Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  [email protected] 2 tahun, 6 bulan yang lalu.

  • #4311

    Rejeki setiap makhluk sudah diatur oleh yang maha kuasa. Baik tumbuhan,hewan, dan manusia semua diatur sedemikian rupa. Dimulai dari tumbuhan yang diberi rejeki oleh Allah swt dengan diberikannya cahaya matahari untuk hidup, hewan yang diberi makan dengan rumput-rumput yang subur, tak terkecuali dengan manusia. Begitu banyak rejeki yang Allah berikan. Jika suatu saat saya diberikan rejeki sebesar 6 juta, saya memilih untuk berbisnis.

    Kenapa meski berbisnis? Pertanyaan itu sering kali orang lain lontarkan kepada saya. Saya memilih berbisnis karena semua itu sudah diajarkan rasulullah saw dalam hadistnya mengatakan 7 dari 9 pintu rejeki berada pada perdagangan. Adapun bisnis yang ingin saya geluti yaitu bisnis jual bibit dan pupuk untuk petani di ciaruteun ilir dengan sistem mudhorobah (bagi hasil). Sistem jual beli ini berdasarkan prinsip syariah, dimana ada bagi hasil antara saya dan petani. Ketika petani yang ingin menanam sawahnya namun terkendala biaya bibit dan pupuk saya akan menjual bibit tersebut kepada petani dengan akad mudhorobah atau bagi hasil. Antara saya dan petani masing-masing mendapat keuntungan dari hasil berkebunnya si petani sebesar 20% untuk saya 80% untuk petani. Keuntungan yang saya peroleh sudah termasuk biaya bibit yang dibeli si petani.

    Alasan saya memilih bisnis tersebut karena saya merasa prihatin dengan keadaan para petani saat ini. Mereka yang ingin menanam kembali sawahnya tetapi terkendala masalah biaya bibit maupun pupuk yang unggul yang saat ini sangat mahal. Dengan adanya bisnis tersebut barang kali para petani bisa terbantu. Untuk apa menjadi mahasiswa pertanian tetapi tidak dapat membantu para petani. Saat ini komoditi pertanian sangat diminati oleh semua kalangan, baik dalam negri maupun luar negri. Kebutuhan akan pangan pun cukup tinggi. Dengan adanya bisnis ini insyaAllah dapat membantu perekonomian indonesia dan tentunya sangat membantu para petani yang sangat membutuhkan bibit maupun pupuk namun terkendala biayanya. InsyaAllah.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 9 pengguna terdaftar dan 547 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik