Forum Forums Pinjaman Punya Gaji 2 Juta? Pilihan Rumah Murah Makin Banyak Nih

Forum Forums Pinjaman Punya Gaji 2...

Punya Gaji 2 Juta? Pilihan Rumah Murah Makin Banyak Nih

Label ,


Topik ini mengandung 10 balasan, memiliki 8 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  nimbrung 1 bulan, 2 minggu yang lalu.

  • #3595

    Kabar baik buat teman-teman yang bergaji 2-6 juta, pilihan rumah untuk di-kpr-in semakin banyak 🙂

     

    JAKARTA, KOMPAS.com – Segala inovasi pembiayaan guna mewujudkan penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terus dilakukan pemerintah.

    Tahun ini, melalui Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana meluncurkan skema pembiayaan perumahan untuk MBR dari kalangan pekerja informal.

    “Sebetulnya ini bukan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) informal tapi bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan. Tahun ini akan dilaksanakan, mudah-mudahan Maret atau April 2017 bisa berjalan,” jelas Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus, saat ditemui selepas Rapat Kerja Kementerian PUPR di Jakarta, Selasa (17/1/2016).

    Menurut Maurin, aplikasinya kemungkinan besar tahun ini lantaran sudah ada payung hukum berupa Peraturan Menteri (Permen) dan petunjuk teknisnya.

    Meski belum final, Maurin menyatakan draft pembiayaan perumahan skema tersebut sudah selesai dan segera diajukan ke Menteri PUPRBasuki Hadimuljono.

    Ada pun poin-poin yang ada di dalam draft tersebut berkaitan dengan syarat mendapatkan bantuan pembiayaan, pertanggungjawaban pengolahan dana, dan aturan teknis lainnya.

    “Ada juga aturan teknis lainnya seperti siapa penerimanya, pembelian rumah pertama, penghasilannya berapa, dan kewajiban untuk harus ditempati bukan disewakan,” imbuh dia.

    Bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan atau yang bisa disebut KPR informal ini menurut Maurin akan ditujukan untuk MBR dengan penghasilan minimal Rp 2 juta dan maksimal Rp 6 juta.

    Harga rumah maksimal yang bisa dibiayai KPR informal ini sekitar Rp 200 juta.

    “Anggarannya dari pemerintah sudah ada karena kan ini juga kerja sama dengan Bank Dunia. Untuk mulai Maret atau April nanti mudah-mudahan bisa membiayai 17.500 unit rumah,” pungkas Maurin.

     

    Source: http://properti.kompas.com/read/2017/01/18/110000521/kpr.untuk.masyarakat.bergaji.rp.2.juta-rp.6.juta.meluncur.kuartal.i.

     

  • #3599

    beuuhh, oke sih, tapi praktiknya di lapangan spt apa…orang2 berduit jg nanti yang beli.

  • #3600

    gw sih positive thinking aja 🙂 semoga program2 seperti ini semakin banyak dan semakin baik pelaksanaannya.

  • #3615

    pas banget nih ane emang lagi hunting rumah buat 1-2 thn ke depan.!!  belum ada bisikan ya @nimbrung ini diluncurinnya di mana?

    • #3622

      belum ada @us_man, nanti kalau udah ketemu beritanya saya post lagi 🙂

  • #3626

    memang sudah lama kan ya programnya? bedanya apa ya?

    • #3628

      perbedaan di skema sepertinya…seperti yang tertulis sistemnya seperti “tabungan” tapi seperti apa persisnya saya belum tau jg 🙂

  • #3635

    wah, ditunggu tanggal mainnya

  • #3688

    ini juga sama ga sih programnya?

    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/02/11/170057126/penghasilan.rp.4.juta.mau.punya.rumah.ini.caranya

     

    JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan kemudahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki rumah dengan penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan.

    Program sejuta rumah untuk rakyat melalui KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ini merupakan pembiayaan pemilikan rumah dengan dukungan fasilitas likuiditas yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

    Program KPR Sejahtera FLPP menawarkan suku bunga tetap lima persen termasuk asuransi, Down Payment (DP) rendah, bebas pajak pertambahan nilai, dan jangka waktu (kredit) hingga 20 tahun.

    “Untuk masyarakat yang ingin membeli rumah program KPR Sejahtera FLPP diharuskan berpenghasilan tetap Rp 4 juta per bulan, belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah, serta harus memiliki e-KTP, NPWP, dan menyerahkan fotokopi Surat Pemeberitahuan Tahunan (SPT) PPh orang pribadi,” ujar seorang petugas (PPDPP) Kementerian PUPR di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 JCC Senayan.

    Selain itu, pembeli atau debitur juga diwajibkan harus menghuni rumah tapak sejahtera sebagai tempat tinggal, bukan untuk disewakan atau pengalihan kepemilikan.

    Arman, salah satu karyawan swasta di Jakarta mengungkapkan, program kepemilikan rumah bersubsidi pemerintah cukup membantu bagi masyarakat yang ingin membeli rumah dengan harga yang terjangkau.

    “Dengan FLPP ini jadi bisa lebih murah, bunganya lima persen sampai akhir kredit, down payment (dp) juga murah, saya tertarik di daerah Cikarang atau Bekasi, jalurnya bisa gunakan kereta api yang bebas macet,” ungkap Arman kepada Kompas.com di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 JCC Senayan, Sabtu (11/2/2017).

    Pengunjung lain, Hani, yang juga tengah mencari rumah subsidi pemerintah mengatakan, selama ini masih belum jelas terkait informasi bagaimana caranya dapatkan rumah subsidi pemerintah.

    “Saya masih bingung bedakan rumah komersil dan rumah subsidi, tapi sekarang jadi tahu karena ada stand-stand dari pemerintah (Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR),” paparnya.

    Kisaran harga rumah subsidi untuk MBR yakni untuk wilayah Jabodetabek tahun 2017 senilai Rp 141 juta dan untuk 2018 Rp 148 juta.

    Wilayah Jawa selain Jabodetabek tahun 2017 senilai Rp 123 juta dan untuk 2018 Rp 130 juta. Wilayah Sumatera selain Kepulauan Riau dan Bangka Belitung tahun 2017 Rp 123 juta dan untuk tahun 2018 Rp 130 juta.

    Adapun Kalimantan tahun 2017 Rp 135 juta dan tahun 2018 Rp 142 juta serta  Sulawesi tahun 2017 Rp 129 juta, dan tahun 2018 Rp 136 juta.

  • #4034

    Setelah menikah, baru kerasa pusingnya nih pengin punya rumah sendiri. Ternyata gini rasanya…

    • #4295

      hahaha, saya dulu jaman baru nikah juga ngebet banget pengen punya rumah sendiri. tahun2 pertama sampe kebawa stres…ditanyain “kapan punya rumah sendiri” sama orang2. lama2 saya bawa santai juga..akhirnya asal diniatin kesampaian 🙂 semangat ya

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 161 pengguna terdaftar dan 345 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik