Topik ini mengandung 4 balasan, memiliki 5 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  diannovin 9 bulan, 3 minggu yang lalu.

  • #3351
    Banyak orang yang pengen mulai bisnis UKM. Kayak di forum duitpintar ini aja, gw liat banyak juga kan yang nanya ide2 usaha kecil. Nah, di sini gw mau kasih contoh produk2 UKM yang sukses, ga cuma di dalam negeri tapi malah sampai ke luar negeri! Moga-moga bisa jadi inspirasi buat temen-temen Duit Pintar juga.
    1. Perusahaan eksportir dan distributor buah lokal Sumber Buah Sae. Pemiliknya, Ahmad Abdul mulai usaha ini dari tahun 2008 dan sekarang berhasil ekspor buah2an lokal sekitar 200 ton per tahun ke luar negeri, misalnya ke Singapura, Hongkong, Qatar, Dubai, Bahrain, Oman dan Arab Saudi. Ahmad Abdul ini membuktikan kalau buah2 lokal juga bisa bersaing di pasar internasional. Siapa tahu ini juga bisa diikutin temen2 Duit Pintar. Menurut beliau, syaratnya buah yang dijual itu harus berpenampilan mulus, warna, ukuran, tingkat kematangan seragam, dikemas secara baik, plus proses pengiriman tepat waktu.
    2. Brand Kainkain yang menawarkan berbagai sarung bantal dan taplak meja dengan desain border yang cantik dan harga terjangkau. Awalnya Ibu Lucia Januarti, sang CEO, menawarkan produknya  lewat outlet-outlet lokal di daerah Kemang dan Pondok Indah. Setelah itu mereka mulai masuk pasar internasional dengan memasarkan lewat etsy.com dan amazon.com sampai mereka jadi top seller! Menurut Ibu Lucia, kalau mau brand kita menembus pasar internasional kita harus jaga originalitas dan kreativitas, dan harus memberi excellent service supaya pelanggan mau beli produk kita lagi.
    3. Spa Factory Bali. UKM yang didirikan tahun 2002 ini memfokuskan diri pada produk spa dan perawatan tubuh. Dengan karyawan 40 orang yang didominasi oleh ibu-ibu ini, mereka melayani hotel-hotel berbintang di Bali. Produk Spa Factory Bali juga diekspor ke Timur Tengah seperti Dubai, Kuwait kemudian Maldive, Australia dan baru-baru ini masuk ke departemen store di Amerika! Menurut pemiliknya, Maria Satia Putri, prioritas utama mereka adalah menjaga kualitas karena pelanggan mereka kebanyakan adalah pelanggan setia yang sudah menjalin kerja sama bisnis bertahun-tahun.
    4. PT IKA Indo Industri Karbonik. Ini UKM dari Medan yang telah mengekspor karbon aktif dari batok kelapa (produk untuk penyaringan air minum) ke pasar Amerika dan Eropa. Perusahaan ini sukses memanfaatkan limbah batok kelapa yang diolah menjadi produk ramah lingkungan. Tahun 2013, mereka diumumkan Kemennag sebagai salah satu dari 3 UKM yang telah menembus pasar luar negeri dan layak menjadi percontohan bagi UKM lainnya. Menurut, kemendag, “Mereka mampu melihat peluang yang unik, mampu menjaga kontinuitas baik dari kualitas maupun kuantitas, gigih dan tidak menyesali kegagalan.”
    5. Furniture Reproduksi. Bisnis mebel ga akan ada matinya karena mebel salah satu kebutuhan utama untuk mengisi rumah. Bisnis furniture reproduksi adalah usaha membuat mebel bergaya antik atau klasik art deco dengan kayu bekas sebagai bahan utamanya. Di Yogyakarta, banyak sentra produksi mebel reproduksi yang sudah berhasil menebus pasar Eropa dan Amerika yang terkenal ketat banget seleksi kualitas produknya. Kunci sukses mereka dalam menembus pasar internasional adalah bekerja sama dengan pemilik show room atau art shop di Bali untuk sekadar mendisplay barangnya di sana.
    Masih banyak bisnis dan produk-produk UKM lain yang sukses di pasar internasional, tapi ini dulu ya. Nanti kalo sempet gw tambahin deh, atau temen2 lain mungkin mau tambahin juga.
  • #3393

    produk2 spa bali emang banyak diminatin ya di luar negeri.

    Terus produk UKM lain yang cukup sukses ke pasar ekspor itu setahu saya batik. Menurut saya keren nih pengusaha2 ukm ini yang bisa sampe sukses nembus pasar internasional, menunjukkan kalau barang lokal juga bisa bersaing sama barang2 luar 😀

  • #3404

    Beberapa merk fashion lokal juga banyak yang punya nama di luar negeri. Kayak ikat, brandnya tante Anne Avantie, dll

     

    yah walopun bukan UKM sih jatohnya sekarang, cuma pas awal2 kan start dari UKM dan jadi besar :p

  • #3489

    banyak tuh ane baca cemilan2 kayak keripik2 gitu. cuma setau ane kebanyakan pasarnya masih Asia sih. Ntar dah, siapa tahu ane bisa bikin produk UKM makanan yang cetar membahana sampe ke seluruh dunia

  • #4045

    keren ya bisa memasarkan produknya hingga ke luar negeri, bagi tips tipsnya lah kalau bisa hehe

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 30 pengguna terdaftar dan 173 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik