Topik ini mengandung 7 balasan, memiliki 8 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  maxxdonn 3 tahun, 7 bulan yang lalu.

  • #1655

    Bareksa.com – Mengunjungi tanah suci Mekah untuk menunaikan umroh salah satu hal yang diidam-idamkan oleh umat Islam. Namun, ibadah umrah bukan saja memerlukan kesiapan mental saja, tetapi juga kesiapan finansial. Saat ini biaya untuk menunaikan umroh sekitar Rp 25 – 30 juta per orang.

    Bagi orang yang memiliki cukup harta (uang) mungkin tidak akan kesulitan untuk membayar biaya tersebut. Namun, bagi mereka yang dananya pas-pasan harus mengumpulkan uang terlebih dulu untuk biaya umroh tersebut. Ada dua cara agar dana untuk umroh bisa terkumpul : (1). Menabung di bank, (2) Investasi (menabung) di reksa dana.

    Pertanyaannya, langkah mana yang lebih cepat agar biaya umroh bisa segera terkumpul dan siap berangkat ke Tanah Suci Mekah, lewat menabung di bank atau berinvestasi di reksa dana?

    Ternyata agar biaya umroh lebih cepat terkumpul bila kita berinvestasi di reksa dana ketimbang menabung di bank (lihat simulasi di bagiah bawah artikel)

    Ahmad Ghozali, salah satu Independent Financial Planner menjelaskan kepada Bareksa, reksa dana syariah bisa menjadi sarana untuk mempersiapkan kebutuhan finansial dalam melaksanakan ibadah umroh. “Untuk ibadah seperti umroh, sebaiknya pilihan investasinya berbasis syariah seperti reksa dana syariah,”

    “Dengan berinvestasi syariah untuk tujuan ibadah, tentunya kita akan menjadi tenang dan mendapat berkah karena asal sumber hasil keuntungan dari dana yang kita investasikan terjamin kehalalannya dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah,” ujar pria yang juga penulis buku ‘Habiskan Saja Gajimu dan Magnet Rezeki’ ini.

    “Untuk ibadah umroh, reksa dana yang dipilih adalah produk reksa dana campuran syariah. Sebab saat ini pasar saham sedang dalam masa recovery dan berpotensi akan ada kenaikan pada harga saham, suku bunga pun turun (saat ini BI Rate sudah turun menjadi 6,75 persen dari semula 7 persen) dan harga obligasi cenderung naik,” kata Ghozali menambahkan.

    Ghozali menjelaskan dalam ibadah umroh tidak ada ketentuan tertentu, seperti ibadah Haji. Dalam satu tahun ada waktu sekitar sembilan bulan untuk melakukan ibadah umroh sehingga strategi yang dapat digunakan adalah target dana. Ketika dana yang ditargetkan untuk ibadah umroh sudah terpenuhi maka uang yang tersimpan dalam reksa dana dapat dicairkan.

    “Seandainya reksa dana campuran syariah yang dipilih menurun, maka dapat ditahan terlebih dulu karena untuk ibadah umroh juga tidak ada batasan waktu tertentu, sehingga apabila target dana sudah tercapai uang dapat dicairkan untuk melaksanakan ibadah umroh.”

    Saat ini biaya untuk ibadah umroh sekitar Rp25 juta, mari coba kita simulasikan dengan menggunakan tool Simulator Bareksa untuk mengetahui seberapa cepat dan hasil investasi pada reksa dana campuran syariah.

    Dengan periode tiga tahun ke belakang, kita memilih investasi reksa dana Trim Syariah Berimbang. Investasi awal kita tempatkan dana sebesar Rp700 ribu, kemudian tambahan investasi rutin setiap bulan, misalnya setiap tanggal 07 sebesar Rp700 ribu.

    Kira-kira uang kita akan menjadi berapa? Apakah cukup untuk ibadah umroh?

    Grafik: Hasil Investasi Reksa Dana Campuran Syariah selama 3 tahun

    Berdasarkan hasil simulator investasi tersebut, uang yang terkumpul dalam kurun waktu 3 tahun telah mencapai Rp25,2 juta. Saat ini dana investasi tersebut telah berkembang Rp 1,46 juta menjadi Rp26,66 juta atau tumbuh sekitar 5,80 persen.

    Sementara bila uang hanya ditabung di bank, dengan asumsi suku bunga tabungan sebesar 1 persen per tahun , maka uang kita bertumbuh menjadi Rp25,59 juta atau keuntungan yang diperoleh hanya sekitar Rp 390 ribu saja.

    Investasi reksa dana dan menabung dapat memenuhi keperluan biaya untuk beribadah umroh sebesar Rp25 juta. Namun, berinvestasi reksa dana syariah untuk keperluan ibadah seperti umroh ini target pengumpulan biayanya bisa lebih cepat tercapai dibanding disimpan di tabungan.

    Dengan berinvestasi di reksa dana syariah, kita bisa tenang dan mendapat berkah karena uang yang diperoleh berasal dari rezeki yang halal.

    lanjut :


  • #1674

    isinya bagus. tapi grafiknya mana ya?

  • #1715

    reksa dana syariah tuh sistemnya spt apa sih?? koq bisa syariah,,bknnya prinsipnya untung2an ya?

  • #1809

    Kalau rd syariah itu minimumnya brp ya? Dan apakah risikonya sama spt rd yg biasa?

  • #1820

    reksadana sama trading forex cepat mana mas kalo untuk mencari profit ? saya coz baru belajar trading forex dan ngikutin sinyal gratis Hidden Content hasilnya cukup lumayan juga.

  • #1821

    Forex lebih risky ga sih ketimbang reksa dana? Udah gitu musti mantengin sendiri pula hari per hari (malah temen gue bilang tiap menit diliatin)..

    Cuman emang sih kayanya forex lebih cepat menghasilkan. Cuma ya gitu, kudu ahli dan kudu mainc cepet. Kalo gue yg ga ada waktu mantengin investasi forex, kayanya mendingan reksa dana aja yang udah dikelola sama yg lebih ngerti.

  • #1853

    Pengen ambil reksadana hubunginya kemana ya?

  • #1862

    buat yg masi baru di bidang investasi, menurut ane reksa dana udah paling cocok deh. ada yang ngaturin soalnya, jadi bisa belajar, bisa dibilang renang sembari minum aer

    makasih info nya TS

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 21 pengguna terdaftar dan 466 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik