Topik ini mengandung 1 balasan, memiliki 2 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  cantik08 2 tahun, 2 bulan yang lalu.

  • #2621

    Hai Financialku,

    Saya seorang ibu rumah tangga, dengan penghasilan dari suami sekitar 8jt per bulan. Kebetulan saya mempunyai saving yang sementara ini saya simpan dalam bentuk sukuk dan deposito. Tujuannya agar lebih liquid jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

    Rencana kedepan saya ingin menginvestasikan simpanan tersebut dalam bentuk property. Beberapa waktu berburu, saya sudah menemukan rumah yang saya incar untuk investasi. Setelah mendapatkan rincian biayanya, saya agak galau dengan metode pembayarannya. Diawal saya ingin menggunakan KPR dengan uang muka dana di tabungan, tanpa mengganggu deposito dan sukuk. Bunga dari kedua saving itu rencananya akan saya gunakan untuk mencicil bunga KPR (1/2nya ditambah dari saving gaji bulanan).

    Namun, ternyata ada perbedaan jauh dari harga cash dengan KPR (hampir senilai 100jt, yang untuk saya itu nilai signifikan). Apabila saya mencairkan deposito ditambah dana tabungan saya, itupun cukup untuk membayar cash rumah incaran.

    Akhirnya saya membuat poin-poin sebagai berikut:

    Kelebihan pembayaran cash: 1. Perbedaan nilai 100jt yang signifikan   2. Saya tidak berhutang   3. Untuk kebutuhan dana darurat saya masih memiliki sukuk.   4. Nilai uang di deposito sekarang, 10 ke depan sudah tidak sama.

    Kekurangannya cash:  rumah inden 1 th.

    Sedangkan kelebihan dari KPR: 1. kondisi rumah inden 1th (kekhawatiran lebih kecil apabila developer terjadi wanprestasi)  2. nilai cicilan KPR di waktu 10 tahun kedepan akan sudah tidak akan sama dengan nilai sekarang.  3. Saya bisa berinvestasi dengan menabung  4. Sudah ada pengalaman KPR selama 10th untuk rumah yang ditinggali sekarang

    Kekurangan KPR:  Nilai total rumah, DP plus cicilan jadi hampir 2 kali lipat (kalau dihitung rasanya sayang juga…)

    Mohon masukannya, untuk menentukan metode pembayaran investasi rumah.

     

    Salam hangat,

    rrwt

     

  • #2636

    Wah, mbak rrrwt sampe udah bikin lengkap ya list kelebihan dan kekurangannya. Ngeliat listnya, naluri ibu rumah tangga hemat saya langsung bikin saya lebih berat ke pembayaran cash. Beda 100 juta itu lumayan banget menurut saya, bisa ditabung lagi. Apalagi kalo untuk dana cadangan mbak juga masih punya sukuk kan.

    Tapi kalau mau tanya pendapat ahli mungkin pertanyaannya bisa langsung diajuin di thread Tanya Jawab Keuangan, mungkin lebih cepet diliat sama Finansialku 🙂

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 13 pengguna terdaftar dan 314 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik