Topik ini mengandung 16 balasan, memiliki 13 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  DuitPintar 1 bulan yang lalu.

  • #827

    Gan ada yang pernah ngalamin KPR turun plafon gak? Ane bingung nih, KPR di acc tapi kok turun plafon..Gimana yak?

  • #828

    Maksudnya plafon yang di-acc lebih kecil gitu kan dari yang agan minta? Biasanya sih karena analisis kreditnya gan. Ane juga pernah kok ngajuin kredit pake jaminan mobil, tapi gak di-acc sesuai yang ane minta… Mungkin karena waktu itu tagihan cc belum dibayar2

  • #829

    @Wahyusee dalam kasus turun plafon atau kredit yang dicairkan lebih kecil dari yang diminta, hal itu dapat terjadi, pendapatan dan riwayat keuangan agan dinilai tidak memenuhi syarat dengan plafon yang akan dikucurkan oleh bank. Misalnya nih, dari besaran kredit yang agan minta, jumlah cicilan perbulannya melampaui 30% dari pendapatan, sementara agan juga masih ada cicilan lain. Maka besar kemungkinan bank akan menolak memberikan plafon sejumlah yang agan ajukan.

    Sejumlah faktor lain juga berperan dalam analisis pengajuan ke bank. Ada 5 prinsip nih, yang beken disebut sebagai 5P oleh para analis bank:

    1. Personality alias Kepribadian
    – Kepribadian pemohon, termasuk riwayat hidup dan hobi, akan ditelisik. Misalnya pemohon hobi berfoya-foya, kemungkinan besar aplikasinya ditolak.
    2. Purpose alias Tujuan
    – Bank bakal menyelidiki buat apa sebenarnya pinjaman itu. Misalnya cari kredit tanpa agunan buat biayai uang muka kredit rumah. Bank bisa saja menolak permohonan karena besarnya risiko kredit itu.
    3. Prospect alias Prospek/Potensi
    – Bank akan melihat bagaimana prospek pemasukan pemohon. Misalnya ngajuin kredit saat perusahaan tempatnya bekerja dililit banyak utang. Kemungkinan besar permohonannya ditolak.
    4. Payment alias Pembayaran
    – Cara pemohon membayar cicilan sampai lunas akan dipastikan. Pemohon yang gak punya cicilan di tempat lain lebih mungkin diterima daripada yang masih harus bayar cicilan lain, misalnya kendaraan.
    5. Party alias Golongan
    – Berdasarkan data dari pemohon dan wawancara, analis mengelompokkan pemohon menurut modal, loyalitas, dan karakternya. Penggolongan ini menentukan nilai kredit yang akan disetujui.

    Agan bisa cek TKP ini untuk belajar lebih lanjut soal cara kerja analis kredit bank.

    Penting dicatat juga Dalam kasus KPR untuk rumah yang bukan dari pengembang yang sudah partner-an dengan bank, bisa jadi juga bank menaksir harga rumah tsb lebih rendah dari kesepakatan antara agan dan penjual rumah.


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #830

    Hummm, KPR turun plafon belum pernah..bunganya naik sih ngalamin terus. Nyesel juga ga ambil syariah aja yang ketauan jumlah cicilannya bakalan segitu2 aja.

  • #831

    @duitpintar masalahnya ane jadi harus ngelunasin utang ke developer sekitar 200 jutaan. Mana ada ane uang segitu banyak. Emang sih bisa dicicil ke developer, tapi dikasih waktu cuman 12x cicilan. Bayangin aja, masa ane harus sedia 16 jutaan perbulan dalam waktu setahun??

  • #833

    Kalo kredit tanpa angsuran ada ga ya?

  • #834

    paling waktu diperiksa analis bank gaji dinilai kurang sesuai sama nominal kredit yang diajukan…

  • #836

    @Jatheg emang sih gaji ane ada yang dikasih secara cash. Jadi ane jelasin ke pihak bank kalo gaji ane ada yang ditransfer, ada yang cash. Trus mrk minta buktinya. Udah ane kasih juga gan! 🙁

  • #837

    bagus gitu mungkin gan ga usah ngutang banyak2 sama bank

    teman sy kemaren mau beli rmh subsidi lewat kpr salah satu bank.. tp ga jd krn dihitung2 selama 20 thn hrs byar total bunga lebih dari 100 jt dari harga rumah 174jt

  • #838

    @Wahyusee Bisa jadi slip gaji cash yang dikirimkan dianggap belum cukup kuat sebagai bukti untuk pihak bank, makanya plafon turun. Sebaiknya gaji agan yang cash disetorkan ke bank juga, jadi dana tersebut bisa dianalisa kredit analis bank via rekening koran.


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #840

    Kalau aku sih buat beli rumah mendingan nabung aja.. Nabung pacar yang banyak duit..hihihihi

  • #842

    ikutan nyimak ya..insya allah mau kpr tahun depan

  • #843

    jangan sampe awal2 nyicil, lama2 pecicilan
    Hidup tenang tanpa utang
    Salam TAMPAN

  • #1369

    Umm kurang tepat deh nyebutnya turun plafon.

    Tepatnya jumlah plafon yang disetujui tidak sesuai dengan yang diajukan. Itu mah biasa…

  • #1372

    bener sih kata @happy_face12

    bapakku juga dulu kpr gak disetujui sebanyak yang diminta plafonnya. mungkin dilihat penghasilan sama pengeluarannya juga kali ya.

    mungkin klo dah kerja sama sama developer rumahnya baru deh, plafonnya sessuali sama harga rumah. tapi gak tau juga deh gmn. aku pribadi masiih jauuuh dari yang namanya punya rumah sendiri

  • #5890

    NGERI JUGA YA KPR BUNGNYA …!!!

    TIDAK NGIKUT KPR GAG PUNYA2 RUMAH IKUTAN KPR BUNGANYA BESAR…

    SERBASALAH JG EMMM

    • #5982

      Budie MyZa, KPR memang menerapkan bunga yang gak kecil apalagi mengingat tenor KPR umumnya cukup panjang (10-20 tahun). Makanya ada banyak faktor yang musti dipertimbangkan saat membeli rumah

      1. Inflasi.
        Kenaikan harga tanah di kota-kota besar bisa sampai 10-30% per tahun. Tanpak kredit rumah, menabung untuk mengumpukan uang dan beli tunai tentunya akan sangat sulit.
      2. Kemampuan Beli. Lagi-lagi, karena KPR merupakan komitmen yang panjang, meskipun bank dapat memberikan kredit hingga 30-40% penghasilan seseorang, sebaiknya margin tersebut jangan dihabiskan untuk kredit rumah. Tidak memungkinkan di saat KPR berjalanan margin tersebut akan dibutuhkan untuk berbagai biaya hidup lain. Baiknya sih tetap di bawah 30% saja, kecuali rumah tersebut akan dijadikan aset yang aktif menghasilkan uang  secara rutin (disewakan, etc)

      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 33 pengguna terdaftar dan 152 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik