Topik ini mengandung 7 balasan, memiliki 7 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  nimbrung 3 tahun, 3 bulan yang lalu.

  • #1856

    Menabung Pangkal Kaya? Bunga Tabungan 1% Vs Hasil Reksa Dana Pasar Uang Bisa 8%
    Jika Anda menabung Rp1 juta, maka setahun kemudian uang Anda akan berkurang signifikan. Kenapa bisa?

    Pepatah ini terus ditanamkan ke kita, semenjak kecil: “Menabung itu pangkal kaya”. Tapi, benarkah demikian?

    Jawabannya jelas: tidak benar. Faktanya, sekadar menabung di bank tidak akan membuat kita menjadi kaya. Alih-alih menjadi kaya, bahkan uang kita akan terus tergerus kenaikan harga (inflasi) dan biaya bank.

    Masih banyak yang belum tahu, ada cara lain supaya uang kita bertambah banyak dari waktu ke waktu, di atas kenaikan harga. Cara itu adalah: “menabung” di reksa dana pasar uang.

    Menabung di reksa dana pasar uang aman, karena resmi dan diawasi pemerintah. Selain itu, risikonya sangatlah kecil karena mayoritas dana ditempatkan dalam bentuk deposito. Akan tetapi, di sisi lain, hasilnya berpotensi jauh lebih tinggi dibanding bunga tabungan. Di sebuah bank, untuk saldo di bawah Rp50 juta, saat ini bunga tabungan yang diberikan paling tinggi cuma 1 persen. Ini belum lagi dipotong pajak dan biaya administrasi bank.

    Kenapa hasil reksa dana pasar uang bisa lebih tinggi daripada deposito? Reksa dana adalah kumpulan uang nasabah, yang nilai totalnya cukup besar, bisa puluhan atau ratusan miliar rupiah. Karena itu, bank lalu memberikan bunga khusus yang lebih tinggi kepada pengelola reksa dana pasar uang, dibandingkan kepada pemilik deposito individu.

    Grafik: Perbandingan Hasil Menabung di Reksa Dana Pasar Uang dengan Bunga Tabungan dalam 1 Tahun

    Mari kita hitung dan bandingkan, menggunakan Simulator Bareksa. Misalkan Anda menaruh uang di bank sebesar Rp1 juta pada September 2014. Jadi berapa nilai tabungan Anda setahun kemudian?

    Perhatikan tabel di bawah. Jika kita anggap bunga tabungan yang didapat 1 persen setahun, uang Anda setahun kemudian malah berkurang jadi tinggal Rp888 ribu saja — tergerus Rp112 ribu. Bunga yang Anda dapatkan bahkan tidak menutup biaya administrasi yang dikenakan bank setiap bulan. Bunga tabungan juga dipotong pajak penghasilan 20 persen. Ini belum lagi memperhitungkan inflasi (kenaikan harga barang) yang setahun bisa mencapai 6-7 persen — jauh lebih tinggi dari bunga tabungan yang cuma 1 persen itu.

    Tabel: Simulasi Tabungan Vs Reksa Dana Pasar Uang

    Sekarang, coba Anda bandingkan jika uang Rp1 juta itu Anda tabung di reksa dana pasar uang, setahun yang lalu. Maka, sekarang uang Anda menjadi Rp1,08 juta — bertambah Rp79 ribu atau naik 7,94 persen. Hasil ini bersih karena hasil reksa dana tidak dikenakan pajak.

    Grafik: Simulasi Hasil Menabung di Reksa Dana Pasar Uang dalam 1 Tahun

    Selain itu, penting Anda perhatikan pada grafik di atas, uang Anda (garis biru) tumbuh melebihi angka inflasi (kenaikan harga, garis merah) yang terus meningkat. Artinya, uang Anda tidak tergerus laju kenaikan harga — berbeda daripada jika Anda simpan di tabungan.

    Tertarik? Silakan Anda pelajari reksa dana pasar uang berikut yang bisa Anda beli di marketplace Bareksa
    List Reksa Dana Pasar Uang

    Singkat kata, camkanlah: sekadar menabung di bank bukan lagi pangkal kaya šŸ™‚

    ARTIKEL LENGKAP: Menabung Pangkal Kaya? Bunga Tabungan 1% Vs Hasil Reksa Dana Pasar Uang Bisa 8%


  • #1868

    kalo ikutan gini berarti saya otomatis dipotong 100 ribu dari tabungan?

  • #1883

    @marijann, saya baru baca2 soal RD…itu tergantung sih pilih mau debit otomatis atau mau top up sendiri. betul gak min?

  • #1898

    gw pemula banget nih buat yg gini-ginian, sempet baca di blog DP kalo reksadana itu produk yang cocok buat pemula, apa bener min? Beneran pasti untung ga sih klo pake reksadana itu?

  • #1907

    ga usah bingung mau ikutan reksadana atau ga, kalo emang ada dana nganggur, langsung beliin reksadana aja, gw udah ngebuktiin kalo reksadana itu tokcer… hehehe, lumayan buat dipake ngendepin duit yang nganggur, daripada di taro tabungan biasa :p

  • #1961

    @okeputz, yakin tuh tokcer? klo 100ribu tp kapan kayanya yah?

  • #1962

    @Baroneng ya gak usah ngarep kaya juga kalo nabungnya cuma 100ribu per bulan yah. Tapi kayak pepatah bilang, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. ya ga??

    investasi tuh gak ada yangĀ pastiĀ untung. yang bilangĀ pastiĀ itu menipu. yang ada tuh risiko kecil atau risiko besar. potensi kecil potensi besar.

    @pitonular37, kalo mau yangĀ hampir pastiĀ ada untungnya yah pilih jenis RD yang gak berisiko tinggi2 amat, dan riwayat kinerjanya bagus. yang mana? coba tanya mbah gugel deh hehehe

  • #2489

    sisi jeleknya reksa dana, memang bisa untung 8% tapi bisa juga minus. tapi waktu reksa dana saya minus bukan pasar uang sih, melainkan campuran

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 21 pengguna terdaftar dan 458 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik