Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  Ismawati 7 bulan, 3 minggu yang lalu.

  • #6549

    Investasi apartemen bisa jadi hal yang menguntungkan. Anda dapat menyewakan apartemen yang Anda beli. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik apartemen bisa menerima pemasukan setiap bulannya dari apartemen yang Anda sewakan ini.
    Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadikan investasi apartemen bisnis yang menjanjikan, antara lain:

    Permintaan apartemen semakin tinggi

    Jumlah warga asing yang berdatangan ke Jakarta terus meningkat. Ini memberi pengaruh pada tingkat permintaan apartemen. Ini tak lain karena Warga Negara Asing tidak memiliki hak kepemilikan properti di Indonesia. Mereka tidak bisa membeli apartemen. Kebanyakan mereka memutuskan untuk sewa apartemen sehingga angka permintaan apartemen menjadi tinggi, apalagi di area yang dekat dengan pusat bisnis. Selain Warga Negara Asing, jumlah masyarakat kelas menengah ke atas juga meningkat. Mereka biasanya memilih tinggal di apartemen yang lebih terjangkau dari tempat kerja atau sarana hiburan.

    Apartemen sebagai investasi jangka menengah

    Dengan menyewakan unit apartemen, Anda bisa menerima pendapatan untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Misalnya saja, bila rata-rata jangka waktu sewa apartemen sekitar 2 sampai 3 tahun, berarti Anda menerima pendapatan yang lumayan besar selama jangka waktu ini. Uang sewa apartemen bisa Anda terima tiap tahun atau sekaligus selama jangka waktu sewa.

    Anda pilih antara menyewakan unit yang lengkap dengan furniture seperti tempat tidur, lemari, kompor, meja makan, kulkas, serta mesin cuci. Atau Anda menyewakan unit tanpa furniture. Biasanya harga apartemen tanpa furniture lebih terjangkau dibanding apartemen yang lengkap dengan perabot. Tapi dari segi kepraktisan, lebih banyak calon penyewa yang mencari apartemen yang telah lengkap perabotnya.

    Tingkat hunian meningkat

    Apartemen yang berada di kawasan strategis biasanya memiliki tingkat hunian yang tinggi. Ini karena banyak calon penghuni yang mencari apartemen agar lebih dekat dengan lokasi mereka beraktivitas. Yang juga perlu diingat, penyewa apartemen Anda bukan hanya berasal dari penyewa baru. Penyewa apartemen Anda yang sekarang mungkin akan memperpanjang masa sewa bila mereka merasa nyaman.

    Apartemen untuk ditinggali sendiri

    Tak masalah bila Anda memilih untuk tinggal di apartemen yang Anda beli. Dengan begitu Anda bisa menikmati suasana baru bersama keluarga, atau Anda bisa memiliki mobilitas lebih tinggi dengan tinggal di apartemen.

    Nah, setelah memutuskan untuk berinvestasi apartemen, langkah selanjutnya adalah menentukan apartemen mana yang akan jadi investasi Anda. Perhatikan beberapa hal berikut:

    Lokasi
    Tentukan area tempat Anda ingin membeli apartemen. Misalnya, bila Anda mencari apartemen di kawasan Jakarta Selatan, Anda bisa cari lokasi yang lebih spesifik.

    Riset pasar
    Sebelum membeli, riset pasar untuk memastikan Anda mendapat nilai dari uang yang ada. Bicara pada agen properti dan cari tahu penjualan apartemen terbaru di area tersebut. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Jangan hanya mengandalkan saran dari pengembang atau agen properti. Ini khususnya penting karena Anda perlu pastikan nilai apartemen setidaknya sesuai dengan uang yang Anda bayar.

    Baca juga tentang waktu tepat membeli apartemen.

    Cek fasilitas apartemen

    Pastikan apartemen yang Anda minati dekat dengan fasilitas yang Anda prioritaskan, misalnya supermarket, transportasi publik, taman, rumah sakit, sekolah, kantor, pusat kebugaran, dan sebagainya. Ini sangat penting terutama bila Anda ingin menarik minat penyewa potensial.

    Lingkungan apartemen

    Ketika memilih tinggal di apartemen tertentu, pertimbangkan apakah apartemen dekat dengan kafe atau tempat acara musik live lainnya. Bagaimana dengan kepadatan lalu lintas, apakah akan sangat berisik pada jam sibuk? Apakah suara bising akan mengganggu aktivitas Anda? Sebaiknya kunjungi gedung apartemen di malam hari atau selama jam lalu lintas yang sibuk sebelum Anda sepakat untuk membelinya.

    Usia bangunan apartemen

    Berapa usia bangunan apartemen? Anda perlu pertimbangkan usia gedung yang akan Anda tinggali. Apakah ada fasilitas yang membutuhkan perbaikan atau harus diganti?

    Sistem keamanan di apartemen

    Seperti apa sistem keamanan di gedung apartemen yang akan Anda beli? Apakah siapa saja bisa leluasa masuk ke gedung apartemen? Apakah terdapat kamera pengawas?

    Biaya maintenance

    Bagaimana dengan biaya maintenance? Banyak orang tidak memikirkan aspek ini ketika membeli apartemen baru. Mereka umumnya hanya menghitung biaya untuk listrik serta air. Cari tahu besaran biaya maintenance, mana yang sudah termasuk dalam biaya maintenance dan mana yang belum, misalnya biaya parkir biasanya terpisah dari biaya maintenance.

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 2 pengguna terdaftar dan 210 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik