Topik ini mengandung 4 balasan, memiliki 5 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  nimbrung 2 tahun, 9 bulan yang lalu.

  • #2386

    Dari Kompas Online nih:

    Banjir Modal Karena Pengampunan Pajak, Apa Risikonya?

    Kebijakan pengampunan pajak atautax amnesty yang dilakukan pemerintah diyakini akan membuat aliran modal asing membanjiri Indonesia.

    Lalu, apa risiko yang dihadapi dengan banjir modal tersebut?

    Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas Leo Putra Rinaldy menyatakan, aliran modal yang masuk alias capital inflow akan menjadi bahaya apabila fundamental ekonomi Indonesia belum bisa menyeimbangi sentimen yang ada. Hal ini bisa terjadi, bila bank sentral AS melakukan normalisasi kebijakan.

    “Kalau misalnya fundamental ekonomi tiba-tiba ke depannya malah membaik dan saat terjadi normalisasi di AS, The Fed menaikkan suku bunga acuan lebih tinggi dari espektasi maka akan ada potensi outflow karena fundamentalnya tidak sesuai dengan espektasinya,” kata Leo, Minggu (31/7/2016).

    Namun demikian, Leo tidak memungkiri aliran modal masuk dalam jumlah besar akan berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah. Akan tetapi, ia memandang penguatan rupiah secara signifikan bakal terjadi pada kuartal IV 2016.

    “Dampak dari repatriasi terhadap rupiah itu baru terjadi di kuartal IV. Dampak dari sentimen tax amnesty itu sudah terjadi,” ungkap Leo.

    Leo mengaku tak bisa memperkirakan level rupiah ketika terjadi penguatan tersebut. Namun dia yakin Bank Indonesia (BI) akan tetap menjaga nilai tukar meski ada aliran modal yang membanjiri Indonesia.

    Lagi belajar-belajar supaya melek ekonomi dikit nih. Sebetulnya sih masih bingung, hehehe. Menurut temen-temen gimana? Bagi yang lebih mengerti beginian, tolong kasih pencerahan. Saya pengen belajar 😀

  • #2391

    Ane masih bingung banget gan.

    Kalau internet marketer itu bayar pajak nggak ya? Semua nggak dilacak. Amnesty  ikut sih ikut aja. Tapi 30% penghasilan buat beliin rumah bini ke 5 pejabat? Males atu. Kita cape kerja cuman diperes doang.

    Kalau 5 % ya udah lah. Ini UMKM katanya pajaknya ringan.

    Takutnya kayak orang yahudi gitu. Disuruh ama negaranya daftar. Lalu ujung ujungnya dibunuh. Padahal kalo nggak daftar negara mau bunuh juga susah.

  • #2392

    Aku taunya cuma kalo belum kawin penghasilan dibawah Rp 36 juta gak dikenain pajak. Tapi detil2nya kurang paham sih masih belajar sm HRD di kantor…

    Ngaruhnya jg belum tau ya. Pendapatanku berkurang aja >.<

  • #2394

    Terima kasih semua sudah mampir ke DuitPintar 🙂

    Ada sejumlah artikel DuitPintar yang membahas soal pajak, termasuk soal cara hitung baik bagi karyawan maupun non-karyawan. Simak di sini!

    Semoga bermanfaat


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #2440

    Menkeu Buat Aturan Khusus Keringanan Pajak Penghasilan di KEK

    Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mempertegas fasilitas fiskal yang diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dengan menerbitkan aturan sendiri mengenai itu.

    Adapun insentif fiskal yang dijanjikan meliputi keringanan Pajak Penghasilan (PPh), pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), serta kepabeanan dan cukai.

    Hal itu ditegaskannya pada 30 Juni 2016, dengan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 104/PMK.010/2016 tentang Perlakuan Perpajakan, Kepabeanan, dan Cukai pada Kawasan Ekonomi Khusus.

    Dalam salinan PMK tersebut dijelaskan, fasilitas PPh antara lain diberikan dalam bentuk pengurangan PPh badan mulai dari 20 persen hingga 100 persen dari jumlah pajak terutang untuk jangka waktu tertentu sejak beroperasi komersial.

    Fasilitas tax holiday ini diberikan maksimal hingga 25 tahun khusus untuk wajib pajak badan baru yang menanamkan modal lebih dari Rp1 triliun di sektor yang merupakan kegiatan utama di KEK. Sementara untuk penanaman modal baru dengan rencana investasi di bawah Rp1 triliun dibatasi paling lama 15 tahun.

    Pilihan Redaksi
    Pemerintah Janjikan Insentif Fiskal Bagi Pelaku Usaha di KEK
    Menkeu Beri Diskon PPh Investor Infrastruktur Kilang Minyak
    Pemerintah Tolak Permohonan Perpanjangan Tax Holiday Unilever
    Syarat lainnya, calon investor di KEK wajib menempatkan dana di perbankan Indonesia paling sedikit 10 persen dari total rencana investasi. Namun, dana tersebut dapat ditarik sebelum dimulainya eksekusi penanaman modal.

    Selain itu, setiap tiga bulan wajib pajak harus melaporkan penggunaan dananya di perbankan secara berkala, serta realisasi penanaman modal yang telah diaudit, dan laporan kegiatan produksi selama menikmati fasilitas. Tak hanya itu, investor juga wajin memberikan data transaksi perusahaan yang memiliki hubungan istimewa
    secara triwulanan kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

    Sementara untuk wajib pajak lama yang melakukan ekspansi atau penanaman modal baru di KEK berhak atas fasilitas pengurangan penghasilan neto (tax allowance) sebesar 30 persen dari jumlah penanaman modal selama enam tahun atau 5 persen per tahun.

    Lalu, kewajiban PPh atas dividen yang dibagikan ke pemegang saham diringankan, 10 persen lebih rendah dari tarif normal. Terakhir, wajib pajak diberikan kompensasi atas kerugian paling lama lima tahun, serta penyusutan atau amortisasi yang dipercepat hingga maksimal 10 tahun.

    Di luar fasilitas tax holiday atau tax allowance, pelaku usaha di KEK juga berhak atas pembebasan PPN dan PPnBN, serta bea masuk.

    Namun, ada sejumlah pantangan bagi pelaku usaha di KEK. Yakni dilarang mengimpor barang modal bekas, mengubah fokus kegiatan usaha di luar rencana awal, memindahtangankan aset dan merelokasi modal ke luar KEK, serta mengubah metode pembukuan.

    Sebelumnya, Menkeu mengelurkan investasi di KEK dari daftar industri pionir penerima fasilitas keringanan PPh badan, yang berlaku umum. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih aturan atau pengaturna ganda. Karenanya, Menkeu menerbitkan PMK baru khusus untuk mengatur spesifik mengenai jenis fasilitas yang berlaku di KEK.

    (sumber: cnnindonesia)

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 1 pengguna terdaftar dan 214 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik