Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Alibabi Alibaba 2 tahun, 3 bulan yang lalu.

  • #5965

    First Travel dikabarkan menginvestasikan Dana Umroh ke koperasi Pandawa. Seperti yang Anda ketahui koperasi Pandawa telah dinyatakan sebagai investasi bodong oleh Otoritas Jasa Keuangan. Bagaimana kelanjutan Dana Umroh pada nasabah First Travel?

    First Travel Sulit untuk Memberangkatkan Calon Jemaah

    Sekarang ini sedang heboh kasus First Travel (PT First Anugerah Karya) yang dikabarkan sulit untuk memberangkatkan calon Jemaah. Berita terbaru menyebutkan izin usaha First Travel sudah dicabut oleh Kementerian Keagamaan (Kemenag).

    Akhir-akhir ini, pemberitaan disejumlah media diramaikan dengan adanya kasus penipuan atau penggelapan dana yang dilakukan oleh PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel. Penyebab utama First Travel mengalami kesulitan dana karena uang Jamaah tersangkut dalam investasi bodong Koperasi Pandawa.

    Dari sejumlah laporan yang diterima mengharuskan pihak kepolisian untuk melakukan penggeledahan Kantor Fist Travel. Dari hasil penggeledahan ditemukan ribuan dokumen paspor calon Jamaah Umroh yang telah menyetorkan dananya ke agen perjalanan tersebut.

    Setyo mengatakan, ribuan paspor itu disita untuk dijadikan salah satu bukti dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan itu. Ia memastikan paspor itu akan dikembalikan setelah proses klarifikasi selesai.

    Selain melakukan penggeledahan, Polisi menangkap pemilik sekaligus pemimpin penyelenggara perjalanan Umroh First Travel, yakni pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan.

    Keduanya adalah Direktur Utama dan Direktur PT First Travel Anugerah Karya Wisata (First Travel). Mereka ditangkap pada Rabu, 9 Agustus 2017 di kompleks gedung Kementerian Agama, Jakarta.

    Sangkut paut First Travel dan Koperasi Pandawa

    Dilansir oleh Nasional.kontan.co.id Senin (14/8/17), tersangkutnya dana First Travel di Koperasi Pandawa dibenarkan oleh kuasa hukum Koperasi Pandawa dan Nuryanto, M. Herdiyan Saksono Z. Dia bilang memang ada aliran dana dari First Travel kepada kliennya.

    Iming-iming bunga 10% per bulan yang ditawarkan Koperasi Pandawa ditengarai membuat First Travel tertarik menaruh uang jamaah disana.

    Tak mengherankan apabila First Travel berani menawarkan paket Umroh Rp14 juta per Jamaah, di bawah harga pasar agen perjalanan lain sebesar Rp21 juta per Jamaah.

    Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul menyebut, apabila rata-rata biaya Umroh yang dibayar Jamaah First Travel sekitar Rp14,3 juta, maka dikalikan Jamaah yang belum berangkat 35.000 jamaah, maka kerugian Jamaah bisa lebih dari Rp500 miliar.

    Jumlah tersebut bisa bertambah karena sebelum izin First Travel dicabut pada 1 Agustus 2017, mereka masih menawarkan paket-paket promosi paket Umroh murah. Apalagi berdasarkan laporan polisi, ada sekitar 70.000 Jamaah calon Umroh First Travel yang sudah melunasi biaya dan harus diberangkatkan.

    Baca Selengkapnya : Syarat Membuat NPWP | Aplikasi Keuangan | CPNS 2017 |First Travel

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 9 pengguna terdaftar dan 492 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik