Topik ini mengandung 10 balasan, memiliki 6 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  diannovin 2 tahun, 5 bulan yang lalu.

  • #2624

    Hidup sederhana bukan berarti ga mampu ya. Yang saya maksud hidup sederhana di sini adalah ga hidup dengan prinsip “lebih besar pasak dari tiangnya”, tapi pengeluaran harus lebih kecil dari penghasilan. Live within your means.

    Coba deh beli aja apa yang kita perluin, ga usah sibuk adu gengsi dengan ngotot beli barang-barang bermerek, pake kartu kredit gesek sana-sini cuma untuk beli barang yang sebenernya ga kita perluin, tapi ujung-ujungnya ga bisa lunasin tagihannya dan…malah jadi stress kan :(. Mending pakai uang kita untuk ditabung dan investasi.

    Saya sendiri udah mulai belajar ngejalanin hidup sederhana juga udah mulai ngajarin prinsip hidup sederhana ke anak-anak saya. Saya juga seneng ngebahagiain keluarga, seneng kalo bisa ngasih barang-barang bagus dan mahal ke mereka. Ga ada salahnya, asal yang ada manfaatnya dan ga kebablasan. Manfaatnya bener-bener kerasa, lho.

    Dengan hidup lebih sederhana, kita juga bakal merasa lebih bebas dan bahagia. Kenapa?

    1. Dengan berkurangnya beban pikiran untuk masalah uang, kita bisa punya lebih banyak energi secara mental untuk hal-hal lain. Dan pastinya mengurangi stress.
    2. Dengan ga beli barang-barang baru terus-terusan, jadi ada lebih sedikit barang yang perlu ditata, dibersihin, dirawat.
    3. Kita akan merasa tenang kalau punya tabungan atau dana cadangan untuk hal-hal darurat.
    4. Kita juga akan merasa tenang kalau bebas utang.
    5. Hidup sederhana tanpa barang-barang yang ga perlu juga bisa membantu ngurangin sampah.
    6. Ngikutin tren atau gaya selebriti terus-terusan itu bikin capek. Bebasin diri dari keharusan untuk terus-terusan ngikutin tren terbaru.
    7. Ngambil keputusan untuk berhemat dalam masalah uang justru bisa ngasih kebebasan lebih. Siapa tahu nantinya kita malah bisa pensiun dini. Asyik kan?
    8. Ini bisa jadi kebiasaan berharga untuk diwarisin ke anak-anak kita.

    Sekian thread saya yang kayaknya agak panjang ini, hehehe, maaf, saking semangatnya pengen share pengalaman. Yang punya kiat-kiat atau pengalaman hidup sederhana dan bahagia, share juga ya di sini.

  • #3499

    menarik…terima kasih sudah berbagi tips. saya bantu up

  • #3547

    bener banget tuh yang no. 6. ngapain ikut2an tren, buang2 duit & waktu. mending kayak ane, jadi diri sendiri aja udah keren kok wkwkwk

    • #4093

      Hehehehe, bener, be yourself aja 🙂

  • #3641

    Bagus nih, kok sepi amat threadnya.

    Bener banget soal hidup sesuai kemampuan. hidup cuma menuhin gengsi, menuhin nafsu ya cuma bikin capek bosss

    • #4094

      Setuju. Hidup cuma menuhin gengsi tanpa realistis mikirin kemampuan keuangan malah bikin banyak beban dan kita jadi ga bisa sepenuhnya nikmatin hidup. Ga enak banget hidup kayak gitu.

  • #3764

    ngikutin trend ga bakal ada habisnya yang ada malah habisnya uang.

    • #4095

      Iya, yang namanya tren pasti berubah-ubah, terus, ga akan ada selesainya. Hidup sederhana, apa adanya aja, 🙂 udah yang paling bener

    • #4103

      nah betul sekali itu…

  • #4010

    Hidup sederhana bisa bikin perut kenyang tiap hari. Makan terasa enak…karena ga ada beban fikiran.

    • #4096

      Sepakat 😀 . Makan enak, tidur nyenyak, hidup bahagia.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 5 pengguna terdaftar dan 267 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik