Forum Forums Lifestyle/General Kontes Forum DuitPintar Periode I Kalau Dapat Uang Rp 6 Juta, Saya Pilih Berbisnis, Berinvestasi sekaligus Menabung di Sektor Agrobisnis

Kalau Dapat Uang Rp 6 Juta, Saya Pilih Berbisnis, Berinvestasi sekaligus Menabung di Sektor Agrobisnis


Topik ini mengandung 20 balasan, memiliki 19 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Hidayat Arief 6 jam, 49 menit yang lalu.

  • #4452

    1.  Kalau dapat uang Rp 6 juta, kamu lebih pilih berbisnis, berinvestasi, atau menabung?

    Terimakasih sebelumnya kepada segenap Crew DuitPintar , karena lewat kontes ini secara tidak langsung  membuat saya belajar lebih dalam lagi mengenai ekonomi terutama dalam hal finansial. Saya juga mohon maaf bila apply thread saya ini mendekati deadline. Bukan karena apa-apa, tetapi lebih kepada bagaimana pertanggungjawaban content threadnya serta make sure implementasinya nanti, hingga seperti yang saya katakan tadi (membuat saya belajar  kembali), hehehe….!

    (Analogi) Waktu Sekolah dulu (Saya cuman lulusan SMK, dan menjadi Duta Petani Muda saat ini), Saya sering bingung kalau ditanya mengenai MaPeL apa yang paling difavoriti, karena semuanya nyaris sama-sama Pelajaran, cuman pembawaan Guru saat belajar sajalah yang biasanya membuat MaPeL lebih difavoriti daripada yang lain.  Dalam memilih pilihan memang terkadang  tidak harus  satu, karena bisa jadi satu dengan yang lainnya memiliki keterkaitan. Karena itu, saya memasukkan ketiga pilihan dalam Pertanyaan tersebut menjadi satu pilihan BIM (Bisnis -Investasi-Menabung), sama halnya seperti saya memilih suka BELAJAR (mencakup pelajaran apa saja), jadi saya akan menggunakan pertambahan modal saham 6 juta ini u/  BIM ; 1 model aplikasi kerja yang bisa mencover Bisnis -Investasi-Menabung sekaligus.



    2.  Apa bisnis / investasi / tabungan yang kamu pilih ?

    Meskipun juga menurut Saya BIM bisa diterapkan dalam Sektor Non Riil (Financial Asset) seperti Deposito, ataupun Bursa Efek, namun Bentuk BIM yang saya pilih adalah Sektor Riil (Real Asset) dalam Basis Agrokompleks (Pertanian, Peternakan, Perikanan). Memang radak sulit (munkin) menerima merging ide ini, Perlu perluasan mindset u/ mempercayai bahwa Bisnis-Investasi-Menabung ini bisa dijalankan bersama sekaligus, namun percayalah bahwa mereka benar-benar bisa dipadukan (bagaimana mungkin kita akan sukses berbisnis bila dalam memilih pilihan saja kita salah krn merasa terbatasi, saya yakin temen2 yang lainpun serba keki jika disuruh pilih salah satu, karena sebenernya mereka dalam lingkaran yang sama dan bisa dijalankan bersama2).

    Ide BIM ini sebenarnya berawal sejak saya bisa melihat betapa banyak masyarakat  yg menyepelakan pertanian terintegrasi, mulai dari mereka yang menjual tanahnya ke Developer demi uang sesaat ataupun mereka yang mem-parsialisasi pertanian, peternakan dan perikanan sehingga sustainable lingkungannya menurun. Kita jangan sekedar tahu saja bahwa INA a/ negara agraris, harusnya lebih dari itu, lebih kepada kenapa negara ini belum bisa optimal dengan segala potensinya (buktinya banyak kalangan yg tabu menjadi petani, bahkan sarjana petanipun sendiri tabu). Negara ini telah dipuji2 oleh FAO akan ketersediaan food security-nya, maka dari itu selayaknyalah kita bisa berdikari, dan sebaiknya animo generasi muda pun harus diarahkan ke sektor ini juga. Lalu Apa akibatnya bila ini tidak diindahkan ?  jawabannya antara lain adalah :

    • Negara yang kaya akan sumber daya alam, bisa jatuh miskin melalui uang kertas. Dia harus menukar hasil dari alamnya dengan uang kertas yang nilainya tergantung pada negara yang menerbitkan uang tersebut.
    • Terjadinya impor barang jadi yg asalnya ekspor bahan mentah kita sndiri, bahkan banyak juga yg impor bahan mentah dari luar, padahal kita tahu komoditi itu (semisal kedelai, beras, gandum dll) bisa ditanam di INA.

     

    3.  Kenapa kamu pilih bisnis / investasi / tabungan tersebut ?

    Saya memilih BIM Agrokompleks ini karena universalitasnya dalam praktek bisa terpenuhi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Jika dilihat dari sisi Bisnis (B), maka Pola dan tujuannya sudah termasuk kategori Bisnis. Dari sisi Investasi (I), dia bisa menumbuhkan  capital gain-nya dari waktu kewaktu. Dari sisi Menabung (M), saya akan menabung cadangan air dari akar kurma (riset ilmiahnya ada), ataupun menabung profit dan amal pelestarian lingkungan (O2, etc) u/ generasi anak cucu (karena menabung a/ menyimpan nilai untuk jangka panjang kedepan). Meskipun sudah begitu, management untuk security permodalan diperlukan,  sehingga ranah finansial (non riil) juga perlu dipadukan dengan sektor riil ini, asalkan sesuai syariat ISLAM ( untuk Muslim yang taat ).

    Sektor riil ini akan memiliki dampak langsung pada penciptaan lapangan kerja dan mampu menggerakkan putaran ekonomi secara langsung di sekeliling Anda – hasil investasi sektor riil yang dikelola dengan baik umumnya juga lebih unggul, karena lebih aman dari inflasi mata uang kertas dengan management khusus tentunya, seperti memproteksi keuntungan kita dengan emas yang memang daya belinya terbukti stabil sepanjang zaman. Bandingkan ini dengan sektor non riil seperti deposito, bursa efek, reksadana, DPLK  dll, meskipun nama-namanya berbeda, namun mereka rentan sekali dengan Inflasi (secara tdk langsung saya mmg terlihat tdk setuju dengan edukasi Duitpintar yang lebih condong kep. Sektor financial asset, tapi selebihnya saya setuju dengan sistem platform edukasi yang digunakan demi memahamkan masyarakat. InsyaALLah saya berani u/  presentasi data mengenai mana yang lebih dulu urgent antara sektor riil dan non riil, gx pp lah y ? kan ini demi kebaikan dan kemajuan ekonomi INA bersama. Dan munkin akan lebih baik juga bila Duitpintar menambahkan menu navigasi websitenya mengenai Sektor Riil).


    4.  Kemukakan 1 hingga 3 paragraf untuk mengekspresikan harapan dan idemu mengenai bisnis / investasi / tabungan tersebut !

    Pertumbuhan ekonomi yang hanya terfokus pada financial services hanya membuat kekayaan masyarakat terpusat di perusahaan-perusahaan pengumpul dana masyarakat seperti bank, asuransi dlsb. Ketika dana itu terpusat pada segelintir institusi, maka yang bisa mengakses-pun hanya segelintir pihak yang sesuai kriteria Bank. Masyarakat kebanyakan menabung dengan hasil yang pas-pasan bahkan sering kalah dengan laju inflasi, sementara segelintir orang yang memiliki privilege  akses terhadap capital akan menjadi semakin besar. Ini menyebabkan ekonomi rakyat kecil kalah, si miskin menjadi tambah miskin, dan yang kaya jadi tambah kaya, serta menyebabkan masyarakat malas dan takut mengembangkan hartanya disektor riil (dgn asumsi sektor non riil seperti investasi saja sudah menguntungkan dan dijamin LPS). Akan tetapi saya juga mengapresiasi Pemerintah yang sudah lumayan perhatian dengan sektor riil lewat tax amnesty dan KUR-nya.

    Saya berpendapat, bahwa sebelum berbisnis kita harus mematangkan dulu ModeL sebelum ModaL, jadi Modal itu bukan hambatan u/ berbisnis. Karena doktrin inilah saya lebih mematangkan skill dulu ketimbang permodalan salah satunya saat ini saya sedang belajar Agrokompleks di http://www.madrasahpertanian.com, jonggol-farm, Bogor, karena jika pny skill insyaALLah modal akan lebih mudah datang . Sebelumnya, Saya pernah  mencari modal dengan ber-syirkah (kerjasama) dlm bisnis Ayam KUB. Namun tidak hanya itu, semakin kesana saya semakin tahu bahwa ISLAM menawarkan banyak solusi permodalan. Salah satunya adalah dgn SALAM SALE. Contract ini hanya bisa dilakukan bila eksekutor bisnis sudah professional , sehingga investorpun tdk segan-segan mengucurkan dananya, meskipun mereka tahu sektor riil itu high risk namun bila skill eksekutornya bagus mereka (investor) juga yakin dapat high return. Kemudian bila mmg rezeki modal saya bisa ditambahi lewat uang 6 jt dari Duitpintar ini, berarti Alhamdulillah, saya bisa menambah modal kepemilikan saham yang lebih dominan u/ CV. Domba Bersama saya nanti, InsyaALLah Aamiin.

    Adapun ide saya (ModeL bisnis) yang sudah make sure usable, InsyaALLAH sebagai berikut :

    1. P1 (Pertanian) ; Komoditi Kurma untuk jangka panjang dengan Start Harvest Average (SHA) 4-5 thn, dan tumpangsari Polyculture-nya  Sorghum + Legum untuk jangka pendek SHA 3 bln. Detilnya  Saya pny tanah ¾ H siap tanam u/ 154 pohon kurma lebih, dengan pola 7×7. Bisa Lebih, karena formatnya Hexagon Planting.

    Kurma ini menarik sekali, manfaatnya banyak terutuma dalam pemenuhan gizi dan penyimpanan sumber air. Kurma sangat bisa tumbuh di INA, dan sebagian sudah ada yang berbuah seperti di Indramayu dan mulai belajar berbuah di Jonggol-Farm, Bogor (tempat penulis belajar agrokompleks saat ini). Untuk lebih meyakinkan, Thailand dan Malaysia bahkan sudah membuktikannya. Tinggal masyarakat kita kapan mau rame-rame meng-execution peluang ini, jangan hanya berspekulasi “apakah bisa tumbuh ?” saja.  Adapun tumpangsari dilakukan supaya  space lahan bisa dioptimalkan sehingga punya return jangka pendek. Untuk P1 saya anggarkan 1 jt  u/ maintenance. Adapun bibit kurmanya (Kurma Barhee) saya sudah dapat gratis dari tempat belajar saya, jonggol-farm. Selain manfaatnya, kurma menarik dari sisi kuantitas dan daya belinya, bayangkan saja 1 pohon kurma = 1 hektare pohon sawit. Ini juga bukan omong kosong, kami pny hitungannya..

    Untuk pemasaran, saya lewat  http://www.igrow.asia. Andapun bisa berkontribusi food security ataupun melestarikan lingkungan lewat investasi sektor riil bersama web ini.

    1. P2 (Peternakan) ; Domba untuk jangka panjang dengan SHA 1.5-2 thn dengan sistem CV. Domba Bersama , dan hewan Polygrazing lain yang memang sudah saya ternakkan yaitu Kelinci + Ayam KUB untuk jangka pendek (SHA 6 bln ). Selain cerdas dan mudah digembala, output domba pun bisa beragam, mulai dari daging (pemenuhan protein), manfaat kotorannya, kecepatan beranaknya, lalu bulu serta kulitnya yang disini sedang kita pelajari end produknya berupa  kain dan composite bahan bangunan. Adapun polygrazingnya (Kelinci dan Ayam KUB) lagi-lagi  supaya saya punya return jangka pendek.

    Btw, bisnis ini saya lokasikan semuanya dikampung saya, provinsi Lampung. Nahh krn kampung saya sering kemalingan Kambing dsb, maka saya sudah mencoba menawarkan sistem beternak bersama dengan model CV. ini. Mekanismenya a/

    Kandang seperti 1 bunker besar, saudara saya sudah pny kandang besar anti maling ini. Nanti dibagi hasil (itungannya ruwet, blm bisa dipaparkan) dengan pemilik kambing. Pemilik kambing ad/ masyarakat kita sendiri dan yang menggembala / mencarikan pakan y pemiliknya sendiri, Krn cmn 1 desa. Kita hanya ingin aman dri maling sja. Inipun bisa menjadi solusi desa lain yang pny wabah kemalingan. Untuk ini, Anggaran dana dari Duitpintar saya alokasikan 3 juta. Adapun pemasarannya bisa lewat situs http://www.lambbank.com. Kalaupun misal Duitpintar kepo seperti apa sistem yang akan saya pakai, silahkan dilihat disitus itu, karena kurang lebih sama.

    Total dana yang akan saya gunakan = P1 (1) + P2 (3) = 4 juta. Yang 2 juta (1/3) insyaALLah akan saya berikan kep. Kontestan  Duitpintar yang lain, yang sekiranya menurut Saya dan pihak Duitpintar pantas mendapatkan dana ini.

     

    1. P3 (Perikanan) ; ini akan saya eksekusi ketika P1 dan P2 sudah berjalan. Karena tanpa keduanya terlebih dahulu, P3 akan terkendala mekanisme IF-nya (Pertanian Terintegrasinya). Adapun rencana bibit ikannya kondisional sementara ini, saya tertarik dengan Ikan Bawal dan Belut. Dalam gambar yg saya sertakan, terdapat contoh aquaponik, dengan sample menanam kangkung menggunakan media tanam air mengalir dari kolam ikan Koi. Air mengalirnya ini terdapat nutrisi tumbuh tanaman dari kotoran ikan koi. Inilah yang saya maksud Pertanian terintegrasi antara satu dan yang lainnya yaitu menjaga kelestarian biota lingkungan secara alami sama seperti asalnya dulu. Meskipun Bisnis minim modal dan sederhana tapi tetep bisa menguntungkan, insyaALLah. Dengan begitu kemakmuran  tidak hanya dimulai dari kota saja, dari desapun kita lebih bisa.

    Seperti dalam firman ALLAH Swt. : “…supaya harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu….” (QS AL-Hasyr 59 : 7). Kalau saja ayat ini menjadi landasan untuk kebijakan pengembangan ekonomi kita, insyaAllah tidak akan ada lagi stratifikasi yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin.

    -Saya minta maaf bila content threadnya lebih dominan knowledge ketimbang detil business plan-nya, karena memang saya melihat thread ini antimainstream ketimbang thread temen2 yang lain. Jadi saya kedepankan dulu pemahamannya supaya bisa saling menganalysa, dan untuk execution, insyaALLah saya siap !-

     

    <u>Kesimpulan :</u>

    “Jadi Dengan Integrated farming kita bisa melakukan Integrated Business sekaligus, Aamiin ..”

  • #4455

    Berikut 2 Ilustrasi pelengkap Thread saya mengenai BIM Agrokompleks, trmksh 

  • #4462

    sektor riil agrokompleks ini lebih patut dikembangkan bersama terlebih dahulu karena inilah kebutuhan utama kita (hajat hidup orang banyak). bayangkan bila ada temen2 yg bersaran dgn uang 6 juta akan bisnis kuliner atau clothing, maka semua berawal dari bahan baku agrokompleks. kuliner dari kambing atau ayam / kelinci misalnya. dan clothing kain wol dari domba.

    bila kita nantinya mampu mengeksekusi bersama BIM ini, maka insyaALLah harga-harga kebutuhan turunan bisa lebih efisien.

  • #4556
  • #4720

    maaf mas KhoruL Hadi, njenengan sudah saya hubungi y 19 maret kmaren. ini akun baru saya. soalnya yang inisial Chilmi agus salim referal link facebook tdk bisa masuk. jd saya jawab pakai akun ini. trmksh atas obrolannya kmaren.

  • #5690

    Saya berminat juga nih …   tp belum tahu / belum pengalaman di dunia bisnis ini … ini pin saya D27Ac15F …  sambil sembari kumpulkan modal nya dulu 😀 …  fb : Rijqi Muhamad

  • #5713

    Sangat inspirasi.

  • #5717

    seru bacanya…

    n inviratif,,,pengen lbih belajar agrobisnis untuk kelanjutan ekonomi petani d daerah saya (dan saya tentunya😁😁😁),,,

    krna desa tempat saya tinggal punya SDA yg potensial,,hanya saja soal marketing dan improve masyarakatnya yg kurang…

    lnjut chat ini no WA..saya

    08994554875..

    thank u so much.😁😁👍👍👍

  • #5732

    Boleh jg pgn belajar dl..sambil ngumpulin modalnya..

    WA 08212999114

  • #5746

    Keren, ingin jg belajar n berkarya

  • #5747

    Mf saya mau tanya2 dan ingin bicara langsung tapi saya jauh lho di kepulauan riau..ada no wa gak ya..

  • #5748

    Lahannya ada dimana ya? Jonggolnya dimana, kalau boleh kami bisa kunjungan ke sana. Minta no wa juga ya..

  • #5749

    Kelinci kalau cuma beberapa ekor aja belum bisa muter uangnya kalau kita jual umtuk di potong, nimimal 50 betina, harha pakanpun max 6000 rupiah,

    Karena kelinci tidak seperti ayam yg lahir langsung bisa lari

  • #5751

    Saya berminat dgn bisnis ini, sya mahasiswa peternakan smt 3 . Sya ingin buat kyak gini di desa sya karena menurut saya desa sya SDA nya lumayan bagus.. Tapi disini masalahnya marketingnya masih susah kalau disini 😁 fb ; Agung

  • #5759

    boleh juga nih

    <a href=”https://www.finansialku.com/cara-pencairan-jht-bpjs-ketenagakerjaan/”><i>Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan</i>

  • #5765

    Ide nya bagus. Saya juga berminat . Hnya saja dng modal 6 jt apa bisa . Sedangkan harga tanah mahal skali. Apakah ada tempat pelatihannya , saya ingin belajar. Trims

  • #5778

    Siip itu…

    6juta.. kalau ditabung g menghasilakan apa apa.. lama lama habis karena sering diambil, kalah ama kebutuhan.

    Dijadikan modal .. hasil dari usaha bisa ditabung.

    Klau memulai dengan yang besar 6 juta g akan cukup malah g ada artinya. Mulai dari yang kecil.. memanfaatkan tempat yg ada disekitar kita. Tidak mesti dibidang pertanian . Perternakan dan perikanan dulu bisa di coba.

    Saya sekarang lagi berternak burung paruh bengkok. Modal awal ngak nyampek 6 juta. Alhamdulillah dah balik modal… siapa tahu ada tambahan modal..?!!!

  • #5786

    bisa bantu saya untuk menjelaskan plan dan hasil ?

  • #5791

    Sya dri lampung tepatnya kab: pesawaran

    Sya ingin sekali punya ternak atau tani agro,  namun banyak hal kendala,  ada kah pelatihannya?

  • #5793

    Bergabung. Mohon. Di perjelas sistem kerja dan hasil nya.

  • #5794

    Jujur saya berminat dan ingin belajar lebih dalam lagi soal bisnis ini.

     

    Klo ada training nya dmna tempat nya hub saya . Wa 08157370631

    Terima kasih mohon bantuan nyaa .

     

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 49 pengguna terdaftar dan 198 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik