Topik ini mengandung 29 balasan, memiliki 13 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  diandra 2 tahun, 7 bulan yang lalu.

  • #4430

    Hai Sahabat DP’er!

    Apa yang akan terlintas dalam benak kita apabila mendengar kata “hemat”, pasti segala sesuatunya berhubungan erat dengan yang namanya financial atau keuangan. Keuangan memang hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, segala sesuatu pastinya memerlukan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Dengan keuangan atau finansial yang baik segala sesuatu yang menjadi prioritas hidup akan dapat terpenuhi, oleh sebab itu pentingnya kita dalam mengatur keuangan. Tidak mudah juga dalam mengatur keuangan, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk bisa berhemat dalam mencukupi segala kebutuhan. Dengan berhemat keuangan dapat kita kelola dengan baik sesuai prioritas kebutuhan hidup.

    Selain berhemat untuk mengatur keuangan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara berinvestasi, berbisnis, dan menabung. Di era yang serba modern saat ini berbagi jenis investasi sangat mudah dan banyak ditemukan diantaranya seperti investasi emas, properti, dan perkebunan. Investasi bisa menjadi alternatif untuk mengatur keuangan kalian agar tetap bisa dikelola dengan baik. Selain investasi, berbisnis juga merupakan salah satu cara agar keuangan kalian dapat bermanfaat bahkan bertambah dengan seiringnya waktu. Banyak sekali bisnis yang dapat kalian kembangkan, yang pasti sesuaikan dengan minat dan target pasar dilingkungan kalian. Apabila kalian tidak ingin ribet dan terganggu dengan segala aktifitas tersebut kalian dapat memilih menabung sebagai alternatif terakhir untuk menjaga keuangan kalian.

    Lalu bagaimanakah dengan uang Rp 6 juta,

    Apa yang bisa saya lakukan dengan uang tersebut ?

    Kalau saya mendapat uang Rp 6 juta, pastinya saya akan memilih untuk berbisnis. Karena menurut saya dengan berbisnis saya dapat mengembangkan uang tersebut menjadi lebih banyak lagi. Bisnis juga merupakan passion saya sejak kecil, hal ini dibuktikan dengan cara saya berinteraksi dengan teman sekelas waktu saya masih berada di sekolah dasar. Saya menjual kembali mainan bergambar yang dibelikan orangtua saya, kemudian hasil penjualan saya belikan kembali mainan bergambar dengan versi yang lebih baru lagi dengan uang tersebut. Bakat yang terpendam tersebut membuat saya ingin sekali menciptakan sebuah bisnis yang menjadi minat dan harapan saya. Dengan berbisnis semua yang menjadi harapan saya akan terwujud, termasuk dengan mengatur keuangan untuk mencukupi segala bentuk kebutuhan yang menjadi prioritas.

    Lantas bisnis apa yang menjadi harapan saya ?

    Ayah saya adalah seorang penjahit pakaian, entah kenapa sejak kecil saya suka dengan sesuatu hal yang berhubungan dengan fashion. Sejak kecil saya juga dilatih untuk bisa menjahit sendiri pakaian yang bolong atau robek. Bagi saya fashion merupakan kreatifitas dan kesenian yang harus dikembangkan untuk kedepannya. Hal ini juga yang menjadi harapan saya untuk membuka usaha sablon kaos. Sejak lulus SMA saya ingin memiliki bisnis sablon kaos digital, karena menurut saya tidak dibutuhkan banyak peralatan untuk usaha semacam ini. Dengan memiliki usaha sablon kaos digital saya bisa mengekspresikan berbagai karya design yang saya buat dalam bentuk media kaos.

    Alasan kenapa saya memilih bisnis Sablon Kaos ?

    Fashion merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan. Setiap orang membutuhkan pakaian untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua semua memerlukan pakaian. Pakaian menarik dengan design yang unik menjadi trend anak muda saat ini, terlebih lagi gambar kartun yang setiap hari ditonton oleh anak kecil menjadi hal yang menarik untuk bisa digunakan oleh anak-anak. Oleh sebab itu, Sablon Kaos digital menjadi solusi alternatif usaha untuk menciptakan berbagai keunikan dan kreatifitas tersebut. Dengan modal yang tidak cukup banyak dan berbagai keahlian yang mudah untuk dipelajari, menjadi alasan saya untuk memilih berbisnis sablon kaos dengan modal yang tidak terlalu besar.

    Inilah berbagai ide dan rencana saya dalam mewujudkan semua harapan itu!

    Semua bisnis itu perlu proses dan kerja keras untuk mewujudkannya, dibutuhkan juga strategi dan target pemasaran agar bisnis kita dapat berjalan dengan lancar. Bisnis akan sukses apabila semua dipersiapkan dengan baik dan benar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis sablon kaos digital diantaranya:

    Menguasai proses dan cara kerja pembuatan sablon kaos digital. Dengan menguasai cara kerja pembuatan sablon kaos digital kalian akan mengetahui setidaknya peralatan apa saja yang dibutuhkan ketika ingin menciptakan usaha tersebut.

    Modal yang cukup untuk investasi peralatan dan bahan. Dibutuhkan modal yang tidak begitu banyak untuk membeli peralatan sablon kaos digital, saya rasa dengan uang Rp 6 juta semua akan terpenuhi bahkan masih sisa untuk melengkapi atau pengembangan usaha yang lainnya.

    Ruangan yang cukup untuk produksi sablon kaos digital. Untuk proses pembuatanya hanya memerlukan mesin yang tidak begitu besar sehingga tidak memerlukan ruangan yang luas. Kalian bisa lakukan produksi diruangan seluas kamar tidur ataupun seruangan tamu.

    Keahlian tambahan seperti menguasai komputer dan design. Keahlian menjadi prioritas utama untuk hal ini, tanpa keahlian menguasai komputer dan design usaha sablon koas digital tidak akan berjalan dengan baik. Olehkarena itu persiapkan keahlian tersebut dari sekarang.

    Strategi penjualan dan target pemasaran produk sablon kaos digital. Strategi pemasaran suatu produk juga sangat diperlukan untuk suatu bisnis. Bisnis akan berjalan dengan lancar apabila produk dapat terjual dipasaran. Dengan target semua kalangan usia dapat ditembus, maka sablon kaos digital akan dapat diterima oleh pasar.

    Ketika semua sudah dipersiapkan dan dipelajari, langkah selanjutnya adalah Action. Saya rasa tanpa action semuanya tidak akan berjalan dan hanya menjadi angan-angan belaka. Dengan mempersiapkan semua tips diatas, pastinya kita akan siap memulai usaha sablon kaos digital. Untuk bisnis sablon kaos digital dapat kita bagi kedalam dua bidang sekaligus diantaranya dibidang jasa sablon kaos dan dibidang penjualan produk kaos. Dan untuk pemasaran jasa dan produk sablon kaos kita bisa gunakan dua teknik berikut, lokal marketing dan internet marketing. Untuk lokal marketing contohnya seperti berjualan di pasar malam, membuka kios dan menawarkan kepada teman dekat. Untuk internet marketing kita bisa gunakan jasa pasang iklan, membuka toko online dan menggunakan sosial media untuk promosi produk.

    Dan seiring berjalannya usaha kita yang tidak kalah pentingnya lagi adalah dengan cara melakukan perbaikan terus-menerus (Improvement Continueous) dan senantiasa melakukan innovasi terbaru. Innovasi yang unik dan kreatif akan meningkatkan daya tarik masyarakat serta menjadikannya pelanggan setia kita. Tidak ada usaha yang membohongi hasil, semua akan mendapatkan imbalan yang setimpal. Begitu juga dengan bisnis, semua yang kita kerahkan untuk bisnis dan usaha kita sekecil apapun akan memberikan hasil yang maksimal. Mungkin langkah terakhir kita adalah menyerahkan semua bentuk usaha kita kepada Sang Pencipta dan terus berdoa untuk kelancaran dan keberkahan usaha atau bisnis kita. Tetap semangat dan pantang menyerah !!!

  • #4439

    Bener kak, dengan memilih bisnis sesuai dengan minat, kita dapat berusaha maksimal untuk memajukan usaha kita. Memilih bisnis fashion menjadi pilihan yang tepat, seiring dengan permintaan penduduk yang semakin meningkat.
    Marvelous Plan & idea kak 🙂

    • #4442

      Terimakasih mas Luxni atas tanggapanya!

      Memang benar sekali sekarang yang menjadi prioritas kebutuhan manusia menjadi suatu peluang ide untuk menciptakan usaha atau bisnis yang sifatnya berkelanjutan…

      Dengan memilih bisnis sablon tidak akan termakan jaman, karena setiap manusia membutuhkan berbagai kebutuhan premier seperti sandang atau pakaian.

      Semoga bermanfaat mas untuk menciptkan peluang usaha ya !…

  • #4444

    Untuk memulai Berbisnis itu kita harus lebih jeli mengetahui passion kita.

    Jika kita tidak mengetahui passion kita maka bisnis apapun yang kita jalankan itu hasilnya akan nol.

    Mungkin berawal dari iseng kemudian beranjak menjadi hobi. Jikalau hobi itu kita tekuni maka disitu lah passion kita.

    Jika bisnis itu sesuai dengan passion yang telah miliki maka bisnis apapun akan menjadi lebih menyenangkan dan bukan menjadi tekanan untuk kita,

    jus’t be yourself,  oke

    👌

    • #4449

      Terimakasih mas Joko atas tanggapannya.

      Benar sekali apa kata mas Joko, bisnis apapun yang di dasari dengan keinginan atau hobi kita akan terasa sangat menyenangkan dan juga pastinya kita tidak akan terbebani dengan pekerjaan tersebut karena telah menjadi bagian hal dari yang kita senangi.

      Mungkin dengan bisnis sablon ini, saya lebih bisa menyenanginya karena telah lama menjadi passion saya sejak SMA mas.

      Semoga bermanfaat untuk bisnis mas Joko juga ya!…

  • #4445

    Untuk memulai Berbisnis itu kita harus lebih jeli mengetahui passion kita.

    Jika kita tidak mengetahui passion kita maka bisnis apapun yang kita jalankan itu hasilnya akan nol.

    Mungkin berawal dari iseng kemudian beranjak menjadi hobi. Jikalau hobi itu kita tekuni maka disitu lah passion kita.

    Jika bisnis itu sesuai dengan passion yang telah miliki maka bisnis apapun akan menjadi lebih menyenangkan dan bukan menjadi tekanan untuk kita,

    jus’t be yourself,  oke

    👌

    • #4696

      Wah bener banget mas Joko! untuk memulai bisnis kita harus jeli!

      Jeli ini sama artinya dengan kita harus tahu bisnis mana yang cocok untuk kondisi kita sekarang ini! Soalnya banyak juga orang yang mulai bisnis tapi malah cuma sekedar punya dan gak berkembang!

      Mudah2an kita bisa jeli lagi dalam memilih bisnis yang ingin kita jalankan ya mas!

       

  • #4451

    Hai Sahabat DP’er

    Sedikit revisi dari saya, pada paragraf terakhir baris kedua yang didalam kurung itu merupakan bahasa inggris yang memiliki arti perbaikan terus menerus maksud saya adalah (Continous Improvement) namun saya salah menuliskannya dengan kata tersebut, lupa belum diperbaiki karena kelemahan saya dalam menulis menggunakan bahasa asing.

    Terimaksih atas perhatinnya!…

  • #4501

    Dari pembahasan di atas saya tertarik statement yg menyatakan bahwa bisnis bermula dari passion

    “Going to business start from our passion”.

    Unik, memang kenyataannya banyak bisnis yg bisa berkembang pesat berawal dari passion. Disamping itu juga ada beberapa segi penting seperti komitmen dan konsistensi, visi dan misi, forecast of sales, mimpi dan tujuan serta goals ke di masa depan yg semuanya pasti ditargetkan. Pemilihan orang2 yg tepat dalam menjalankan bisnis serta pihak2 yg mensupport baik secara finansial maupun non finansial juga penting dalam mendobrak perkembangan bisnis. Sering kali dalam berbisnis akan mengalami titik jenuh yang hal tersebut dapat melemahkan produktivitas, penurunan omset karena target penjualan yg tdk tercapai, variasi dan inovasi yg mulai mampet, kredibilitas team yg menurun, dsb semua itu muncul akibat lemahnya sistem monitoring kita dalam memantapkan diri untuk tetap dalam tujuan awal, untuk tetap dalam jalur/rel yg sama. Oleh karena itu, paling tidak sebelum berbisnis selain mengandalkan passion juga kita perlu tau metode dan mekanisme dalam berbisnis seperti misalkan kita memggunakan CRM (Customer Relationship Management) dimana tools ini berfungai sebagai garda awal dalam memetekan business plan yang akan kita realisasikan. Contoh CRM dalam kasus bisnis sablon ini misalkan:

    1. Seberapa besar modal

    2. Peralatan apa yg akan digunakan

    3. Berapa man power yg dibutuhkan

    4. Daerah mana yg strategis dengan bisnis ini

    5. Bagaimana suasana dan service di tempat penjualan

    6. Siapa target penjulan kita apakah mahasiswa, karyawan, anak2 dsb

    7. Paket apa saja yg bisa kita berikan

    8. Adakah harga bundling yg sesuai budget anak muda misalnya atau untuk komunitas2 tertentu

    9. Bagaimana cara mensosialisasi dan mempublikasikannya ke masyarakat

    10. Adakah layanan online order dengan template2 yg sudah disediakan oleh siatem

    11. Adakah diakon khusus bagi pembeli khusus misal pembelian dalam jumlah lebih dari 100 pcs

    12. Bagaimana penanganan claim terhadap produk yg tidak sesuai requiremen customer

    13. Bagaimana target bulanan akan dipersiapkan

    Dsb, dsb.

    Pada intinya selain bisnis itu dikembangkan mulai dari passion yg ada, jangan lupakan faktor2 penunjang yg sebenarnya menjadi kunci dalam berbisnis.

    Jangan lupakan juga “take and give” dalam berbisnis sehingga apa yg kita usahakan setidaknya membawa manfaat bagi orang lain misal income yg di dapat selama sebulan kita sisihkan untuk kegiatan sosial maupun keagamaan agar bisnis kita menjadi berkah.

    • #4520

      Hai Mas Halim Terimakasih atas tanggapannya ya!…

      Wah ternyata mas Halim belajar CRM juga ya, emang penting banget ternyata sebelum kita memulai usaha harus memperhatikan faktor yang satu ini!

      Tanggepanya lengkap mas! Nambah ilmu baru juga buat saya, semoga segala usaha kita bisa berjalan dengan lancar ya mas! Yang pasti kita tidak melupakan segala bentuk persiapan atau bussiness plan sebelum mewujudkan bisnis kita!.

    • #4867

      Keren sekali pembahasannya 🙂 Kayaknya boleh juga nih di-share di thread sendiri, supaya bisa jadi bahan pembelajaraan baru buat Forumers DuitPintar lain.


      DuitPintar.com | Maksimalkan Keuangan Anda!

  • #4502

    Bener banget mas Bro .. dalam bisnia kita hatus memiliki strategy dan target market yang tepat. Jika dalam bisnis kita hanya ngasal dan ikut2an . . Ya sudah bisa dipastikan hasilnya. .. bakalan udahan. Hehe. .

    Menjalani bisnis yang sesuai dengan passion kita, itu merupakan pilihan yang sangat baik dan dijamin kita gak bakalan mudah lelah apalagi frustasi. Namanya udah cinta .. bawaanya ya enjoy aja…

    Bahagia banget jika kita bisa menemukan bisnis yang sesuai dengan passion kita. Namun sayang terkadang kita mengesampingkan kata hati kita dan l3bih menuruti ego kita dan mengedepankam materi.

    • #4521

      Hai Mas Ito, terimakasih atas tanggapanya ya!

      Segala sesuatu bentuk pekerjaan akan terasa menyenangkan apabila kita mencintai pekerjaan tersebut mas! Bener banget yang dikatakan mas ito juga bahwa kalo kita memiliki pekerjaan yang sesuai hobi kita, pastinya tidak akan ada paksaan untuk bersusahpayah melakukanya lha wong enjoy kan….

      Semoga aja mas ito mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan mas Ito tanpa mengedepankan ego dan materi ya mas!…

  • #4513

    Usaha ya..

    Nama nya jg usaha ya, jd kita ga bisa memprediksinya..

     

    Buat yg awal sekali terjun d dunia usaha, adalah ketakutan2 klu seandainya gagal, padahal kegagalan itu pembelajaran yg ga d dapat d mana2 university..

     

    Pesan buat anak2 muda yang kreatif yg mau usaha, mentor dalam dunia usaha penting..

    Sukses kedepan nya..

    • #4522

      Hai mas Achmad, terimakasih atas tanggapanya ya!

      Kegagalan memang sebuah momog yang menakutkan bagi para pemula bisnis mas!, itu menjadi hal yang wajar dan pantas sih menurut saya, tapi semua itu ya bisa kita atasi dengan dalih, kalo kita gak coba gimana bisa kita menentukan gagal atau tidaknya! Yang terpenting adalah kita harus mencoba terlebih dahulu agar kita tahu batas kemampuan kita.

      Bener juga sih katanya mas! kalo pengalaman kegagalan tidak dengan mudah kita dapatkan di perguruan tinggi, melainkan ya dari bentuk usaha kita!. Tanggapanya ngena banget mas! hehe Semoga sukses untuk kedepanya ya mas!

  • #4519

    Wah bener banget nih artikelnya. Saya juga lebih milih usaha, soalnya kalo kita usaha atau bisnis kita akan lebih bisa memutar kembali keuntungan dari hasil bisnis.

    terus kalau kita berdasarkan itu sangat mendukung kinerja kita dalam bidang usaha tersebut ,

    trima kasih yaaa atas informasinya ,

    smoga saya bisa mengikuti jejak artikel ini

     

    • #4523

      Hai Mas Syamsudin, terimakasih atas tanggapanya!

      Memang usaha atau bisnis menjadi langkah utama agar terbukanya pintu rezeki kita dari mana saja mas! Semoga bisa menjalankan usaha atau bisa memulai bisnis yang sesuai dengan minat dan potensi mas Syamsudin ya!

      Semoga artikelnya bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk melangkahkan kaki kedunia wirausaha atau bisnis mas!

    • #4572

      Ya mas banyak banget ilmunya … berarti tinggal praktek nih yg blom dilaksanakn ..

    • #4697

      Wah bener banget mas! Kalo kita udah banyak ilmunya kita harus action!

      soalnya tanpa action, bisnis atau usaha kita gak akan berjalan dengan baik mas!

      So, Talk Less Do More! Action for business and Spirit to Action!

       

  • #4548

    Wah~ Artikelnya bagus, Ka! Padahal awalnya cuma iseng doang buka, pas di baca ternyata ada beberapa pelajaran yang dapat di ambil.

    Informasinya, Alhamdulillah bermanfaat..👍👍

    • #4568

      Amin,… Semoga bisa diaplikasikan ya mbak tipsnya dan bermanfaat untuk progress usaha mbak nantinya!…

      Jangan lupa juga mbak sesuaikan dengan passion mbak agar menjadi sebuah usaha yang menyenangkan…

  • #4551

    benar sekali, bisnis memang harus sesuai dengan fasion , andaikata menjalankan bisnis tanpa ada feel dan keinginan atau terpaksa karna faktor lain , bisnis gak bakalan jalan semestinya.

    Hal lain dalam berbisnis perlu management yang bagus, kunci utama dalam berbisnis nih agar berkembang , scale up lah .

    Berjuang apa yang mau diperjuangkan

    makasih informasinya .

    • #4570

      Terimakasih mas Resna Atas tanggapannya ya!

      Betul sekali mas, dalam sebuah bisnis atau usaha memang sangat diperlukan sekali yang namanya management!. Mungkin tanpa management juga bisnis tidak akan bertahan lama mas!..

      Lain kali saya akan post juga tentang bisnis management mas!

      Semoga bermanfaat ya mas Artikel diatas!

  • #4566

    Wah makasih banget nih tipsnya… bermanfaat sekali buat saya…

    kebetulan aj saya lagi mau fokus ke bidang usaha bisnis…

    Semoga saya bisa aplikasikan semua tips yang saya bisa pelajari… Tetap semangat mas! Semoga berhasil usahanya…

    • #4567

      Semoga tipsnya bermanfaat ya mas!

      Wah udah mau mulai bisnis ya mas… semoga lancar juga usahanya dan dipermudah dengan segala urusannya ya mas!…

      Tetap semnagt juga ya mas!…

       

    • #4569

      Aminn .. emang usaha harus membutuhkan keberanian apalgi sebagai pemula. Syukur syukur mz artadhitive bisa bantu bimbing😊 cz  biasanya dlm berbisnis dibutuhkn mentor yg handal dan berpengalamn

    • #4571

      Terimakasih mas Maskuri atas balasan baliknya!

      InsyaAllah mas saya akan terus memberikan informasi berdasarkan pengalaman dan ilmu-ilmu yang pernah saya pelajari. Silahkan pantau terus forum ini mas, siapa tahu yang mas butuhkan terkait mentor yang handal bisa ditemukan dari artikel yang saya tulis!..

  • #4840

    gimana biar saya bisa mendapatkan hadiah uang pinjaman ini?

    • #4843

      Wah jawabanya semua ada di Duitpintar.com mas! Silahkan di cek dan jelajahi semua fiturnya! pasti kalian akan dapatkan informasinya disana mas!

  • #4868

    Selamat ya thread ini sudah menang kontes 🙂

    Habis ini langsung dibikin dong bisnisnya? Hehe..

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 24 pengguna terdaftar dan 714 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik