jiwa dari penyedia asuransi yang sudah bekerjasama dengan bank tersebut. Mengenai bagaimana jadinya kalau tiba-tiba debitur meninggal ditengah jalan, tergantung dari nilai pertanggungan dari asuransi tersebut, dan apa saja yang dijamin. Tentunya tiap penyedia asuransi punya kebijakan yang berbeda-beda. Disinilah, kita musti teliti betul sebelum memilih KPR dan rajin bertanya pada bank, apa saja yang di-cover.

    Sebagai contoh, ada KPR bank yang asuransi jiwanya bakal melunasi penuh sisa kredit rumah ketika kepala keluarga meninggal, ada pula yang hanya akan membayar sebagian saja. Tentunya di sini besaran premi berpengaruh (semakin besar premi tentu biasanya uang pertanggungan yang diberikan bakal lebih besar. Makanya kita gak boleh asal pilih asuransi yang murah. Kalau toh manfaatnya gak terasa, buang-buang uang saja toh jadinya?

    Kalau tertarik lebih lanjut, bisa intip artikel ini: Manfaat Asuransi Jiwa KPR Bukan Sembarangan. Bagaimana Jika Kepala Keluarga Meninggal? Ada contoh kasusnya juga, jadi kamu bisa lebih dapat bayangan.

    Oya, jangan lupa, tidak cuma asuransi jiwa, dalam KPR umumnya rumah yang dikreditkan juga wajib diasuransikan. Biasanya asuransi kebakaran atau asuransi bencana.

    Semoga jawaban ini mencerahkan!


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #693

    Wah gitu ya @duitpintar? Izin copas ya, biar berguna untuk publik

  • #694

    Thanks @duitpintar ^^
    btw kalo sampe itu rumah lunas alhamdulillah suami msh sehat wal afiat, apa asuransi bisa diklaim utk pengembalian dana? Kan asuransi skr banyak tuh yg nyediain fitur gitu buat kembalikan dana kalo dlm waktu tertentu tdk ada klaim… Makasih sebelumnya

  • #695

    @Lalaiguana asuransi jiwa sebetulnya disyaratkan kebanyakan bank untuk pengambilan KPR tidak cuma untuk melindungi debitur tapi juga pihak bank sebagai kreditur. maksudnya supaya bank juga tidak rugi kalau terjadi sesuatu sama debitur. Karenanya pengembalian dana tersebut bukanlah fitur yang tersedia untuk asuransi jiwa KPR pada umumnya 🙂


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #696

    @duitpintar jadi dana tidak dikembalikan ya?

  • #697

    @Lalaiguana tepat sekali. Asuransi KPR pada umumnya tidak memberikan pengembalian dana bila tidak ada klaim.

    Pengembalian dana pada kasus no claim dapat ditemukan biasanya pada produk asuransi yang terpisah produk-produk kredit. Bisa jadi untuk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau malah asuransi kendaraan. Tergantung program marketing tiap penyedia asuransi. Fitur pengembalian dana juga merupakan daya tarik utama asuransi unit link yang memang gabungan asuransi + investasi.


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #1451

    Pas bangett.. Baru banget bini gue ngomongin, temennya ditinggal wafat oleh sang suami. Berkat asuransi KPR, mereka gak dikejar tunggakan utang 🙂 Bener yah kata pepatah. Sedia payung sebelum hujan.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 24 pengguna terdaftar dan 239 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik