Topik ini mengandung 27 balasan, memiliki 17 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  yakubcahaya 2 minggu, 4 hari yang lalu.

  • #1770

    Tim DuitPintar.com telah menghimpun kumpulan pertanyaan tentang kartu kredit yang sering diajukan. Punya pertanyaan lain? Langsung aja tanyakan di sini!


    Q : Apa itu kartu kedit dan bagaimana cara kerja kartu kredit?

    A : Pada dasarnya kartu kredit adalah alat transaksi pengganti uang tunai. Kartu kredit sering disalahartikan sebagai ‘kartu utang’, tapi berutang atau tidak itu sebetulnya tergantung dari tiap pemakainya. Kenali seluk beluk kartu kredit di sini…


    Q : Bagaimana cara mengajukan Kartu Kredit?

    A : Silakan mengunjungi halaman Bandingkan Kartu Kredit, pilih kartu kredit yang sesuai dengan keinginanmu, dan klik tombol ‘Ajukan’.


    Q : Proses pengajuan kartu kredit memakan waktu berapa lama? 

    A : Umumnya 7-14 hari kerja, tergantung kelengkapan dokumen.


    Q : Apa syarat mengajukan Kartu Kredit?

    A : Setiap bank memiliki ketentuan masing-masing perihal syarat mengajukan kartu kredit. Dokumen yang umumnya diperlukan adalah fotokopi KTP, fotokopi buku tabungan, dan slip gaji kamu yang terbaru. 

    Selain itu banyak juga bank yang mensyaratkan kepemilikan kartu kredit dari bank lain minimal 1 tahu


    Q : Saya belum punya kartu kredit sebelumnya, apakah saya bisa apply kartu kredit?

    A : Ada beberapa kartu kredit yang cocok buat pemegang kartu kredit pertama. Daftarnya bisa kamu lihat di sini.


    Q : Berapa limit yang bisa saya dapatkan dari Kartu Kredit yang saya ajukan?

    A : Setiap bank memiliki ketentuan masing-masing perihal limit yang diberikan, dan perhitungannya berdasarkan kemampuan yang mengajukan kartu kredit. 

    Rata-rata bank akan memberkan limit 3x dari pendapatan bulanan. Bank Indonesia juga memiliki peraturan tersendiri soal maksimum plafon kartu kredit. Kamu juga bisa membaca lebih lanjut soal asal-usul limit kartu kredit di sini.


    Q : Apa keuntungan memiliki kartu kredit?

    A : Kartu kredit membuat transaksi lebih praktis karena fungsinya adalah pengganti uang tunai. Selain itu kartu kredit juga dapat memberikan riwayat kredit yang membuat kamu lebih mudah mendapatkan produk bank lain seperti kredit tanpa agunan atau kredit pemilikan rumah (KPR).

    Kamu juga bisa menikmati fitur-fitur menarik yang tidak ditawarkan kartu debit seperti cicilan 0%, poin rewards, cashback dan banyak lagi

    Simak lebih lanjut soal berbagai manfaat kartu kredit di sini.


    Q : Bagaimana cara memilih kartu kredit yang tepat?

    A : Tepat tidaknya kartu kredit buat seseorang sebetulnya tergantung kebutuhan dan kebiasaan transaksi masing-masing. Tapi ada beberapa aspek dasar yang perlu ditilik sebelum memilih kartu kredit, seperti suku bunga, biaya-biaya lain, limit kartu kredit, keamanan transaksi dan banyak lagi.

    Simak juga 9 prinsip penting untuk memilih kartu kredit yang tepat ini


    Q : Apa bedanya kartu kredit dan kartu debit?

    A : Kartu kredit dan debit sebetulnya sangat berbeda. Sumber dana kartu debit adalah dari tabungan nasabah, dan dana yang digunakan akan langsung mengurangi saldo tabungan.

    Sementara sumber dana kartu kredit adalah dari limit kartu kredit yang telah ditentukan bank, dan nasabah baru perlu membayarkan dana yang digunakan ketika tagihan sudah dicetak setiap bulannya.


    Q : Apa itu secured credit card?

    A : Secured credit card adalah sejenis kartu kredit yang diterbitkan bank kepada nasabah yang berani menjaminkan sejumlah uang terlebih dahulu ke bank

    Baca lebih lanjut soal secured credit card di sini…


    Q : Berapa maksimal kredit yang bisa saya dapatkan dari secured credit card?

    A : Maksimal kredit yang didapatkan dari secure credit card tergantung dari besarnya jumlah jaminan yang dijaminkan oleh nasabah ke bank


    Semoga kumpulan pertanyaan tentang kartu kredit ini membantu menambah pengetahuan kamu. Kalau ada pertanyaan lain, gak perlu sungkan, langsung aja ajukan di sini atau email ke email ke [email protected].

    Kami juga sudah menyiapkan halaman FAQ yang membahas seputar DuitPintar.com dan Forum DuitPintar secara umum, kamu bisa mengaksesnya di FAQ Umum

    Untuk pertanyaan soal pinjaman lihat FAQ Pinjaman

    Untuk pertanyaan seputar investasi lihat FAQ Investasi

    Untuk pertanyaan seputar asuransi lihat FAQ Asuransi


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #5629

    Klo IRT mau apply cc pke slip gaji suami gan?

    • #5650

      I.W Aditya ibu rumah tangga bisa mengajukan kartu kredit asalkan memiliki nomor telepon rumah (dari Telkom) dan bisa menyertakan rekening koran 3 bulan terakhir. Tidak perlu menggunakan slip gaji, tapi tetap ada minimum penghasilan, tergantung produk yang dipilih.

      Untuk memilih produk yang sesuai silakan kunjung halaman Kartu Kredit ini: http://www.duitpintar.com/kartu-kredit. Terima kasih.


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #6460

    Wow, sangat informatif. Saya juga ada nih tips informatif seputar kredit, silakan ditonton

  • #2655

    Bagaiman seandainya kalau kita mengajukan aplikasi kartu kredit ke 3 bank berbeda dan semua di setujui alias di approved? Kan peraturan pemerintah hanya boleh dua.. terima kasih sebelumnya yg bisa kasih jawaban..

  • #2661

    Bantu jawab ya, setahu saya karena dari pemerintah memang 1 orang cuma boleh memegang kartu kredit dari maks. 2 penerbit kartu yang berbeda, jadi kalau diapprove tiga2nya, ya mau ga mau salah satunya jangan diaktifkan. Kalau kita punya 3 kartu kredit dari 3 penerbit yang berbeda dan ga ditutup2 juga, nantinya dari penerbit kartu yang turun tangan. Mereka yang akan diskusi untuk memutuskan siapa yang akan menutup layanan kartu kredit pelanggan

  • #2662

    Ohh gitu ya mba, jd klo 3nya datang salah satunya harus atau tdk usah di aktifkan ya, emang tidak apa2 ya klo tdk di aktifkan tdk kena biaya tahunan kan? kata teman saya biasa pihak tersebut yg aktifkan dengan sendirinya.. makasih ya mba..

  • #2663

    Trus ada konfirmasi ke sy kan jika disuruh pilih yg mana yg mau di non aktifkan..

  • #2664

    bantu jawab ya, kayaknya harus dari mas yang nentuin deh mau nutup yang mana. Dan ga ada konfirmasi apa-apa cmiiw 🙂

  • #2665

    Berarti harus ke banknya ya klo mau di tutup walaupun misalkan kita belum buka segel kiriman kartu kredit dan ga mau aktifin… makasih

  • #3314

    Hi.  sebelumnya mohon maaf kalau salah topik dan tolong kasih tau kalau seharusnya saya membuat topik baru saja. Mau tanya.  Ini pertama kali seumur hidup saya mengapply kartu kredit. Saya apply kartu kredit Mandiri visa Silver. Saya memasukkan formulir dan berkas nya kira kira dua minggu lalu dan hari ini saya dikirimi 2 kartu kredit yang tidak sesuai pilihan saya, tapi limit dan benefit nya lebih tinggi yakni visa platinum dan fengshui cars saw d.sampai sekarang, saya belum mengaktifkan keduanya. Yang ingin saya tanyakan, bisakah saya kembali ke Bank dan meminta agar kartu kredit saya ditukar saja dengan yang sesuai dengan yang saya minta? Alasan saya adalah karena saya hanya “ikhlas” membayar biaya tahunan untuk visa Silver… Pertanyaan kedua, pada waktu bertanya jawab dengan cs dan sales nya, saya diinformasikan bahwa sedang ada promosi gratis iuran tahunan selama 2 tahun. Tetapi di buku panduan dan brosur benefit yang terkirim bersama 2 kartu kredit diatas tetap tertulis iuran tahunan sebesar Rp. 600.000.Apakah informasi bahwa sedang ada promosi gratis iuran tahunan itu bisa dipercaya? Ketiga, apakah ada kemungkinan bahwa saya di tipu, baik oleh pihak Bank sebagai institusi maupun oleh Sales kartu kredit nya? Keempat, saya membaca komentar diatas, apakah benar bahwa karena kartu itu attached dengan nama saya, maka pada suatu waktu pasti akan teraktifasi secara otomatis? Mohon share nya. Terima kasih.

  • #1363

    saya mengajukan pembuatan kartu kredit baru bank lain selalu gagal, apakah dari rekan- rekan bisa memeberikan masukan,untuk pembayaran saya lancar jaya tidak pernah minimum payment dan telat, apakah karena pemakaian saya 95 %/full, baik nya bagaimana?
    semisalnya saya pemakaian berjalan 95% sebelum tanggal cetak saya bayar 95% ,setelah tanggal cetak saya gesek lagi sekitar 90% apakah berpengaruh ngga dengan pengajuan kartu kredit yg lain , mohon saran dan masukan buat suhu suhu.

  • #1365

    Hi @siapjalan,

    Selamat bergabung di Forum DuitPintar ya!

    Sebenarnya dalam pengajuan aplikasi kredit apapun, termasuk kartu kredit, pihak analis menerapkan 5 prinsip yang dikenal sebagai 5C yakni:

    1. Character: Analis akan melihat karakter kita sebagai nasabah perbankan. Kalau kita pernah bermasalah dalam pembayaran pinjaman/kredit ke bank dan bahkan masuk blacklist Bank Indonesia, ya pasti susah dapat persetujuan kartu kredit. [Baca: Aplikasi Kredit Sering Ditolak? Coba Cek Status Blacklist BI Kamu]

    2. Capacity: Analis akan memastikan kita sanggup membayar tagihan kartu kredit tiap bulan. Kalau tabungan mepet dan gaji pas-pasan, peluang dapat kartu kredit dengan limit tinggi sangat kecil.

    3. Capital: Analis juga akan melihat modal yang kita miliki. Semakin banyak modal, contohnya tabungan, makin tinggi rating kita di mata analis.

    4. Conditions: Analis bakal memeriksa kondisi kita yang berpengaruh pada penggunaan kartu kredit. Misalnya status pekerja outsource/honorer peluang aplikasinya disetujui lebih kecil daripada yang udah tetap. Kalau wiraswasta tapi kondisi usaha seret melulu, ya bank juga akan mikir buat nerbitin kartu kredit.

    5. Collateral: Collateral adalah agunan/jaminan. Kartu kredit adalah cash collateral atau pinjaman yang gak butuh agunan berupa aset. Jadi analis gak akan meminta aset untuk menilai rating kartu kredit kita. Beda urusannya kalau kita ngajuin secured credit card atau kredit tanpa agunan (KTA).

    Sumber: Cara Agar Aplikasi Kredit Disetujui

    Dari 5 prinsip diatas, coba deh pertimbangkan lagi. Biarpun pembayaran gak pernah telat dan gak pernah minimum payment,bagaimana dengan kapasitasmu untuk membayar tagihan kartu kredit baru (bila disetujui nanti)? Ini dilihat dari adanya kredit jenis lain, juga histori rekening tabungan, sumber penghasilan, dll.

    Semoga bermanfaat. Good luck!


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #1366

    Ooh gitu toh rupanya, jadi emang riwayat rekening tabungan musti bagus ya.

    Deg2an nih apply kartu kredit pertama kali. @siapjalan semangat ya!

  • #1395

    baru tau diliat riwayat tabungan, perasaan riwayat tabungan bagus dan nilai nya ok.
    kalo saya liat sih masalah nya dari pemakaian kartu yang ngga boleh 90% saat pengajuan.
    maklum lah saya konsumtif pemakaian cc…

  • #1546

    apply di bank yang ga terkenal aja bro, kalo ke bank kaya BC* Mand*ri agak susah kalo kartukredit pertama, mending bikin di bank laen, nanti biar jadi batu loncatan gitu

  • #2021

    Halo Agan agan,

    Perkenalkan nama saya deni, 3 minggu yang lalu coba apply mega card dari duit pintar yang kemudian di link kan ke website nya mega. saya coba apply dan per hari ini saya tanya statusnya via 1500010 ternyata statusnya belum masuk. adakah yang pernah mengalami hal seperti itu?

    saya cek histori emailnya juga ga ada karena waktu itu masuknya ke junk jadi kayaknya dah ke auto delete.

    mohon pencerahan

     

    Thanks

    Deni

  • #2030

    saya juga pernah ngalamin hal yang mirip2 gan. cuma, bedanya itu pengajuan kta. saya ngajuin online..terus cuma dikontak sekali sama marketingnya. tp langsung saya catet nomornya dan saya kontak langsung ke dianya. akhirnya (di-approve sih, tapi rada lama..)

    emang agan belum pernah dikontak sama sekali selain lewat email? kayaknya 3 minggu lama bgt deh..

  • #2031

    setelah ta cek ada email 3 minggu yang lalu, ane telepon lagi ke cs nya dan ternyata jadi ada..sempat di tlp sekali untuk verifikasi data. namun sayangnya cc nya ditolak entah kenapa hehehe padahal berbekal bca gold ;(

  • #2036

    wah aneh ya, padahal kalo udah punya bca gold bisa dibilang bakal tembus ke cc mana aja, secara gitu bca mo diacc aja susahnya ampun-ampunan

  • #2037

    emang paling ngeselin ya kalo apply sesuatu ditolak terus ga ada jawaban kenapa. berasa diputusin pacar tanpa alasan yang jelas *cieilaaaah*

    eniwei, sorry jadi keluar topik nih gan. @asepdeni bca agan kok bisa diapprove? emang udah lama nasabah bca kah? saya berapa kali coba gagal terus. tolong pencerahannya gan. makasih

  • #2123

    Duit Pintar,

    apa saya bisa dibantu untuk pengajuan kartu kredit,

    saya sudah ada bni platinum

    saya ingin membuat cc lain dengan limit minimal 50jt per 1 kartu

    apa bisa dan persyaratannya apa saja

    terima kasih

  • #2125

    Hi Halim Handoko,

    Terimakasih atas ketertarikan kamu dengan produk DuitPintar, untuk rekomendasi kartu kredit yang sesuai dengan keinginan kamu adalah Standard Chartered Bank. Dan untuk limit 50 juta yang kamu inginkan, syarat utamanya adalah penghasilan kamu paling tidak sudah mencapai 20 juta sebulan. Untuk informasi lengkapnya silakan buka https://www.duitpintar.com/kartu-kredit/standard-chartered-mastercard-titanium

    Jika kamu bersedia, kami dapat menghubungi kamu langsung untuk menjelaskan produk kartu kredit tersebut. Silakan PM no telepon kamu ya, nanti kami akan menghubungi kamu via telepon.

    Terimakasih


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #2128

    Rata-rata bank yang ngeluarin CC limit 50 juta itu kan udah kelas platinum, udah punya yang kelas platinum bni masih kurang pak? hehehe

  • #2667

    @Basry Syam iya, gan, sebaiknya langsung hubungin banknya aja untuk nutup kartu kreditnya. Bisa aja salah satunya ga diaktifin, tapi saya pernah baca ada kasus kartu kredit ga pernah diaktifin tapi kena iuran tahunan.

  • #3354

    Hi Heru. Thanks sudah mampir ke Forum DuitPintar. Iya sih, baiknya buat topik baru kecuali pertanyaannya sama persis dengan thread starter, agar lebih mudah dibalas oleh pihak admin dan teman-teman komunitas DuitPintar 🙂

    1. Semestinya kita bisa meminta jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita, apalagi itu berkaitan dengan besaran iuran tahunan juga. Beda halnya kalau minta naik limit, tapi pendapatan dinilai tidak sesuai oleh bank.

    2 &3. Lagi-lagi seharusnya, informasi pihak CS dan sales bank bisa dipercaya. Baiknya sih konfirmasi lagi dengan call center bank yang tidak punya insentif lansung atas pengajuan kartu kredit, apakah promosi tersebut masih berlaku atau tidak, dan berlaku sama kapan. Apakah itu berlaku untuk semua aplikan, atau ada syarat dan ketentuan khusus.

    4. Aktivasi kartu tidak seharusnya otomatis. Tapi kesalahan bisa saja terjadi, entah itu human error atau sistem, jadi baiknya hubungi langsung pihak bank kalau mau membatalkan keanggotaan kartu kredit.

    Semoga jawaban ini bermanfaat ya 🙂


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #5086

    Hallo,

    ada yang ingin saya tanyakan mengenai produk ANZ moneyline.

    1. Di dalam keterangan situs ANZ moneyline F.A.Q ada yang berbunyi :
      Apa yang terjadi pada limit akun ANZ moneyline saya setelah saya melakukan pembayaran atas tagihan penggunaan akun?”
      Setelah ANZ menerima pembayaran dari anda, limit kartu ANZ moneyline anda akan kembali naik setara dengan jumlah yang anda bayarkan.

      Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah ketika saat kita membayar tagihan secara full payment ataupun cicilan maka, limit dari kartu ANZ moneyline akan naik otomatis?

      Contoh : Kita ambil dana 20jt dari ANZ moneyline yang kita punya dengan limit 20jt, kemudian dalam 10 hari kita kembalikan full payment berikut bunga dll, maka limit anz yang kita punya akan naik menjadi 40jt

    2. Jika tidak demikian maka, bagaimana cara menaikan limit ANZ moneyline? dan berapa lama pemakaian ANZ moneyline untuk bisa diajukan kenaikan limitnya?

    Terima kasih~

  • #5089

    Hai Keysha Arvando,

    1. Limit kembali naik setara dengan jumlah yang Anda bayarkan berarti, Kalau limit Moneyline Anda Rp20 juta, dan Anda tarik Rp20 juta. Limit anda = Rp0. Ketika Anda bayar kenbali Rp20 Juta berikut bunga, berarti limit kembali ke Rp20 Juta.
    2. Ada banyak faktor yang dinilai bank dalam menaikkan limit kredit, apapun jenisnya,termasuk penghasilan dan juga kredibilitas (biasanya dilihat dari penggunaan dan pembayaran tagihan). Untuk limit maksimal kredit biasanya tidak melebihi 5x penghasilan bulanan. Kemudian ada juga faktor lain seperti kredit yang berjalan di bank lain, termasuk, KPR, kartu kredit, dll. Untuk mengetahui berapa lama pemakaian sebelum bisa mengajukan kenaikan limit, silakan call center ANZ/kantor cabang terdekat ANZ di daerahmu 🙂

    Terima kasih.


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 37 pengguna terdaftar dan 173 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik