Topik ini mengandung 31 balasan, memiliki 14 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  L Micha 1 minggu, 6 hari yang lalu.

  • #2327


    Halo,

    Perkenalkan, saya Melvin Mumpuni, CFP®, salah satu perencana keuangan di Finansialku.
    Finansialku.com adalah perusahaan konsultan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Kami melayani jasa konsultasi perencanaan keuangan, aplikasi perencanaan keuangan dan pelatihan.

    Jika teman-teman ada pertanyaan mengenai :

    • Perencanaan Keuangan (Financial Planning)
    • Mengelola Arus Kas Keluarga
    • Perencanaan Dana untuk Menikah, Membeli Rumah, Pensiun
    • Bebas dari Utang Kartu Kredit
    • Investasi, khususnya Reksa Dana

    Silakan tinggalkan pertanyaan teman-teman di forum. Saya akan segera menjawabnya. Jangan lupa sertakan detail yang lengkap ketika bertanya. Semakin banyak detail yang teman-teman berikan, semakin lengkap juga jawabannya! 

    Semoga jawaban dan sharing kami dapat berguna untuk teman-teman.

    Salam,
    Melvin Mumpuni ®
    Perencana Keuangan Independen
    Finansialku.com


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2357

    Selamat pagi team duit pintar dan finansial,

    Perkenalkan diri saya merupakan karyawan kontrak di bidang IT Consultant sejak Nov’15 dengan salary 5jt sebelum pajak dengan umur 23 tahun hari ini. Namun saya sudah mulai bekerja dengan umur 21 tahun tapi keuangan saya tidak stabil (tidak ada saving) hingga di umur sekarang keuangan saya mulai stabil 3bln terakhir.

    Di tahun 2016 ini saya membuat target berikut :

    • Desember’16 bisa saving hingga 10 – 11 juta
    • Agustus’16 startup / e-commerce agent untuk daerah saya bisa lunching dan October’16 setidaknya bisa mempunyai 10 supplier dan mendapatkan 30 transaksi
    • Mendapatkan investor untuk e-commerce
    • June’17/July’17 : Liburan ke Bali
    • 2020/2021 : Marriage (Standard biaya di tahun’16 katanya sekitaran 70-80 jt dan tiap tahun naik 10%)

    dan pasti di tahun 2017 ada target baru.

    Untuk itu saya juga telah mengembangkan manajemen keuangan saya dengan pencapaian berikut :

    1. Saya baru dua bulan memegang kartu kredit dengan tujuan sebagai dana darurat untuk masalah gaji terlambat atau pengeluaran yang tidak dapat ditunda (HP rusak, sepatu rusak, baju, dan lainnya). Tidak hanya itu tujuan lainnya adalah membangun track record kredit yang baik untuk tahun berikutnya saya berniat untuk mengajukan KTA untuk bisnis saya dibidang e-commerce jika berpotensi berkembang.
    2. Sejak bulan June karena keuangan saya semakin membaik yakni tidak ada lagi pengeluaran tidak terduga seperti kemarin-kemarin dan disiplin dalam pengaturan uang serta tindakan penanggulangan cepat saat ada pengeluaran tidak terduga.
    3. Sejak bulan June juga saya membuka account saving bank yang ATM nya kurang di luar sana sehingga mengandalkan Debit master card untuk bertransaksi di iutlet. Ini dengan tujuan untuk memisahkan transaksi tunai dan transaksi EDC/ebanking sehingga catatan keuangan lebih baik setiap akhir bulan
    4. Reksadana saya mulai pada bulan June dengan setoran tiap bulan 350rbu di pendapatan tetap. July dapat THR (pro-rata karena masih menggunakan kontrak 2015) sebagian saya tambah di pendapatan tetap dan sisanya saya bagi di campuran syariah. Saya melakukan simulasi dengan hasil desember 2016 nanti adalah 6 Jta.
    5. Kemudian 500rbu tiap bulan untuk cash/deposit/arisan dengan target akhir October nanti credit ke rekening saya sekitaran 6 Juta (termasuk bunga).
    6. Asuransi unit link saya sudah berjalan 2 tahun dan saldo investasi ada sebesar 1.5 jta
    7. Saving di rekening (saldo mengendap) selama ini belum ada dan saya masih berpikir itu untuk jadi target 2017 mendatang (tergantung suasana pasar reksadana & kehidupan sehari-hari)
    8. Pacar saya belum bekerja sehingga dia belum bisa menabung
    9. Angka kredit (kartu kredit) untuk May 10.75% (karena gaji delay seminggu) dan June 3.23%. Saya selalu berusaha angka percentage hanya di kisaran 5-7 % dari gaji saya. (pembayaran)
    10. Untuk lebih jelasnya berikut Tabel pengeluaran saya (summary):

    Itulah percentage keuangan saya. Walau terasa keuangan saya lagi stabil tapi saya sudah memperkirakan masalah yang akan menggangu stabil nya keuangan saya seperti

    1. Pindah tempat kerja ke luar daerah October’16 nanti dengan nilai salary yang masih sama
    2. Pindah tempat kerja berarti harus siap membuat alokasi dana untuk ticket pesawat
    3. Belum memperikirakan alokasi dana untuk hari raya Natal nanti
    4. Jika pacar saya belum bekerja sampai October’16 nanti maka ada dana yang harusnya dapat di tanggung bersama menjadi tanggungan saya.

    Lega rasanya bisa curhat disini. Itulah yang saya alami. Kira-kira bagaimana pendapat dari tim untuk pertanyaan berikut :

    1. Bagaimana mengatur anggaran agar 2020 nanti saya bisa marriage ?
    2. Bagaimana mempertahankan rencana keuangan saya diatas seperti liburan ke Bali dan rekening Saving di tahun 2017 nanti sedangkan ada masalah yang menghadang di October nanti yang sudah saya sebut diatas?
    3. Untuk dana return di December nanti 10jta apa sebaiknya saya pertahankan lagi di reksadana untuk jangka waktu sampai 2017 ? Atau saya harus ambil sedikit (switching) untuk membeli reksadana Saham ?
    4. Mohon saran untuk tujuan finansial yang lebih baik ? khususnya untuk target 2016 ini dan target pra-2017 nanti
  • #2376

    Hi @rcl23 , terima kasih sudah berkunjung ke forum Duit Pintar dan dithread ini.

    Sebelumnya saya mohon maaf, karena terlambat membalas thread ini, dikarenakan alasan teknis. Saya juga mengapresiasi lankah-langkah yang sudah dilakukan mas @rcl23. Diusia yang masih terbilang muda, Mas rcl23 sudah sadar akan kebutuhan perencanaan keuangan dan pengelolaan keuangan yang baik. Kami akan coba bantu menjawab pertanyaan-pertanyaan mas @rcl23 .

    1. Berdasarkan perhitungan kami, dengan data yang mas berikan: biaya menikah Rp 70 – 80 juta saat ini setara dengan Rp 103 – 118 juta, ditahun 2020 (dengan asumsi kenaikan biaya 10% per tahun). Jika mas investasi di reksa dana dengan potensi hasil investasi 8% (contoh reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran), maka Mas perlu berinvestasi sebesar Rp 1.800.000 – 2.100.000 per bulan.
    2. Mas @Rcl23, sebaiknya mas diskusikan dengan HRD atau perusahaan tempat mas bekerja, mengenai penyesuaian tunjangan, karena mas harus menambah pengeluaran akibat tugas di luar kota.
    3. Melihat periode tujuan keuangan untuk menikah, Mas @Rcl23 sebaiknya tetap menginvestasikan dana tersebut. Untuk tujuan jangka menengah idealnya diinvestasikan di produk yang risiko moderat, seperti reksa dana pendapatan tetap dan campuran. Kondisi saham di Indonesia beberapa waktu belakangan ini bagus, terlebih banyak berita-berita positif. Tetapi untuk jangka 4 tahun, kami belum bisa memastikan hal tersebut. Jadi jika Mas mau investasi di reksa dana saham, jangan 100% dana. Misal Mas investasi 40% di reksa dana saham dan sisanya di reksa dana campuran.
    4. Secara umum, cashflow mas sudah cukup tertata. Beberapa masukan untuk Mas @Rcl23: tingkatkan dana darurat (sebisa mungkin jangan 100% dana darurat dari kartu kredit), persiapkan juga untuk tempat tinggal atau rumah setelah menikah.

    Semoga jawaban kami dapat membantu memberikan gambaran, mengenai kondisi keuangan Mas @Rcl23.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2378

    halo finansialku,

    Gw tertarik dong mau ikutan thread ini. Umur gw saat ni 28 tahun, dengan gaji bersih tiap bulan 7.8. Kondisi saat ini bisa dibilang gw ga punya tabungan, karena gaji tiap bulan gw abis gitu aja buat pengeluaran ini itu. Pengeluaran paling gede itu buat bayar tagihan-tagihan dan pengeluaran rutin bulanan, sisa dari pengeluaran ini sekitar kisaran 2.5 – 3 juta. Dan belum termasuk sama biaya-biaya buat gw aktiftas sehari-hari ya (bensin, makan, dll)

    Mungkin bisa gw tambahin juga, saat ini gw punya unit properti kios toko yang pernah gw pake buat ngejalanin usaha kecil di tahun lalu, cuma karena usaha itu ga jalan, jadinya gw tutup dan balik lagi jadi karyawan.

    Pertanyaan gw

    1. Apa bisa gw dibuatin ilustrasi perencanaan keuangan untuk kondisi gw saat ini, karena jujur udah keteteran euy 🙁
    2. Buat properti kios ini, saat ini lagi proses buat dijual. Apakah itu langkah yang tepat? Atau cukup disewakan saja, jadi gw bisa dapet duit rutin tiap tahun

    Trims finansialku 🙂

     

  • #2383

    Hallo Mas @Bartho, apa kabar? Semoga dalam kondisi sehat-sehat saja. Terima kasih sudah berkunjung ke Forum Duitpintar dan thread ini.

    Kami sebagai perencana keuangan melihat, permasalahan yang dihadapi mas Bartho, “keteteran mengurus keuangan” adalah permasalahan yang cukup serius. Permasalahan ini dihadapi oleh lebih dari 75% klien kami. Berita baiknya, kami sudah banyak membantu klien kami untuk memperbaiki cara mereka menggunakan keuangan.

    • Untuk Mas Bartho, saran kami jangan pernah menyisihkan penghasilan untuk menabung dan berinvestasi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memprioritaskan menabung dan berinvestasi. Khususnya untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Mas Bartho. Finansialku akan launching aplikasi Finansialku pada tanggal 8 Agustus 2016, semoga aplikasi tersebut juga dapat membantu Mas Bartho dan teman-teman untuk mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan lebih baik dan mudah
    • Mengenai properti, kami tidak bisa menyarankan terlalu banyak, karena data yang kurang memadai untuk memberikan rekomendasi. Kami biasanya menghitung berapa keuntungan dan risiko yang jika harus menjual properti. Namun ada saran dari investor properti senior Dr. Dolf de Roos yang mengatakan bahwa sebisa mungkin kita tidak menjual properti. Misalpun harus menjual properti, sebaiknya Anda belikan uang keuntungan membeli properti untuk membeli properti baru. Jadi istilahnya: jual properti untuk dapat properti baru.

    Semoga jawaban kami dapat membantu Mas Bartho. Terima kasih.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2401

    Suami saya bekerja sebagai guru di sekolah swasta dengan pendapatan sekitar 4.500.000 per bulan.

    Sudah berkeluarga,dan ingin memiliki rumah sendiri.

    Bagaimana cara memanage kalau pinjam uang untuk KPR ?

  • #2438

    Pendapatan ane kurang lebih 3 juta perbulan. Masih single, pengeluaran harian 1,2 juta, ga ada hutang.

    Nah, pertanyaan ane nih:

    1. Target ane adalah mau mulai nyicil buat beli mobil. Apa bisa dengan gaji ane yg cuma segitu?
    2. Investasi apa yang bisa ane coba dengan kondisi keuangan ane itu?
  • #2455

    Hi @[email protected] , terima kasih sudah berkunjung ke Forum Duit Pintar, khususnya di thread ini. Menjawab pertanyaan Anda mengenai membeli rumah. Mohon maaf kami belum bisa menjawab lebih detil, karena kurangnya gambaran dari Bapak. Untuk perkiraan cicilan KPR nilainya maksimal 30% dari penghasilan. Sebagai bahan perbandingan, Bapak bisa membaca artikel kami ini:

    5 tahun kerja bisa membeli rumah.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2456

    Hi Hore000, terima kasih sudah mengunjungi Forum Duit Pintar, khususnya di thread ini. Menjawab pertanyaan Bapak adalah:

    1. saya belum bisa menjawab pertanyaan nomor 1, karena datanya kurang. Contoh Anda mau mebeli mobil baru atau second? mobil harga berapa yang ingin Anda beli?
    2. Untuk investasi sebaiknya Anda mulai dengan merencanakan keuangan. Pastikan investasi Anda dapat selaras dengan tujuan-tujuan keuangan Anda.

    Semoga jawaban kami dapat membantu, terima kasih.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2467

    oh, ane justru mau nanya dengan pendapatan segitu (3 juta/bulan) ane bisa nyicil mobil dengan kisaran harga berapa. Kalo ane mau nyicil mobil baru dengan harga 100-120 juta realistis ga? Ane ga terlalu yakin soalnya kalo beli seken.

  • #2475

    selamat siang pak melvin, dan team duit pintar,

    saya blm pernah mengenal reksadana, dan ingin mencoba sebagai pemula, sekaligus mau serius karena ada target untuk 5 tahun ke depan. reksadana apa yg baiknya untuk saya

    1. Reksadana Pendapatan Tetap
    2. Reksadana Campuran
    3. Reksadana Saham

    saya ingin punya return yang yang cukup baik.

    sebaiknya berapa debit otomatis tiap bulan? apakah semua nanti sudah diurus oleh MI, dan saya sudah terima bersih?

     

  • #2478

    Halo @Hore000,

    Begini kalau ditanya apakah uang Rp 3 juta, dengan pengeluaran Rp 1,2 juta per bulan apakah bisa buat mencicil, saya tidak yakin bisa. Kebetulan DuitPintar memiliki artikel atau ulasan yang cukup bagus mengenai pertanyaan Bapak

    Produk Cicilan Mobil Murah buat yang Bergaji Rp 3juta Udah Ada, Tapi Yakin Beneran Mampu?

    Saya sebagai perencana keuangan, tidak menyarankan hal tersebut. Katakanlah Anda memiliki uang sebesar Rp 1.8 juta. Sebaiknya uang itu digunakan untuk kebutuhan yang lebih prioritas. Semoga jawaban kami dapat membantu.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2479

    Hi Funtea, terima kasih sudah mengunjungi forum DuitPintar dan thread ini. Menjawab pertanyaan Anda, mengenai reksa dana:

    1. Sebelum berinvestasi sebenarnya lebih cocok kalau Anda menghitung kebutuhannya Anda, misal Anda ingin DP rumah sebesar Rp 300 jt. Anda hitung dulu berapa yang harus Anda investasikan untuk dapat memenuhi target tersebut. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitungnya.
    2. Jika Anda investor pemula, belum pernah berinvestasi reksa dana sama sekali tidak ada salahnya Anda memulai dari reksa dana campuran (karena Anda memiliki toleransi waktu 4 tahun).
    3. Setiap bulannya autodebet dengan jumlah minimum dulu, misal Rp 100.000 – Rp 200.000 per bulan. Tujuannya Anda perlu belajar dan menambah pengalaman di bidang investasi reksadana.
    4. Dalam investasi reksa dana, uang Anda akan dikelola penuh oleh manajer investasi dan hasilnya sudah bersih (tidak terkena pajak, karnea reksa dana bukan obyek pajak).

    Semoga jawaban dari saya dapat membantu. Dan selamat berinvestasi.

     


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2498

    Finansialku, ada ga sih itungan ideal buat bikin perencanaan keuangan pribadi yang pemasukan hanya dari gaji? Berapa persen buat tabungan, buat kebutuhan sehari-hari, dst?

  • #2499

    @Finansialku

    Wah! Boleh minta link buat aplikasinya? Keren nih.

    Dan buat urusan bayar utang gw, emang saat ini lagi proses buat diselesaiin, cuma kok rasanya ga kelar-kelar ya >.< dan gw ga yakin bisa bayar tagihan-tagihan gw kalo disisihin terlebih dahulu buat nabung sama investasi. Soalnya pernah baca-baca artikel tentang ini, katanya paling ga 30% pemasukan kita buat investasi dan tabungan. Apa itu betul?

    Lalu buat yang properti, ngeliat dari jawaban tim finansialku. Kayaknya lebih baik gw sewain aja ya daripada dijual. Soalnya kalo buat dapet properti yang lebih bagus lagi, ga bakal nutup dari harga kios yang mau gw jual itu

    🙁

  • #2568

    Hi cloud.strife88, terima kasih sudah berkunjung ke Forum Duitpintar, khususnya ke thread ini. Menjawab pertanyaan Anda, mengenai :

    Finansialku, ada ga sih itungan ideal buat bikin perencanaan keuangan pribadi yang pemasukan hanya dari gaji? Berapa persen buat tabungan, buat kebutuhan sehari-hari, dst?

    Kalau di Finansialku, kami tidak membatasi angka-angka tertentu atau patokan tertentu. Namun ada juga sih orang-orang yang menyarankan persentase, contoh:

    Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder

     

    Kami di Finansialku, lebih menyarankan agar Anda mengubah pola atau urutan pengeluaran. Jadi intinya di urutan pengeluaran Anda.

    Nasehat baru: Jangan pernah sisihkan uang untuk menabung dan berinvestasi

     


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2569

    Hi @Bartho,

    persentasenya untuk awal ga perlu sampe 30%, tetapi tetap di awal harus diprioritaskan (bukan disisihkan).  Silahkan coba aplikasi Finansialku di Aplikasi Finansialku. Ditunggu saran dan masukkannya ya. Terima kasih.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #2589

    Hallo, tim duit pintar. Saya bekerja disebuah perusahaan dengan salary 4.2 juta perbulan. selain itu saya buka kursusan dg detail: u/ private 1.6juta per 10 meetings (hanya sampai des 2016) dan regular sekitar 750rb per 8meetings. Saya sdh memiliki tabungan emas 25g namun msh di pawn krn keperluan. Tagihan kartu kredit msh sekitar 3,1jt. Setiap bln pengeluaran saya sekitar 2.5 juta (rumah sewaan, investasi, belum makan dan bensin) msh ad cicilan uang gedung skolah ade saya sekitar 3.7juta. Tabungan uang saya hampir dibilang tidak ada.

    Pertanyaan saya:
    1. Bagaimana menata keuangan saya spy tidak morat marit dan msh bisa menabung
    2. Bagaimana melunasi smua cicilan dan menebus emas saya.
    3. Saya memiliki target 10jt ada ditangan pada bulan maret 2017 krn saya mau menikah dan saya mau saya juga ad ikut andil dlm acra trsebut, tdk memberatkan suami saya.

    terimakasih saya ucapkan. semoga bs dibantu secara terperinci dan dijelaskan langkah2 memperbaiki finansial saya. tks.

  • #2647

    Hi Ibu @Retyana Nhana, terima kasih sudah berkunjung ke Forum Duit Pintar, khususnya ke thread ini. Menjawab pertanyaan Ibu @Retyana Nhana,

    1. Cara biar ga morat-marit adalah mulai dengan membuat anggaran keuangan bulanan. Jadi pada akhir bulan, Ibu @Retyana Nhana mulai menyiapkan uang 4,2 juta itu nanti buat apa saja. Contoh ternyata untuk bulan depan total penghasilan dari gaji dan ngajar sebesar Rp 6 jutaan, kemudian ada pengeluaran sampai 8 juta. Anda bisa menggunakan strategi untuk mulai menambah penghasilan. Kalau Anda juga mengajar (les-lesan), sekarang ada lho les-lesan online. Selain itu Anda juga biasakan mencatat pengeluaran harian, karena Anda akan memiliki kontrol penuh atas keuangan Anda. Plus Anda juga perlu menentukan prioritas pengeluaran, prioritaskan untuk pengeluaran produktif.
    2. Untuk melunasi cicilan diperlukan disiplin yang tinggi, seperti jawaban nomor 1. Mulai dari membuat anggaran, mencatat pengeluaran dan membuat prioritas. Saya yakin cicilan Anda bisa segera terselesaikan.
    3. Target Rp 10 juta itu bisa atau tidak, tergantung dengan bagaimana cara Anda menyiapkannya. Sampai bulan Maret 2017, berarti masih ada waktu 6 bulan. Tujuan keuangan jangka pendek seperti itu lebih baik jika Anda menempatkan di investasi likuid (risiko potensi rendah) atau produk tabungan. Jadi strateginya adalah buat anggaran pemasukan dan pengeluaran kemudian tambahkan dengan pos tabungan sebesar  Rp 1.700.000 per bulan. Itu artinya Anda harus menambah les privat 1 kali lagi.

    Semoga jawaban kami dapat membantu dan semoga rencana Ibu @Retyana Nhana dapat segera terwujud.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #3193

    Hai finansialku.com salam kenal..

    Saya mohon saran & pendapatnya ni..saya seorang irt..

    Saat ini saya punya tabungan sebesar 10juta..saya berencana utk menginvestasikan uang tsb..sebaiknya insvestasi apa ya bisa saya ambil apabila dlm jangka waktu 6bln saya bisa ambil kembali dikarenakan utk tambahan biaya renovasi rmh…

    Trima kasih

  • #3194

    Selamat malam forum dut pintar and team. Perkenalkan saya mahasiswa semester 6, saat ini umur 20 tahun. Ada beberapa hal yang ingin saya konsultasi kan mengenai finansial saya dan target di tahun depan.

    Saya kuliah di luar kota dan setiap bulannya diberi uang 1jt untuk biaya hidup. 3 bulan terakhir saya bekerja freelance di lembaga bimbel dengan gaji 900rb per bulan. Saya bekerja karna biaya kebutuhan kuliah saya tidak cukup jika hanya mengandalkan kiriman dari ortu saya. Saya cukup hemat dalam pengeluaran dan pekerja keras.

    Bulan ini saya benar2 saving uang saya Rp 1.300.000 (gaji 900rb + sisih uang kiriman 400rb).  Sementara ada beberapa perencanaan saya di waktu depan.

    *beli laptop spesifikasi bagus harga sekitar 10juta, bulan juli 2017

    *mendirikan startup branding kaos modal sekitar 3juta, bulan maret 2017. Untuk ini sebenarnya saya ingin mengajukan pinjaman modal di bank, apakah bisa?

    *atau saya investasikan tanah saja dp 4juta, cicilan 600rb per bulan

    Kira-kira apa yang harus saya lakukan agar finansial lancar dan sesuai harapan. Karna saya ingin selepas kuliah saya  bisa langsung bekerja/memiliki usaha alias tidak menganggur dan memiliki mobil untuk mengimbangi keaibukan saya. Apakah realistis? Mohon saran nya, trrimakasih

  • #3203

    Hi Margaretha Lia, terima kasih sudah mengunjungi Forum Duitpintar, khususnya di thread diskusi perencanaan keuangan.

    Bu, sebelum menjawab pertanyaan ibu, kami ingin membagikan informasi bahwa investasi itu alat yang dapat kita gunakan untuk membantu mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Nah dalam kasus ibu, sebaiknya produk investasi disesuaikan dengan kebutuhan ibu. Misal :dalam jangka waktu 6 bulan, berapa target uang yang dibutuhkan untuk membantu renovasi?

    Ibu Margaretha Lia dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu mengitung kebutuhan renovasi rumah. Daftar Aplikasi Finansialku, pilih menu rencana keuangan dan dana membeli barang.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #3204

    Hi Juang Mhasiswa, terima kasih sudah mengunjungi Forum DuitPintar, khsusunya di thread konsultasi perencanaan keuangan ini. Saya sebagai seorang financial planner sangat bangga dengan Anda, karena Anda masih muda dan memiliki semangat yang tinggi.

    • Sebagai informasi  Mas Juang Mhasiswa dapat menambah penghasilan melaui website freelance, seperti projects.co.id atau sribulancer.com. Sangat masuk akal jika tahun depan Mas ingin membeli laptop dengan harga tersebut. Namun yang perlu dipertimbangkan, apakah laptop tersebut adalah prioritas utama?
    • Untuk mendirikan startup dengan modal Rp 3 juta, tampaknya perlu dikaji kembali. Di awal usaha, sulit untuk mendapatkan pendanaan dari bank. Anda dapat memulai pendanaan dari keluarga, teman dekat, kenalan atau angel investor.
    • Untuk investasi di tanah, kami tidak bisa memberikan banyak insight. Banyak pertimbangan saat berinvestasi properti, termasuk tujuan investasi Anda .

    Jika saat ini Anda masih bingung dan belum ada ide mengenai perencanaan keuangan, silahkan coba Aplikasi Finansialku. Aplikasi kami dapat membantu Anda untuk menghitung kebutuhan investasi dan memberikan gambaran untuk masa depan keuangan Anda.

    Semoga jawaban kami dapat membantu. Terima kasih.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #3516

    Halo FinansialKu,

    Perkenalkan saya Alvin, 22 tahun, putus kuliah (sekarang kerja sebagai guru)

    Tabungan saya sekarang ada 10 juta, penghasilan per bulan minimal 5 juta (sampai Juli depan masih sekitar 9 – 10 jt), sekarang juga sedang jalan cicilan mobil (sisa 18 bulan lagi dengan nominal 2.4jt/bulan). Dikarenakan satu dan lain hal, secepat mungkin saya harus dapat memiliki sebuah apartemen uk. studio dengan kisaran harga 150-200 jt untuk saya, ibu, dan kedua adik saya tempati. Target saya, sebelum akhir tahun sudah bisa memiliki apartemen tersebut. Saat ini saya masih tinggal dengan keluarga.

    Saya ada terpikir untuk mengover-kreditkan mobil yang sedang saya jalankan cicilannya, lalu dengan uang yang ada (kurang lebih 30-40, saya ingin DP apartemen dan membeli sebuah sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari. Menurut anda, apakah ‘worth it’ untuk saya melakukan hal tersebut? Atau apakah anda ada saran lain melihat kondisi yang saya jabarkan diatas?

    Terima Kasih

  • #3528

    Hi Alvin Artha, terima kasih sudah mengunjungi Forum Duit Pintar dan thread tanya jawab. Saya coba memahami permasalahan atau situasi yang Anda hadapi saat ini. Saya akan beri beberapa pendapat :

    1. Saya tidak yakin dengan apartemen ukuran studio bisa cukup untuk Anda, ibu dan kedua adik. Coba dipertimbangkan lagi, dengan apartemen yang ukurannya lebih besar, kos atau kontrak
    2. Keputusan untuk over kredit kendaraan ke orang lain, kemudian uangnya dibelikan untuk motor (transportasi) dan apartemen adalah keputusan yang lebih baik.
    3. Saran kami, buatlah rencana keuangan agar kondisi keuangan Anda lebih tertata.

    Semoga jawaban kami dapat membantu.


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #4417

    Halo finansialku

    Pekenalkan nama saya syaiful usia 33th istri ibu rumah tangga,  pekerjaan penjual gado2.dg 2 anak ank pertama usia 6,5th (tk B persispan masuk SD) ank kedua usia 9bln, penghasilan saya rata2 400-500rb/hari.saya punya arisan 50rb/hr selama 20bln, tabungan harian120rb+30rb utk tabungan pendidkn(BRI junior),jd rata2/hr saya bawa pulang 200-300rb/hr(arisan+tsbungan harian di bayar di tempt kerja/warung),libur kerja 2 kali 1 blan dan saya tidk punya karyawan. Pengeluaran rutin saya sbb:                   tahunan:                              1.sewa rumah:2jt/thn.      2.sewa tempat      usaha:4jt/thn sekarang    punya 2th(potensi naik  tiap thn)                             bulanan:                              1.spp anak :100rb.           2.bpjs kesehatan:102rb    3.listrik rumah+tempat usaha:100rb.                      4.tv kabel:20rb.                Pertanyaan saya:             1.bagaimana cara saya merencanakan/memastikan dana pendidkn kedua anak saya terpenuhi sampai akhir masa pendidikan.             2.bagaimana cara saya mengatur keuangan saya agar saya dapat membeli rumah dg kisaran harga 300an jta  3.bagaimana cara bisa memastikan masa pensiun saya(keinginan  umur 50th) mempunyai keuangan yg cukup(kalupun masih bekerja tidak terlalu ngoyo).                                Demikian pertanyaan saya, mohan kiranya di balas dan di carikan solusi terbaik dg kondisi keuangan tersebut diatas. Sebelumya saya ucapkan terima kasih


     

    • #5047

      Hi ibu @Ipunk (Ibu Syaiful), terima kasih sudah mengunjungi forum DuitPintar.com khususnya thread ini. Menjawab pertanyaan ibu :

      1. Bagaimana cara saya merencanakan/memastikan dana pendidikan kedua anak saya terpenuhi sampai akhir masa pendidikan?

      Jawab: Ibu perlu menghitung kira-kira berapa dana yang dibutuhkan saat anak kuliah nanti, kemudian ibu mulai membuat perencanaan keuangan. Kami sarankan ibu mencoba daftar Aplikasi Finansialku (dan panduan penggunaan) untuk menghitung kebutuhan dana pendidikan anak. Kami memiliki beberapa artikel yang dapat langsung memberikan simulasi perhitungannya:

       

      2. Bagaimana cara saya mengatur keuangan saya agar saya dapat membeli rumah dg kisaran harga 300an jta

      Jawab : dilihat dari struktur pemasukan ibu, seharusnya tujuan keuangan ibu untuk membeli rumah, kisaran harga Rp 300 juta adalah tujuan keuangan yang relevan. Ibu dapat mulai dengan mempersiapkan uang mukanya terlebih dahulu. Ibu juga dapat menggunakan Aplikasi Finansialku (dan panduan penggunaan) untuk menghitung dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya, agar uang muka pembelian rumah dapat segera terpenuhi.

      Contoh : Kerja 5 tahun dapat membeli rumah, asalkan punya rencananya.

       

      3. Bagaimana cara bisa memastikan masa pensiun saya(keinginan  umur 50th) mempunyai keuangan yg cukup(kalupun masih bekerja tidak terlalu ngoyo)?

      Jawab : Bu, agar uang pensiun dapat tersedia, ibu memang sebaiknya sudah memiliki persiapan dari awal. Sebagai perencana keuangan, kami menyarankan agar ibu mulai berinvestasi untuk dana hari tua. Ibu juga dapat menggunakan Aplikasi Finansialku (dan panduan penggunaan).

       

      Ibu lakukan dulu perhitungan dengan Aplikasi Finansialku, agar ibu dapat mengetahui berapa dana yang harusnya diinvestasikan setiap bulan. Dari situ ibu dapat mulai berinvestasi dengan efektif, misal mulai berinvestasi di reksa dana.

      Silakan download ebook (gratis) : Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula.


      Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #4561

    Ada yang tau syarat bikin kartu kredit?

    • #5048

      Hi Pak @AgusSetiawan terima kasih sudah mengunjungi forum DuitPintar.com khususnya thread Finansialku.com.

      Menjawab pertanyaan Bapak mengenai syarat pembuatan kartu kredit, dapat dicek dan diajukan langsung melalui website DuitPintar (klik di sini).

       

      contoh syarat kartu kredit BCA Visa Batman (Penjelasan)

       

        <li class=”title row-box”>Penghasilan Minimal Per Bulan Rp. 3.000.000
        <li class=”title row-box”>Minimal Umur 21 tahun
        <li class=”title row-box”>Umur Maksimal 65 tahun
        <li class=”title row-box”>Siapa Saja Yang Bisa Mendaftar WNI dan WNA
        <li class=”title row-box”>Apakah Dibutuhkan KTP/ID? Diperlukan
        <li class=”title row-box”>Apakah Dibutuhkan Slip Gaji? Diperlukan
        <li class=”title row-box”>Jenis Pekerjaan Karyawan, Wirausahawan, Profesional
        <li class=”title row-box”>Cakupan daerah yang bisa dilayani? Seluruh Provinsi

      Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

  • #4598

    Halo funansialku, jika gaji saya 3,5 juta perbulan, usia saya 18 tahun, bagaimana rencana keuangan untuk saya jika saya ingin kuliah dalam waktu 1-2 tahun lagi?, terimakasih

  • #6108

    apakah dengan melipatgandakan beban penyusutan dan amortisasi dapat berdampak buruk bagi harga saham dan kemampuan untuk meminjam uang? jelaskan!

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 14 pengguna terdaftar dan 147 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik