Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan diperbarui terakhir kali oleh  finansialku.com 1 tahun, 9 bulan yang lalu.

  • #5136

    Moms, sudahkah Anda mengetahui karakteristik logam mulia? Tahukah Anda apa bedanya emas kuning, emas putih dan emas rose gold? Kali ini kita akan bahas perbedaan ketiganya.

    Karakteristik Logam Mulia yang Perlu Anda Ketahui

    Emas merupakan logam mulia yang paling diminati oleh masyarakat luas, karena emas memiliki daya tarik tersendiri. Sekarang ini, investasi emas menjadi investasi yang populer dikalangan ibu rumah tangga karena harganya yang diharapkan naik.

    Sebelum berinvestasi logam mulia, moms harus tahu karakteristik-karakteristik logam mulia, seperti warna, berat, ukuran, harga dan lain sebagainya. Yuk kita bahas satu per satu.

    Karakteristik Logam Mulia #1: Warna

    Apakah Anda pernah melihat logam mulia yang warnanya tidak kuning? Misal bewarna putih atau rose gold? Ternyata warna emas ditentukan oleh persentase logam campuran dan logam mulia. Emas yang ada dijual di toko emas biasanya bewarna:

    • Emas Kuning: warna emas yang alami adalah emas kuning dan berkilau kekuningan. Emas yang benar-benar logam mulia, disebut emas 24 karat. Emas kuning belum tentu 24 karat, karena ada juga yang dicampur dengan menggunakan tembaga ataupun perak.
    • Emas Putih: Perhiasan-perhiasan emas memiliki warna putih yang membuat emas tampak lebih berkarakter dan menarik. Emas putih dibuat dengan cara memadukan emas kuning dengan logam nikel, seng, tembaga, atau mangan. Pada umumnya, emas putih akan dilapisi Rhodium agar tampak berkilau dan cerah.
    • Rose Gold: Emas yang bewarna pink atau rose gold memiliki karakteristik cantik dan romantik. Rose gold dibuat dengan perpaduan logam emas dengan tembaga.

    Karakteristik Logam Mulia #2: Kemurnian Emas

    Tingkat kemurnian emas disebut dengan karat. Tingkat kemurnian menunjukkan persentase kandungan emas murni dalam sebuah logam. Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) – No : SNI 13-3487-2005 standar Karat Kadar emas adalah sebagai berikut:

    • 24 K = 99,00 – 99,99%
    • 23 K = 94,80 – 98,89%
    • 22 K = 90,60 – 94,79%
    • 21 K = 86,50 – 90,59%
    • 20 K = 82,30 – 86,49%
    • 19 K = 78,20 – 82,29%
    • 18 K = 75,40 – 78,19%

    Cara melakukan test kemurnian emas adalah dengan :

    • Uji Gosok pada Batu, kemudian ditetesi Zat Kimia. Zat kimia yang sering digunakan untuk menguji adalah asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCl), dan campuran keduanya yang disebut air raja atau aqua regia (HNO3+3 HCl).
    • Gold Tester adalah alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.
    • Pengujian dengan Berat Jenis, setiap benda mempunyai berat jenis atau SG (specific gravity). Emas dapat dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya.

    Contoh: Bu Rini, memiliki logam dinar 22 karat dengan berat 4,25 gram. Itu artinya:

    • Kandungan emas murni sebesar = (22 / 24) x 4,25 gram = 3,9 gram.
    • Kandungan logam lainnya sebesar = 4,25 – 3,9 = 0,35 gram.

    Karakteristik Logam Mulia #3: Berat dan Ukuran

    Ketika Anda membeli logam mulia di Indonesia, satuan yang digunakan adalah Rupiah per gram atau Rupiah per kilo gram. Jika Anda membeli emas di Amerika, satuannya adalah US Dollar per oz (troy ounce) atau US Dollar per ons (US$/ounce).

    Sebagai informasi

    <aside class=”quote”>

    1 oz = 31.1034768 g (dibulatkan 1 oz = 31,1 gram)

    1 ons = 100 gram

    </aside>Di Indonesia logam mulia yang dibuat oleh ANTAM (PT. Aneka Tambang Tbk)

    • Dipasarkan dalam bentuk emas batangan dengan satuan (gram) : 1, 2, 2.5, 3, 4, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500.
    • Dipasarkan dalam bentuk gold bar satuan per 1 kilo gram.

    Logam mulia yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk, memiliki berat dan ukuran yang sudah baku, yaitu:

    Logam mulia di Indonesia selain diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM), juga diproduksi oleh beberapa perusahaan. Jika Anda pergi ke toko emas, Anda bisa coba tanyakan emas lokal (cukim), logam mulia UBS (Untung Bersama Sejahtera) dan logam mulia King Halim. Berikut ini gambar emas UBS dan KingHalim yang dijual melalui website toko online.

    Karakteristik Logam Mulia #4: Bentuk

    Emas atau logam mulia, ada yang diuat dalam bentuk logam investasi (seperti contoh di atas), perhiasan (anting, kalung, gelang, jam tangan dan cincin). Ada juga emas yang berbentuk logam (gold coin).

    Karakteristik Logam Mulia #5: Harga

    Terkahir kenali dan cek harga emas hari ini, melalui website ANTAM, toko emas atau website Finansialku. Di Finansialku kami juga menampilkan harga emas hari ini yang diupdate setiap harinya (kecuali sabtu minggu, harga mengikuti perdagangan hari jumat).

    Moms, Jadi Sudah Tahu kan Karakteristik-Karakteristik Logam Mulia

    Tentunya moms sudah tahu bukan, karakteristik logam mulianya. Nah sekarang saatnya Moms bersiap untuk membeli dan berinvestasi emas. Kami sarankan belilah emas jenis logam mulia untuk berinvestasi. Selamat mencoba dan jangan lupa share informasi ini kepada teman-teman moms, supaya mereka juga dapat mengetahui karakterikstik logam mulia.

    Apakah Anda pernah mengalami cerita seru atau keanehan saat membeli emas? Silakan share pengalaman Anda, karena kami akan membahasnya. Terima kasih.

    Sumber:
    Moms, Yuk Kenali Karakteristik Logam Mulia Terlebih Dahulu

    Baca Juga:
    5 Cara Investasi Logam Mulia Antam
    Apakah Benar Ada Pajak Penjualan Emas Sebesar PPH Final 0,45%?
    Pilih Investasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim)?
    Apa Untung Ruginya dan Apa Saja Jenis Investasi Emas?
    7 Manfaat Emas dan Logam Mulia, Selain untuk Berinvestasi

     


    Perencana Keuangan Independen Finansialku | Apa pun, Kapan pun, Berapa pun - Rencanakan dan Wujukan

Melihat 5 post - 1 sampai 5 (dari total 5)

Pengunjung Online

Jumlah pengunjung aktif: 10 pengguna terdaftar dan 406 pengunjung

Perizinan Forum

Anda diizinkan Membaca forum tertutup

Anda diizinkan Membuat topik

Anda diizinkan Menyunting topik

Anda diizinkan Membuat balasan

Anda diizinkan Menyunting balasan

Anda diizinkan Menambahkan label topik