Topik ini mengandung 4 balasan, memiliki 3 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Dominik 2 tahun, 3 bulan yang lalu.

  • #4281

    MAKNA DAN TAHAPAN PENGELOLAAN FINANSIAL MENUJU KEMANDIRIAN FINANSIAL BAGI MAHASISWA(I) DALAM MENEMPUH PERGURUAN TINGGI

    Kemandirian finansial bagi seorang mahasiswa(i) adalah kemampuan atau usaha mahasiswa dalam mengelola finansial secara tepat guna dalam mencapai tujuan yang diharapkan (menyelesaikan kuliah tepat pada waktu yang ditentukan atau bahkab lebih cepat dair itu). Pengeloaan tepat guna berarti mahasiswa(i) menggunakan finansial (keuangan) yang diperoleh pada hal-hal yang memang dianggap penting dan mendesak. Hal-hal yang penting seperti keperluan dalam rutinitas kseseharian hidup. Artinya penggunaan finansial harus relevan dengan kepentingan belajaranya.

    Dalam menunjang pencapaian kemandirian finansial, ada beberapa tahapan yang mestinya ditempuh. Pertama: Menggunakan pikiran logis dengan mengutamakan tujuan pendidikan yang sedang di jalani. Pemikiran yang logis harus mampu memilah keinginan konsumtif yang mengakibatkan penggunaan finasial pada hal-hal yang semestinya tidak perlu dan mengakibatkan ketiadaan finansial yang bekakibat pada kegagalan dalam perkuliahan. Kedua: Menginfestasikan finansial yang dimilki dalam hal-hal yang berhubungan dengan profesi sebagai seorang mahasiswa(i) dalam bentuk kreatifitas seperti ketrampilan menulis, ketrampilan, merancang media pembelajajara, dan ketrampilan yang berhubungan dengan teknologi yang dibutuhkan pada zaman sekarang.  Ketiga: Kedisiplinan dan konsistensi dalam mengelolah finansial. Pada tahapan ini, seseorang mahasiswa(i) dituntut untuk disiplin dalam mengimplementasikan daya imajinasi, ide, dan kreatifitas yang dimilki. Kemampuan yang dimiliki harus dilakukan secara terus-menerus dengan perbaikan-perbaikan yang dianggap perlu demi pencapaian yang lebih sempurna. Sedangkan, pada bagian konsistensinya, sesorang tidak perlu mengubah daya imaginasi atau kreatifitas namun perlu beradaptasi dengan perubahan dan keadaan zaman yang sedang terjadi kebutuhan-kebutuhan masyarakat secara umum.

    Dengan defenisi serta tahapan-tahapan di atas, semoga tulisan ini menjadi suatu sumbangan positif bagi khalangan mahasiswa(i) yang sedang menempuh pendidikan pada perguruan tinggi masing-masing dalam upaya membantu diri sendiri, orangtua, pemerintah, dan siapa saja yang berkotribusi dalam dinia pendidikan.

     

  • #4283

    Kalau dapat sumbangan finansial, saya dpat menggunakannya untuk penelitian dan penyelesaian skripsi.

     

    • #4302

      Mantap sekali pemikirannya. Mahasiswa FISIP kah?
      Tapi kalau mau ikutan kontes sepertinya gak sesuai deh topiknya.

  • #4389

    pemikran yang sangat luas dan jarang terfikirkan bagi mahasiswa ataupun mahasiswi sekarang ini…

     

  • #4423

    Kalau dapat uang 6 juta, saya akan pakai untuk keperluan kursus bahasa Inggris buat anak-anak dan sekaligus biaya penelitian……………………..

     

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 7 pengguna terdaftar dan 470 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik