Topik ini mengandung 18 balasan, memiliki 12 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  cantik08 3 tahun, 6 bulan yang lalu.

  • #327

    mau tanya ya..

    sy sudah coba cari2 info mengenai perbandingan kta dengan kredit multiguna. yang sy tangkap:
    – kta itu tanpa jaminan, kredit multiguna pakai jaminan
    – kta prosesnya lebih cepat, tapi bunga lebih tinggi

    apa benar begitu? mohon koreksinya.

    berhubung sy perlu dananya cpt, pengennya sih kta. rasanya saya ckp memenuhi syarat, karena saya udh kerja 3 thn di perusahaan yang sama…jadi soal slip gaji ga masalah.

    kendaraan sy udah disekolahin buat kebutuhan keluarga… kendaraan suami juga disekolahin buat bisnisnya. tinggal rumah warisan nih yang bisa disekolahin..tapi rumah rada2 ngeri ya … kira-kira baiknya gimana?

    makasih.

  • #328

    @cantik08 memang butuh dananya seberapa cpt sih? kalo ada aset yg bisa dijaminin mendingan pake jaminan aja deh. paling oke kendaraan. kta bunganya guede banget. capek loh bayarnya #pengalamanpribadi

  • #329

    nyimak ah buat nambah ilmu

  • #376

    wuih mantap..rumah mau disekolahin juga. ane aja nyaris ga lulus tuh sma…ngayap melulu

  • #377

    Hi @cantik08 selamat bergabung ya!

    Secara umum apa yang kamu pahami sudah betul,

    Sebetulnya asalkan kamu membuat keputusan dengan hati-hati, menggunakan aset yang ada sebagai jaminan dibandingkan kredit tanpa jaminan bukan ide buruk.

    Supaya gak galau lagi, menentukan pilih yang mana, coba deh kamu tanyakan ke diri sendiri:

    1. Seberapa besar dana yang kamu butuhkan? – Dalam kasusmu, kalau memang dana yang dibutuhkan terlampau kecil dibandingkan nilai rumah yang dimiliki, cukup masuk akal memakai KTA. Tapi usahakan lunasi cepat supaya gak musti banyak bayar bunga.

    2. Bagaimana kesanggupanmu cicilan pinjaman? (KTA/Multiguna?) Ini salah satu hal yang terpenting. Jangan sampai lebih dari 30% total penghasilan (suami+istri) dipakai buat bayar cicilan utang. Pilih KTA maupun multiguna, poin ini tetap penting πŸ™‚ Ini juga menentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan buat membayar lunas utang tersebut.

    Belum lama ini DuitPintar juga membahas soal perbandingan KTA dan kredit multiguna. Bisa jadi referensi kamu supaya ga salah pilih. Silakan diintip:

    Karakteristik KTA:
    – Bunga pinjaman relatif tinggi
    – Tenor (jangka waktu pelunasan) kredit pendek, sekitar 1-2 tahun
    – Jumlah maksimal pinjaman kecil, kira-kira maksimal Rp 50 juta
    – Proses pencairan lebih cepat
    – Syarat lebih sedikit (gak perlu aset)
    – Biasanya dipakai buat hal-hal yang bersifat mendesak, seperti bayar uang sekolah dan renovasi rumah saat musim hujan

    Berikut ini karakteristik kredit multiguna:
    – Bunga pinjaman relatif rendah
    – Tenor kredit lebih panjang, bisa sampai 25 tahun
    – Jumlah maksimal pinjaman lebih besar, sampai miliaran
    – Proses pencairan lebih lama karena ada appraisal (penilaian) dari bank
    – Syarat lebih komplet
    – Biasanya dipakai buat kebutuhan jangka panjang, seperti kredit usaha atau kredit pemilikan rumah (KPR)


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #378

    alhamdulillah, gak pernah utang, selalu ada rejeki. gak usah berurusan sama hal haram kayak utang piutang.

  • #379

    @firaaz enak yee yang udah kaya, ga perlu ngutang… hidup bergelimangan rejeki. ane sih gak munafik ya, hidup jaman sekarang tuh susah. kalo gak ada cara buat minjemmm,,, bapak ibu ane mungkin bakalan makan nasi kerak doang seumur hidup.

  • #380

    saya sudah pernah nyekolahin rumah di sebuah bank negara. tetap bikin sesek keuangan kalau kelamaan dan kebesaran. intinya utang seperlunya, hati-hati betul, jangan kelamaan…dan cari yang bunganya sekecil mungkin.

  • #381

    @firaaz produk syariah kan ada? @nimbrung setuju sih mending cari yang bunga kecil. kta bunganya kayaknya gede ya? 12% apa berapa gitu kan setahun?

    saya dulu nyekolahin BPKB mobil buat ngembangin usaha dagang. sudah diwanti2 betul sama istri supaya hitung yang teliti. jangan sampe cicilan utang + bunga lebih besar daripada hasil usaha. jadi saya ga ambil sebesar limit yang dikasih, cuma seperlunya. alhasil hati lebih tenang. sekarang udah lunas dan bisnis saya terus berkembang πŸ˜€

  • #382

    ooh, kta rata2nya limitnya kecil juga ya? kayaknya sy cb sekolahin rumah aja. butuh dananya lumayan sih, buat tanam modal di bisnis keluarga πŸ™‚

  • #701

    haram

  • #383

    @bidadari: bidadari apa malaikat maut sih? tolong hargai yang bikin topik dong.

  • #384

    @MasterUmb33 woles bro. masih pagi, cuekin aja πŸ™‚

  • #385

    saya selalu terbentur masalah tdk punya aset yang dijaminkan. jasa pinjaman di daerah saya bunganya besar2, tp untuk kta syaratnya terlalu sulit buat saya πŸ™

  • #386

    @pebisniskecil nyoba kur aja gmn?

  • #387

    saya pernah nyoba ngajuin kur…eh yang dateng kur…ang ajar

    emang program itu masih ada ya? bukannya dihapus?

  • #1405

    Yang bunganya kecil. Biasanya sih yang pake jaminan. tapi gak selalu juga sih KTA tuh bunganya gede. Ceki2 aja yang lago promo sis…

    • #1425

      Betul apa yang dibilang @andrie_chen. Meskipun DuitPintar sebelumnya menyebutkan bunga KTA relatif lebih besar daripada pinjaman multiguna, gak selamanya itu benar. Makanya kita musti rajin2 membandingkan, kan sekarang bisa lewat internet..Jadi kita jangan keburu tarik kesimpulan sebelum cari tahu kebenarannya πŸ™‚


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #1614

    akhirnya sy pake KTA aja. rupanya proses kredit dengan jaminan agak lama ya

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 9 pengguna terdaftar dan 539 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik