Topik ini mengandung 9 balasan, memiliki 4 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Dan Garcia 3 tahun, 3 bulan yang lalu.

  • #2259

    Saya pernah post dimana untuk asuransi seharga 100 ribu, ada orang habis 50 juta lebih. Jadi ternyata asuransi bisa “dimahalkan” lalu untuk tanggungan kecil agen bisa atur premi setinggi mungkin. Seluruh premi itu (140%-230% dari premi tahunan) nantinya akan hilang untuk biaya akuisisi.

    Umumnya customer mau beli meskipun manfaat asuransinya kecil karena agen bilang semua investasi. Padahal sebagian besar uang, atau bahkan semua, hilang untuk biaya. Biaya itu customer sering tidak diberitahukan.

    Di beberapa perusahaan asuransi bahkan ada feature khusus untuk memahalkan biaya asuransi itu. Namanya unapplied premium. Jadi ya premi besar tapi customer tidak dapat apa apa. Uang hilang dan sekitar 50% untuk bayar agen dan uplinenya. Plus menggelembungkan profit perusahaan. Customer biasanya tidak tahu ada unapplied premium tersebut.

    Ini ada kasus serupa tapi tak sama. Jadi teman saya mau beli asuransi. Ditawarkan lagi unit link. Kali ini perusahaanya lebih terkenal. Kita tidak sebut siapa karena toh tidak beli ini.

    Ternyata bagian yang seharusnya hanya dilihat agent saya sempat liat.

    Saya langsung tanya, ini unapplied premium itu apaan?

    Agennya langsung bilang oh ini investasi. Tapi ini bukan top up jadi tidak kena biaya top up. Jadi diinvestasikan saja.

    Oh jadi bunga berbunga dan diinvestasikan seperti biasa, saya bertanya sambil curiga. Iya.

    Kalau begitu, biaya akuisisi itu 140% dari applied premium saja dong ya dan bukan unapplied premium.

    Oh tidak. Biaya akuisisi itu 140% dari total premi baik unapplied maupun applied. Di tahun pertama 80% premi masuk biaya akuisisi.

    Nah lho.

    Coba pikir.

    Barusan si agen bilang semua unapplied premium  diinvestasikan. Lalu bilang lagi 75% dari semua premi (termasuk yang unapplied itu) hilang untuk biaya akuisisi. Yang mana yang betul?

    Paling tidak agen yang ini lebih jujur. Paling tidak dia jujur sebut sebagian besar biaya. Walaupun dalam menghitung biaya akuisisinya mencurigakan. Waktu hitung nilai investasi dia bilangnya semua unapplied premium plus 25% dari premi yang applied. Waktu hitung biaya dia bilang 75-80% dari seluruh premi hilang untuk biaya akuisisi.

    Ya saya langsung carikan asuransi lebih murah. Saya sempat jadi agen juga he he he he. Tapi iseng doang buat cari teman dan bukan buat komisi. Ya nanti deh tunggu di lantik.

     

  • #2260

    Apapun perusahaan asuransinya kalau produknya ada kata flexi hati hati deh. Atau sebaliknya. Biarkan agen merecomendasikan apapun. Belaga bego, lalu pm saya. Lihat bedanya berapa. Kalau perlu saya kasih uang untuk konsultasi ama broker asuransi saya. Ha ha ha ha

  • #2261

    Kalau ada yang “masih” mau beli asuransi, tolong pm saya dulu. Saya bantu periksa dengan pengalaman saya. Siapa tau kemahalan. Ya kamu cerita cerita saja pengalaman kamu di sini. Jadi saya ada teman.

  • #2300

    Saya baca di salah satu thread (lupa yang mana) ada linknya ke kaskus ya? Boleh PM ga? kalo kena sensor di akalin aja pakai (dot)com misalnya. Makasih bos

  • #2302

    Ada beberapa kasus sih. Kalau yang ini tidak ada. Yang satunya lagi ada.

  • #2465

    @Dan Garcia makasih udah sharing pengalamannya, jadi bacaan menarik nih buat saya.

  • #2480

    Yang ini perusahaannya lebih beres Alianz. Jadi agen bohongpun susah karena customer tinggal lihat kalau ada tulisan biaya sekian persen dari premi. Jadi agen juga hanya bisa bohong sedikit 3 juta pertahun.

    Kalau yang di avrist itu kena premi 50 juta pertahun dan tulisan dimana 50-115 juta untuk bayar biaya akuisisi itu letaknya setau saya amat tersembunyi. Avrist ditanya bolak balik di kaskus dimana tulisannya tidak ada orang avrist yang menjawab. Ada sih satu orang belagak jadi agen belaga bego bilang ini rugi kalau customer tutup polis lah. Ditanya lagi ditulis persisnya di kontraknya gimana? Nggak jawab.

  • #2486

    @Dan Garcia bung ini jadi seperti kasus david vs goliath. susah kalau agen bersembunyi di balik nama besar perusahaan. di satu sisi, pasti lah perusahaan tidak mau namanya rusak karena ulah orang2nya. cuma saya berharap saja gak terlalu banyak agen yang berkelakuan nakal

  • #2503

    Biasanya agen dan perusahaan akan saling menyalahkan.

    Kayaknya dua duanya sebaiknya dihindari. Perusahaannya ditanya juga tidak jelas. Agennya ya tentu saja juga tapi kan si agen customernya tidak banyak.

  • #2504

    Di avrist kita tidak tahu ini bener agennya lain sendiri atau agen yang lain begini juga. Ada kesan agen agen lain juga bilang semua investasi. Avristnya sendiri belum ada keterangan resmi. Yang ada agen lain yang nyanyi ini rugi karena tutup polis. Ditanya maksudnya apa nggak jelas.

    Tiap beli asuransi pastikan agen “nyanyi” di forum. Kayaknya agen ketemu customer memang maksudnya supaya bisa mislead dan 1 customer doang nggak tau. Coba bohongin orang di publik forum susah.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 18 pengguna terdaftar dan 583 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik