Topik ini mengandung 2 balasan, memiliki 2 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Roy Kosasih 3 tahun, 7 bulan yang lalu.

  • #1487

    Apakah anda pernah ditanyakan oleh teman/saudara/kolega anda mengenai asuransi rumah? Seringkali jawaban yang muncul adalah :

    ada asuransi rumah, diurusin sekalian sama KPR“,
    atau “rumah kayanya belum perlu dulu asuransi deh, dari dulu sampai sekarang ga ada kejadian apa-apa koq“,
    dan bahkan “mahal ga yah, soalnya sayang nih mending dananya untuk keperluan lain“.

    Seperti yang kita ketahui bahwa rumah tinggal umumnya adalah pengeluaran terbesar bagi kebanyakan masyarakat yang mana memakan banyak biaya dan waktu sampai rumah tersebut menjadi hak milik kita 100%.

    Bayangkan apabila suatu musibah menimpa dan menyebabkan kerusakan parah baik dari kebakaran, gempa ataupun tanah longsor, bagaimana dengan nasib penghuni dan keluarga? terutama apabila perbaikan atau pembangunan kembali rumah tersebut membutuhkan dana yang belum tentu siap untuk digelontorkan.

    Sebagian besar masyarakat umumnya belum terlalu mengerti bahwa risiko-risiko atas aset rumah tinggal ini dapat dengan mudah dialihkan melalui asuransi rumah tinggal. Bagi masyarakat yang melakukan pembelian rumah dengan program KPR umumnya akan diwajibkan pihak bank untuk mengambil asuransi kebakaran sebagai salah satu syarat disetujuinya KPR tersebut.

    Namun apakah nasabah tersebut paham akan manfaat yang diterima? terkadang hanya mengetahui bahwa iya ada biaya asuransi yang dibebankan, namun keberadaan polis asuransi sama sekali tidak diketahui karena dipegang oleh pihak bank.

    Ketidaktahuan ini juga dapat menyebabkan kesalahan persepsi dalam memilih program asuransi rumah yang diinginkan, baik mengenai jaminan apa saja yang dapat diambil maupun mengenai biaya premi yang dibayarkan.

    Sebenarnya mengasuransikan rumah tidaklah mahal; sesuai dengan peraturan OJK bahwa ketentuan tarif premi telah diatur maka apabila ingin mengasuransikan rumah dengan jaminan kebakaran hanya dikenai tarif sebesar 0,3%o (permil/perseribu).

    Ini artinya bahwa apabila nilai yang dimasukkan ke dalam jaminan asuransi sebesar 1 Milyar Rupiah maka premi yang dibayarkan pertahunnya hanya sebesar Rp300.000,-. Suatu angka yang masih manageable bukan?

    Jaminan kebakaran yang merupakan jaminan dasar bagi setiap polis asuransi ini masih dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti jaminan atas huru-hara, kebanjiran, gempa bumi, burglary.

    Nah, dapat dilihat sekarang bahwa asuransi rumah tinggal tidaklah mahal, jaminan yang diinginkan juga dapat dipilih sehingga tentunya tidak akan memberatkan bagi nasabah.

    Dalam bahasa masyarakat asuransi dapat dianggap sebagai “ongkos tidur nyenyak” dimana kita dapat merasa tenang apabila ada musibah yang terjadi, maka beban-beban sudah ada yang menanggung tanpa perlu mengkhawatirkan sumber dana untuk perbaikan dan lainnya.

    Salam mari berasuransi…

     

     

     

     

     


    www.bhinneka-broker.co.id

  • #1556

    Pak saya mau tanya…

    Asuransi kebakaran apakah juga bisa untuk ruko? Dan apakah biayanya sama?

    Orang tua saya punya toko pakaian di ruko. Apakah kalau kebakaran isi2nya juga akan dijamin dengan membeli asuransi kebakaran?

    Terima kasih sebelumnya.

  • #1586

    Mba @Blanjaa
    Kalo buat usaha bukanya ada tipe asuransi sendiri ya, semacam buat UKM?
    Saya kurang paham sih 🙂 Jelasnya biar yang ahli aja yang jawab.

  • #1620

    Terima kasih Blanjaa untuk responsnya.

    Asuransi kebakaran untuk ruko bisa dijaminkan juga. Rating akan sama dengan rating yang ditetapkan OJK. Jadi apabila ruko tersebut dipakai sebagai toko (jualan pakaian) maka rating akan menyesuaikan dengan okupasi ruko tersebut.

    Isi dari ruko dapat dijamin juga dengan menambahkan keterangan nilai pada polis asuransi sehingga dibedakan. Contoh Bangunan seharga Rp….. dan Stock pakaian senilai Rp…..

    Apabila berminat dapat langsung menghubungi kami y.

    Salam berasuransi.


    www.bhinneka-broker.co.id

  • #1642

    Saya masih gak ngerti ya gunanya asuransi apa buat rumah. Sayang duitnya…

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 36 pengguna terdaftar dan 671 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik