Forum Forums Asuransi Pilih Asuransi Pendidikan/Tabungan Pendidikan?

Forum Forums Asuransi Pilih Asuransi Pendidikan/Tabungan...

Pilih Asuransi Pendidikan/Tabungan Pendidikan?


Topik ini mengandung 27 balasan, memiliki 20 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Joe Hasan 1 bulan, 1 minggu yang lalu.

  • #330

    Sesepuh sekalian…

    Saya sering denger soal asuransi pendidikan. Apa bedanya sama tabungan pendidikan? Terus milihnya gimana yaa? Saya bingung.

    Berhubung tahun ini saya lulus kuliah dan bakalan mulai kerja tetap di tempat magang sekarang, saya pengen bantuin ibu biayain sekolah adik yang bontot (masih 7 tahun)… Mungkin mulai Rp 300an sebulan dulu untuk nyoba. Kalau cocok dan ada rejeki baru tambah lagi.

    Gaji saya sebagai karyawan tetap nanti Rp 4 juta (kurang lebih).

    Terima kasih sebelumnya.

  • #331

    Pertamax. Izin nyimak ya gan buat pengetahuan ke depannya kalo punya anak nanti

  • #332

    betul ya asuransi pendidikan itu yang menjamin kalau terjadi apa2 dengan orangtua anaknya bakal bisa tetep sekolah? iya ga sih?

  • #333

    absen dulu biar rame

  • #334

    mending tabungan pendidikan + invest lain aja kecil2an yang lebih aman kayak reksa dana atau emas. pernah ditawarin asuransi pendidikan. skemanya mirip asuransi unit link. kapok ah..malah rugi..

  • #335

    saya juga pilih tabungan pendidikan sama emas aja. yang ga neko2 perhitungannya. lebih jelas…dan gak berisiko. buat pendidikan anak jangan main2, ya ga…?

  • #421

    @matahati @cantik 08 selamat bergabung 🙂

    Perbedaan utama asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan adalah adanya perlindungan yang diberikan dalam produk asuransi pendidikan.

    Asuransi pendidikan sendiri adalah adalah produk asuransi + investasi yang digunakan untuk persiapan dana pendidikan anak sekaligus memberikan manfaat proteksi jiwa buat nasabahnya.

    Jadi @cantik08 jika nasabah meninggal dunia atau cacat total, dana pendidikan yang telah direncanakan bakal tetap diberikan kepada si anak. Selain itu, ada manfaat berupa penggantian bea rawat inap di rumah sakit buat si anak, plus uang santunan jika nasabah meninggal atau cacat total.

    Sebagian dana yang dibayarkan nasabah akan ditanamkan untuk investasi (biasanya reksa dana, dengan skema seperti asuransi unit link). Makanya, biasanya jumlah dana yang terkumpul tidak pasti. Tapi di satu sisi potensi return (hasilnya) lebih besar daripada tabungan pendidikan dan lebih bersaing untuk menghadapi inflasi.

    Tabungan pendidikan bisa dibilang lebih aman karena kita bisa tahu persis jumlah dana yang bakal terkumpul saat jatuh tempo. Jumlah dana setoran + bunga…itulah dana yang bakal kita miliki nantinya. Maka, penting juga kita hitung dulu perkiraan inflasi biaya pendidikan tiap tahunnya, biar dana yang didapat nantinya sesuai dengan kebutuhan.

    Perbandingan kedua produk tsb, serta beberapa tips untuk memilih dapat ditemukan di artikel ini.

    Semoga bermanfaat.


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #422

    salut buat agan yang berhati mulia. siomay gratis kalo agan mampir ke gerobak ane!

  • #423

    @kelor77 kok kemaren ane gak ditawarin gratis? *kabur*

  • #424

    asuransi pendidikan fine …cukup bagus kok. tapi musti pinter2 pilih siapa penyedianya. saya pake axa udah beberapa tahun cukup puas. dana udah sekali cair.

    tapi berhubung ada faktor investasi, kalo dana belum gede2 mending cari yang risiko lebih minim kali ya alias tabungan dulu?

  • #425

    maut bukan manusia yang mengatur. rejeki memang sudah dari yang di Atas.

  • #426

    kocak nih yang di atas hahahahahahaha….

    @matahati, gue masih single dan belum berpengalaman soal asuransi/investasi. tp pakai common sense aja sih kalau memang baru mulai, mending cari yang paling aman bro. yang rasanya paling jelas dan risikonya paling minim.

    kalo merasa yakin dng asuransi pendidikan sok…kalo gue di posisi lo bro, sih mending nabung dulu, sambil belajar2 soal investasi, asuransi, dan teman2nya. sembari menumbuhkan penghasilan 😀

  • #427

    @DuitPintar @all makasih buat tanggapannya 🙂 rame juga ternyata.

    Kayaknya saya mau tabungan pendidikan aja deh buat mulai. Kalo saya misalnya gabung setahun dulu terus nanti perpanjang lagi boleh kan? Bunganya jadi lebih kecil ga ya?

    Mungkin ada yang bisa kasih contoh kira2 ane dapet berapa kalo nabung 200ribu sebulan n bank mana yg ngasih hasil bagus? makasih.

  • #430

    semakin dibaca semakin menarik. kedengarannya asuransi pendidikan cuma istilah marketing ya? sebetulnya sama aja kayak produk asuransi lain + tabungan pendidikan dalam bentuk reksa dana. betul ga sih?

    @matahati saya sempet intip tuh situsnya C*MB N****… bunganya 7.5% katanya. tp saya belum nyoba juga sih. dan ga tau deh bunga utk setahun berapa…

  • #428

    semuanya cuma marketing. haox.

  • #429

    @masanto haox? *guling*guling*

    yah, sekarang kan semua sales musti pinter2 supaya dagangannya laku. sebagai nasabah kita harus pintar2 memilih aja. tapi gak perlu nyalahin salesnya juga.

  • #431

    @MasterUmb33 ente sales ya?

  • #432

    @kelor77 bukan bang. cuma pihak netral aja…

  • #433

    opo iyo..

  • #434

    @matahati untuk tabungan pendidikan (kadang disebut juga tabungan rencana, karena pada dasarnya sama)… banyak kok bank yang menawarkan produknya dengan setoran minimum Rp 100 ribu saja.

    Kalau soal komitmen 1 tahun dan diperpanjang belakangan, memang bunganya biasanya lebih kecil. Itu tergantung kebijakan bank masing-masing 🙂


    DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #1354

    asuransi pendidikan fine …cukup bagus kok. tapi musti pinter2 pilih siapa penyedianya. saya pake axa udah beberapa tahun cukup puas. dana udah sekali cair.

    tapi berhubung ada faktor investasi, kalo dana belum gede2 mending cari yang risiko lebih minim kali ya alias tabungan dulu?

    setuju sama @vero_nique kalo angkanya gak gede2 banget mending pake tabungan atau invest. klo sy sih pakai asuransi pendidikan karena memang mau gabungin kedua fasilitas: asuransi jiwa + tabungan pendidikan. jadi kalo saya kenapa2 ada uang yang cair buat keluarga. faktor umur juga 😀

  • #2242

    Hmmm menarik. Saya pernah nyari informasi tentang asuransi itu di asura https://www*asura*co*id/ Di sana saya bisa membandingkan premi dari berbagi macam perusahaan asuransi. Semoga bermanfaat infonya.

  • #2488

    dengan banyaknya tujuan keuangan, lebih baik kita investasi buat pendidikan atau investasi biasa aja, secara global, dan minjam untuk pendidikan anak?

    teman saya yang berbisnis, nyaris semua uangnya diputar jadi modal bisnis. butuh utang sana sini untuk nyekolahin anak, tapi lancar2 juga.

  • #2527

    Jika mempunyai anak yang masih kecil, usia PAUD (4th) adalah usia ideal ikut asuransi. Di asuransi unit link, dengan premi bulanan Hidden Content kontrak 10 tahun. Maka saat anak masuk SMA umur 15th. anda sudah tidak bayar premi. Dengan asumsi nilai investasi 18%, tabungan anak sudah sudah menjadi 85 juta. Jika tabungan dibiarkan smapai masuk kuliah (18th) tabungan anak sudah 139 juta.

    Secara umum jika ikut asuransi 5 tahun pertama adalah BEP, baru tahun 6 keatas nilai investasi / tabungan akan meroket karena premi yang anda bayar setiap bulannya akan diinvestasikan ke reksa dana oleh perusahaan asuransi.

    Berikut skenario jika kita Hidden Content..

    Semoga bermanfaat.

  • #2544

    @mas yoyok wah makasih udah kasih respon. Sayang ada yang kena hidden content 🙁

  • #3003

    yang jelas, kalau mau ikut asuransi pendidikan, lebih baik daftarkan anak waktu masih kecil. Makin kecil umurnya, makin kecil juga premi yang harus dibayar.

  • #4477

    wah, pas nih lagi nyari-nyari info yang begini 😀

  • #5587

    Enggak usah bingung gan bisa nikmati produk kami disini :

    https://www.panindai-ichilife.co.id/id/asuransi-pendidikan

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 75 pengguna terdaftar dan 165 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik