Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Artadhitive 2 tahun, 1 bulan yang lalu.

  • #4429

    Hai Sahabat DP’er!

    Apa yang akan terlintas dalam benak kita apabila mendengar kata “hemat”, pasti segala sesuatunya berhubungan erat dengan yang namanya financial atau keuangan. Keuangan memang hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, segala sesuatu pastinya memerlukan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Dengan keuangan atau finansial yang baik segala sesuatu yang menjadi prioritas hidup akan dapat terpenuhi, oleh sebab itu pentingnya kita dalam mengatur keuangan. Tidak mudah juga dalam mengatur keuangan, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk bisa berhemat dalam mencukupi segala kebutuhan. Dengan berhemat keuangan dapat kita kelola dengan baik sesuai prioritas kebutuhan hidup.

    Selain berhemat untuk mengatur keuangan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara berinvestasi, berbisnis, dan menabung. Di era yang serba modern saat ini berbagi jenis investasi sangat mudah dan banyak ditemukan diantaranya seperti investasi emas, properti, dan perkebunan. Investasi bisa menjadi alternatif untuk mengatur keuangan kalian agar tetap bisa dikelola dengan baik. Selain investasi, berbisnis juga merupakan salah satu cara agar keuangan kalian dapat bermanfaat bahkan bertambah dengan seiringnya waktu. Banyak sekali bisnis yang dapat kalian kembangkan, yang pasti sesuaikan dengan minat dan target pasar dilingkungan kalian. Apabila kalian tidak ingin ribet dan terganggu dengan segala aktifitas tersebut kalian dapat memilih menabung sebagai alternatif terakhir untuk menjaga keuangan kalian.

    Lalu bagaimanakah dengan uang Rp 6 juta,

    Apa yang bisa saya lakukan dengan uang tersebut ?

    Kalau saya mendapat uang Rp 6 juta, pastinya saya akan memilih untuk berbisnis. Karena menurut saya dengan berbisnis saya dapat mengembangkan uang tersebut menjadi lebih banyak lagi. Bisnis juga merupakan passion saya sejak kecil, hal ini dibuktikan dengan cara saya berinteraksi dengan teman sekelas waktu saya masih berada di sekolah dasar. Saya menjual kembali mainan bergambar yang dibelikan orangtua saya, kemudian hasil penjualan saya belikan kembali mainan bergambar dengan versi yang lebih baru lagi dengan uang tersebut. Bakat yang terpendam tersebut membuat saya ingin sekali menciptakan sebuah bisnis yang menjadi minat dan harapan saya. Dengan berbisnis semua yang menjadi harapan saya akan terwujud, termasuk dengan mengatur keuangan untuk mencukupi segala bentuk kebutuhan yang menjadi prioritas.

    Lantas bisnis apa yang menjadi harapan saya ?

    Ayah saya adalah seorang penjahit pakaian, entah kenapa sejak kecil saya suka dengan sesuatu hal yang berhubungan dengan fashion. Sejak kecil saya juga dilatih untuk bisa menjahit sendiri pakaian yang bolong atau robek. Bagi saya fashion merupakan kreatifitas dan kesenian yang harus dikembangkan untuk kedepannya. Hal ini juga yang menjadi harapan saya untuk membuka usaha sablon kaos. Sejak lulus SMA saya ingin memiliki bisnis sablon kaos digital, karena menurut saya tidak dibutuhkan banyak peralatan untuk usaha semacam ini. Dengan memiliki usaha sablon kaos digital saya bisa mengekspresikan berbagai karya design yang saya buat dalam bentuk media kaos.

    Alasan kenapa saya memilih bisnis Sablon Kaos ?

    Fashion merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan. Setiap orang membutuhkan pakaian untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua semua memerlukan pakaian. Pakaian menarik dengan design yang unik menjadi trend anak muda saat ini, terlebih lagi gambar kartun yang setiap hari ditonton oleh anak kecil menjadi hal yang menarik untuk bisa digunakan oleh anak-anak. Oleh sebab itu, Sablon Kaos digital menjadi solusi alternatif usaha untuk menciptakan berbagai keunikan dan kreatifitas tersebut. Dengan modal yang tidak cukup banyak dan berbagai keahlian yang mudah untuk dipelajari, menjadi alasan saya untuk memilih berbisnis sablon kaos dengan modal yang tidak terlalu besar.

    Inilah berbagai ide dan rencana saya dalam mewujudkan semua harapan itu!

    Semua bisnis itu perlu proses dan kerja keras untuk mewujudkannya, dibutuhkan juga strategi dan target pemasaran agar bisnis kita dapat berjalan dengan lancar. Bisnis akan sukses apabila semua dipersiapkan dengan baik dan benar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis sablon kaos digital diantaranya:

    Menguasai proses dan cara kerja pembuatan sablon kaos digital. Dengan menguasai cara kerja pembuatan sablon kaos digital kalian akan mengetahui setidaknya peralatan apa saja yang dibutuhkan ketika ingin menciptakan usaha tersebut.

    Modal yang cukup untuk investasi peralatan dan bahan. Dibutuhkan modal yang tidak begitu banyak untuk membeli peralatan sablon kaos digital, saya rasa dengan uang Rp 6 juta semua akan terpenuhi bahkan masih sisa untuk melengkapi atau pengembangan usaha yang lainnya.

    Ruangan yang cukup untuk produksi sablon kaos digital. Untuk proses pembuatanya hanya memerlukan mesin yang tidak begitu besar sehingga tidak memerlukan ruangan yang luas. Kalian bisa lakukan produksi diruangan seluas kamar tidur ataupun seruangan tamu.

    Keahlian tambahan seperti menguasai komputer dan design. Keahlian menjadi prioritas utama untuk hal ini, tanpa keahlian menguasai komputer dan design usaha sablon koas digital tidak akan berjalan dengan baik. Olehkarena itu persiapkan keahlian tersebut dari sekarang.

    Strategi penjualan dan target pemasaran produk sablon kaos digital. Strategi pemasaran suatu produk juga sangat diperlukan untuk suatu bisnis. Bisnis akan berjalan dengan lancar apabila produk dapat terjual dipasaran. Dengan target semua kalangan usia dapat ditembus, maka sablon kaos digital akan dapat diterima oleh pasar.

    Ketika semua sudah dipersiapkan dan dipelajari, langkah selanjutnya adalah Action. Saya rasa tanpa action semuanya tidak akan berjalan dan hanya menjadi angan-angan belaka. Dengan mempersiapkan semua tips diatas, pastinya kita akan siap memulai usaha sablon kaos digital. Untuk bisnis sablon kaos digital dapat kita bagi kedalam dua bidang sekaligus diantaranya dibidang jasa sablon kaos dan dibidang penjualan produk kaos. Dan untuk pemasaran jasa dan produk sablon kaos kita bisa gunakan dua teknik berikut, lokal marketing dan internet marketing. Untuk lokal marketing contohnya seperti berjualan di pasar malam, membuka kios dan menawarkan kepada teman dekat. Untuk internet marketing kita bisa gunakan jasa pasang iklan, membuka toko online dan menggunakan sosial media untuk promosi produk.

    Dan seiring berjalannya usaha kita yang tidak kalah pentingnya lagi adalah dengan cara melakukan perbaikan terus-menerus (Improvement Continueous) dan senantiasa melakukan innovasi terbaru. Innovasi yang unik dan kreatif akan meningkatkan daya tarik masyarakat serta menjadikannya pelanggan setia kita. Tidak ada usaha yang membohongi hasil, semua akan mendapatkan imbalan yang setimpal. Begitu juga dengan bisnis, semua yang kita kerahkan untuk bisnis dan usaha kita sekecil apapun akan memberikan hasil yang maksimal. Mungkin langkah terakhir kita adalah menyerahkan semua bentuk usaha kita kepada Sang Pencipta dan terus berdoa untuk kelancaran dan keberkahan usaha atau bisnis kita. Tetap semangat dan pantang menyerah !!!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 10 pengguna terdaftar dan 335 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik